Koran Jakarta | February 20 2018
No Comments
Anggaran AS

Trump Minta Kenaikan Bujet bagi Pentagon

Trump Minta Kenaikan Bujet bagi Pentagon

Foto : AFP/Mandel NGAN
Rapat Anggaran l Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, saat memimpin rapat anggaran bagi pembangunan infrastruktur AS di Ruang Perjamuan Kenegaraan di Gedung Putih, Washington DC, Senin (12/2). Dalam proposal rencana pembaruan anggaran infrastruktur AS, Presiden Trump mengusulkan agar anggaran dana bagi Pentagon dinaikkan.
A   A   A   Pengaturan Font

Washington DC – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, saat berpidato mengenai rencana pembaruan anggaran infrastruktur AS yang dibacakan pada Senin (12/2) waktu setempat, mengusulkan agar anggaran militer AS dinaikkan untuk membangun sistem pertahanan nuklir dan menahan kekuatan Tiongkok dan Russia yang makin berkembang.

Dalam proposal usulan anggaran tersebut, Trump mengajukan agar Pentagon menerima 617 miliar dollar AS dan tambahan 69 miliar dollar AS untuk mendanai perang yang masih berlangsung dalam tahun fiskal 2019. Dana ini naik sebanyak 74 miliar dollar AS dari anggaran di tahun fiskal sebelumnya.

“Penambahan anggaran bagi pertahanan yang meliputi pengembangan kembali persenjataan nuklir akan menjadikan Angkatan Bersenjata AS kembali terdepan dibandingkan dengan negara lain,” kata Presiden Trump.

Para kritikus mengatakan kenaikan anggaran militer masih tidak sesuai dengan janji Trump dalam kampanye presiden 2016 dimana pada saat itu Trump sering menggambarkan militer AS kekurangan dana.

Dalam dokumen anggaran 2019, secara khusus menyoroti upaya menghentikan erosi keunggulan militer AS dalam kaitannya dengan Tiongkok dan Russia yang menjadi fokus Strategi Pertahanan Nasional yang diumumkan Menteri Pertahanan Jim Mattis pada Januari.

Pemangkasan

Dalam proposal usulan anggaran AS untuk tahun fiskal 2019, terdapat juga pemangkasan-pemangkasan seperti pemangkasan anggaran bagi jaringan keamanan sosial dan di bidang lainnya.

Gedung Putih akan terus berupaya memangkas anggaran pemerintahan federal terutama di bidang kesehatan dan pengentasan kemiskinan. Jika pemangkasan ini terjadi, maka akan jadi ancaman bagi program asuransi kesehatan yang diusung oleh mantan Presiden Barack Obama yang dikenaal dengan nama Obamacare.

Selain itu pemangkasan anggaran juga akan mempertaruhkan nasib 1,8 juta imigran muda yang dikenal dengan sebutan “Dreamers”. Presiden Trump akan mengupayakan pemangkasan anggaran di bidang ini agar dialokasikan bagi membiayai pembangunan tembok perbatasan antara AS-Meksiko seperti pernah diumbar Trump saat kampanye pilpres lalu.

Jika pemangkasan terjadi, maka ratusan ribu imigran akan kehilangan perlindungan hukum terhitung mulai awal bulan depan. n AFP/VoA/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment