Koran Jakarta | September 20 2018
No Comments
VARIA

UBLl-Meiji University Gelar Festival Manga

UBLl-Meiji University Gelar Festival Manga

Foto : ISTIMEWA
Festival Manga | Sejumlah mahasiswa Universitas Budi Luhur dan mahasiswa Meiji University saat acara “Festival Manga 2018” di Ruang Theater dan di Rumah Baduy Universitas Budi Luhur, Jakarta, akhir pekan lalu.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Universitas Budi Luhur (UBL) menggandeng Meiji University, Jepang, menggelar seminar internasio­nal dan Festival Manga. Seminar ini digelar dalam rangka memperingati 60 tahun hubungan diplomatik antara Indo­nesia dan Jepang.

Ketua Panitia Manga Seminar dan Manga Festival 2018 yang juga Kepala Animasi Fikom UBL, Arief Ruslan, menga­takan dengan seminar ini diharapkan mampu meningkat­kan pengetahuan mahasiswa UBL terkait dengan budaya Jepang yang sudah diketahui memiliki budaya dan tradisi yang cukup kuat.

Dia menambahkan, seminar dan festival tersebut meng­usung tema Chara Ganbatte “Celebrating Women in Manga Industries”. Dalam gelaran ini dikupas bagaimana peranan manga di dunia modern khususnya bagi para kaum hawa.

Seminar ini menghadirkan pembicara yang ahli di bi­dangnya, yaitu Prof Fujimoto Yukari dari Meiji University Jepang dan Komikus Perempuan Azisa Noor Koesoema dari Indonesia.

Rektor UBL, Didik Sulistyanto, mengatakan Festival Manga kali ini difokuskan kepada para kartini-kartini masa depan. Harapannya, para kartini masa depan akan dapat berinovasi dengan mengembangkan potensi kedua budaya, yakni Indonesia dan Jepang, sehingga akan lahir produk-produk paduan antara budaya Indonesia dan Jepang.

“Jepang diketahui sebagai negara di mana Manga ber­asal. Begitu pun Indonesia, yang diketahui memiliki tradisi yang cukup kaya. Harapannya, dengan kegiatan ini akan memberikan pengetahuan kepada kartini masa depan, un­tuk dapat berkarya dengan karya-karya inovatif, khususnya di bidang Manga,” katanya. eko/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment