Wagub Bukan Sekadar Pajangan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | May 30 2020
1 Comment
PERSPEKTIF

Wagub Bukan Sekadar Pajangan

Wagub Bukan Sekadar Pajangan

Foto : ISTIMEWA
Balai Kota DKI Jakarta
A   A   A   Pengaturan Font

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta memilih kader Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria, sebagai wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta. Dalam proses pemilihan yang berjalan tertutup di Gedung DPRD DKI, Senin (6/4), Riza mengantongi 81 suara, mengalahkan pesaingnya, kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nurmansjah Lubis.

Nurmansjah hanya mendapatkan 17 suara dari anggota dewan. Dua suara dinyatakan tidak sah. Riza akan mendampingi Anies Baswedan hingga sisa periode jabatan yang akan berakhir pada 2022.

Terpilihnya Riza menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru mengakhiri kekosongan kursi wakil gubernur sejak ditinggalkan Sandiaga Uno pada Agustus 2018. Sandiaga mundur untuk bertarung di Pemilihan Umum Presiden 2019 mendampingi Prabowo Subianto. Sejak saat itu, Anies Baswedan tak memiliki pendamping.

Hampir dua tahun, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, bekerja sendiri dalam mengurus warga Jakarta. Sedikit banyak tentu membuat pekerjaan terhambat. Padahal, pekerjaan rumah Jakarta sangat banyak dan berat, mulai dari masalah Covid-19, banjir, kemacetan lalu lintas, dan lainnya, belum terselesaikan hingga kini.

Warga Jakarta tentu menaruh banyak harapan kepada Riza agar bisa membantu Anies menuntaskan janji-janji kampanyenya hingga akhir masa jabatan 2022. Sebagai politisi, Riza tentu telah menyadari bahwa jabatan wakil gubernur bukan sekadar pajangan. Tugas menjadi wagub DKI Jakarta itu sangat berat. Terlebih lagi publik punya perhatian lebih terhadap tindak-tanduk Anies.

Anies adalah orang yang dinamis, sehingga siapa pun yang menjadi wakil gubernur harus bisa memosisikan diri sebagai pemberi usulan-usulan inovatif kepada Anies. DKI Jakarta tidak bisa diselesaikan hanya melalui by text book. Perlu ada inovasi dan membuat regulasi yang bisa memberikan pelayanan kepada publik dengan baik. Ini sangat penting karena Jakarta menjadi sorotan semua mata. Apalagi, sosok wagub sudah lama dinantikan.

Persoalan besar di depan mata saat ini adalah ancaman virus korona baru jenis Covid- 19. Kita berharap wagub terpilih tidak hanya dijadikan pajangan politik semata. Riza harus bisa membantu Anies menata seluruh permasalahan pelik yang ada di Ibu Kota saat ini.

Selain itu, di tengah situasi ekonomi global dan nasional yang tidak menentu, wagub baru harus bisa memastikan Pemprov DKI tetap menjaga pertumbuhan lapangan pekerjaan. Kedua, memasuki bulan Ramadan dan musim Lebaran, wagub baru harus bisa memastikan stabilitas harga bahan pangan dan memastikan harga-harga tidak bergejolak.

Wagub terpilih harus membantu Anies menyelesaikan beberapa agenda penting, misalnya penanganan banjir yang belakangan menjadi sorotan masyarakat. Masyarakat sudah terlalu lama menunggu proses penyelesaiannya. Warga DKI berharap Riza bisa langsung tandem dengan Anies untuk hadir di tengah masyarakat.

Ahmad Riza Patria adalah nama lama yang cukup melanglang buana dalam politik di Indonesia. Dia lahir di Banjarmasin pada 17 Desember 1969, dan merupakan putra dari Amidhan Shaberah (Ketua MUI periode 1995 sampai 2015). Riza menikah dengan Ellisa Sumarlin dan dikaruniai tiga orang putri. Riza tercatat lulusan S1 Teknik Sipil ISTN tahun 1989 hingga 1997. Dia melanjutkan pendidikan S2 Master in Bussines Administration, ITB Bandung, pada tahun 2004 hingga tahun 2008.

Kariernya di dunia parlemen pun tak perlu diragukan lagi. Riza pernah menduduki sejumlah jabatan sebagai anggota DPR RI periode 2014–2019. Riza kembali melenggang masuk Kompleks Parlemen sebagai Wakil Ketua Komisi V DPR RI dari Partai Gerindra periode 2019–2024. Dia juga menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Gerindra MPR RI periode 2019–2024.

Sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD, setelah terpilih wakil gubenur, DPRD DKI harus mengusulkan pelantikan wagub terpilih kepada Presiden. Presiden kemudian akan melantik wagub tersebut. Kita berharap Presiden segera melantik Reza sebagai wakil gubernur.

Klik untuk print artikel

View Comments

jessi
Selasa 7/4/2020 | 11:35
Ayoo.. Kunjungi dan bergabung bersama Dupa88 titik Net sarana Game online yang memberikan kenyamanan buat para maniac gamers.!! Bonus bonus yang menakjubkan selalu di persiapkan untuk teman teman yang ingin bergabung bersama yang kami, yuks.. jangan buang waktu segera buktikan kalau Dupa88 titik Net paling best ya guys... <a href="https://dupa88.co/" title="Judi Online Terpercaya" rel="nofollow">Click Disini</a>

Submit a Comment