Yamaha Percaya Diri Hadapi GP Jerman | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 12 2019
No Comments

Yamaha Percaya Diri Hadapi GP Jerman

Yamaha Percaya Diri Hadapi GP Jerman

Foto : AFP/ LLUIS GENE
A   A   A   Pengaturan Font

 

 SACHSENRING - Pabrikan Ya­maha siap menebar ancaman ke­pada pebalap favorit juara pada GP Jerman, Marc Marquez dari Repsol Honda, akhir pekan ini di Sirkuit Sachsenring.

“Aku kira Honda dan Marc ada­lah favorit, mereka lah yang harus dikalahkan,” ungkap pebalap Mon­ster Energy Yamaha MotoGP Mav­erick Viñales kepada laman resmi MotoGP Jumat (5/7) dini hari.

Vinales, yang menjuarai seri se­belumnya di Belanda pekan lalu, akan mencoba tampil maksimal di Sachsenring di mana dia hanya mampu finis ketiga tahun lalu se­mentara rekan satu timnya, Valen­tino Rossi, finis runner-up.

“Kami akan mencoba mengikuti kecepatan mereka, tapi akan sulit tentunya. Kami akan mencoba dan bekerja dengan mentalitas yang serupa seperti di Montmelo dan Assen, mencoba kuat di setiap sesi dan lihat apa yang terjadi. Namun motivasinya ada, aku merasa san­gat bagus, aku tak punya beban jadi aku akan menekan secara maksi­mal,” kata pebalap bernomor 12 itu.

Direktur tim Monster Energy Yamaha MotoGP Massimo Mere­galli mengungkapkan Ya­maha memiliki kecepatan yang dibutuhkan ketika di Barcelona, namun sayang balapan selesai lebih cepat. “Kecepatan yang kami perlihatkan ketika latihan dan di semua sesi memberikan kami kepercayaan diri yang tinggi sehingga kami bisa tampil cukup baik,” kata Meregalli.

Meregalli pun tak terkejut men­dapati Vinales juara di Assen, dan Fabio Quartararo (Petronas Ya­maha SRT) meraih pole position dan finis P3 di sana. Vinales lebih agresif setelah Barcelona, mengingatkan Meregalli akan penam­pilan pertama pebalap Spanyol itu ketika bergabung dengan pabrikan asal Iwata itu pada 2017.

Tantangan dari Yamaha tak se­kadar datang dari Vinales. Quar­tararo dengan dua finis podium beruntun serta dua pole position musim ini menjadi tanda jika pe­balap rookie asal Prancis itu patut diwaspadai.

Menahan rasa sakit usai operasi lengan, Quartararo masih mampu finis peringkat tiga di Assen dan berharap penampilan yang lebih baik di Sachsenring. “Turun di balapan berun­tun bukan lah yang terbaik untuk penyembuhan na­mun di sini hampir setiap tikungan adalah ke kiri. Di Assen kami bisa beristirahat di tipe tikungan seperti itu, kami perlu melihat di sesi lati­han pertama bagaimana lenganku namun aku kira kami akan baik-baik saja,” kata Quartararo.

Marquez akan mengincar keme­nangan ke-10 kali secara beruntun dari semua kelas di Sachsenring. “Aku merasa bagus karena kami berada di posisi yang sangat baik di kejuaraan,” ungkap pebalap ber­nomor 93 itu.

Marquez setelah delapan bala­pan masih kokoh di puncak klase­men diikuti oleh pebalap Ducati Andrea Dovizioso pada peringkat dua dengan terpaut 44 poin.

Sementara itu, pembalap Petro­nas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, kembali menunjukkan ancaman­nya dengan menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas pertama (free practice 1) MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring, Jumat (5/7). Pembalapa sal Prancis itu sukses mengungguli Marquez.

Marquez awalnya mendomi­nasi sesi ini. Namun, memasuki satu menit terakhir Quartararo mematahkan catatan waktu Mar­quez dengan selisih 0,074 detik. Posisi ketiga ditempati pembalap Monster Yamaha Energy, Valen­tino Rossi yang mencetak waktu 1 menit 21,964. Alex Rins dari Suzuki di belakangnya dengan gap 0,003 detik saja.

Maverick Vinales menjadi pe­balap Yamaha ketiga di lima besar dengan jarak 0,8 dari pebalap ter­cepat. Ant/S-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment