Koran Jakarta | February 22 2018
No Comments

UB Kembangkan Kampung Biogas Sanan

UB Kembangkan Kampung Biogas Sanan

Foto : ISTIMEWA
Ketua program ‘Doktor Mengabdi’, Moch Sasmito Djati (Kanan).
A   A   A   Pengaturan Font

MALANG - Universitas Brawi­jaya (UB) Malang melalui program ‘Doktor Mengabdi’ dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masya­rakat (LPPM) menginisiasi terben­tuknya Kampung Biogas Sanan, di Kelurahan Purwantoro, Blimbing, Malang, Jawa Timur.

Ketua program ‘Doktor Mengabdi’, Moch Sasmito Djati, mengungkap­kan, selain memiliki potensi pakan ternak dari limbah sentra produksi kripik tempe, ternyata Sanan juga memiliki 600 ekor sapi yang bisa diman­faatkan limbahnya.

“Melalui teknologi biogas, kami ingin memanfaatkan limbah kotoran sapi un­tuk penerangan maupun memasak bagi warga. Selain itu, kotoran juga bisa dimanfaatkan untuk pupuk organik,” ujar Sasmito, di Malang, Rabu (14/2).

Sementara itu, Rektor UB, Mohammad Bisri, dalam sambutannya mengatakan, dengan program ”Doktor Mengabdi”diharapkan UB bisa dekat dengan masyarakat karena tugas perguruan tinggi itu tidak hanya mengajar dan meneliti, tetapi juga mengabdi kepada masyarakat.

“Tahun lalu ada sekitar 72 program ‘Doktor Mengab­di’ semacam ini dengan anggaran hingga mencapai empat miliar rupiah. Meskipun program dikhususkan untuk ling­kungan di sekitar kampus di Kota Malang, namun juga per­nah ada yang dilaksanakan di perbatasan Indonesia–Malay­sia,” pungkas Bisri. SB/E

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment