Koran Jakarta | September 19 2019
1 Comment
Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi, Terkait Evaluasi Mudik melalui Penyeberangan di Selat Sunda

Tren Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran Tahun 2019 Sangat Tinggi

Tren Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran Tahun 2019 Sangat Tinggi

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font
Penyeberangan di Selat Sunda merupakan titik simpul yang selalu dilalui oleh para pemudik asal Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera setiap kali Lebaran.

 

Dan di Penyeberangan Merak-Bakauheni selalui menjadi pusat perhatian semua pihak terkait kelancarannya.

Untuk mengetahui evaluasi sejauh mana para pemudik kembali ke kampung halaman dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa berikut perbincangan Koran Jakarta dengan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi, melalui sambungan telepon Rabu (12/6).

Hingga malam ini, sudah berapa banyak pemudik yang kembali ke Jawa?

Hingga saat ini, sudah ada sebanyak 732.049 orang atau sudah 81 persen pemudik telah mening­galkan Sumatera, diikuti 68.016 unit roda dua (82 persen) dan 89.629 unit (81 persen) kendaraan roda empat keatas/lebih pada H+5 Lebaran Tahun 2019.

Perjalanan pemudik ada ham­batan?

Saat ini, trafik penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Bakauheni yang akan menyeberang ke Merak, sudah kembali normal dan lancar. Arus balik diperkirakan akan men­galir dan terdistribusi hingga akhir pekan ini.

Untuk puncak arus balik?

Jika melihat data, puncak arus balik dari Bakauheni menuju Merak terjadi pada Minggu (9/6) atau H+3, di mana penumpang pe­jalan kaki men­capai 25.968 orang, roda dua menca­pai 21.231 unit, dan khusus mobil pribadi mencapai 19.077 unit.

Kalau dibandingan arus mudik?

Tren puncak arus balik di Bakauheni tahun ini cukup tinggi. Bahkan mengalahkan jumlah trafik penumpang dan kendaraan saat puncak arus mudik dari Merak pekan lalu di mana trafik penum­pang pejalan kaki di Merak sebanyak 20.344 orang, diikuti roda dua 14.973 unit dan mobil pribadi sebanyak 17.679 unit.

Untuk pelayanan dari ASDP sendiri?

Kendati trafik penumpang dan kendaraan sudah kembali normal, ASDP tetap akan mengop­erasikan kapal-kapal berukuran besar yakni di atas 5.000 GT selama arus balik Lebaran ber­langsung, dan melakukan percepa­tan waktu bongkar muat maksimal 45 menit, sehingga pelayanan terhadap pengguna jasa dapat lebih cepat, aman, dan nyaman.

Bagaimana dengan kapal eksekutif?

Untuk layanan kapal ekseku­tif, pengguna jasa dapat menik­mati layanan KMP Portlink, KMP Sebuku, KMP Batumandi, dan KMP Portlink III yang selama arus balik Lebaran ini beroperasi selama 24 jam.

Lalu bagaimana layanan di darat?

ASDP juga menyiapkan fasilitas loket yang terdiri dari 17 loket pen­umpang (reguler 12 loket, eksekutif lima loket), 15 loket roda dua (reg­uler 14 loket, eksekutif satu loket), dan 19 loket roda empat/lebih (reguler 13 loket, eksekutif enam loket). Selain itu juga disediakan fasilitas pendukung keselamatan dan keamanan, yakni enam unit ambulans, satu unit mobil derek, satu unit Damkar, satu unit tug boat, satu unit rubber boat, dan lima unit shuttle bus.

Imbauan untuk para pemudik?

Kami mengimbau para pemu­dik agar bersabar dan tidak perlu tergesa saat memasuki kapal, kare­na saat ini sudah tidak terlalu pa­dat. Dan kepada seluruh pengguna jasa agar dapat menggunakan fasilitas pelayanan selama berada di Pelabuhan Bakauheni yang telah ditingkatkan mulai dari toilet yang selama Lebaran disediakan sebanyak 80 titik (eksisting 69 unit, portable 11 unit), 4 unit musala, dan satu unit masjid. m zaki alatas/AR-3

View Comments

Sam
Kamis 13/6/2019 | 14:33
koran-jakarta.com is currently receiving 20.7 clicks from organic traffic. However, your competition is crushing it You can view detailed traffic analysis at https://www.spyfu.com/overview/domain?query=koran-jakarta.com

20.7 clicks are certainly not enough. We can certainly do better! We need to do better. It is not that difficult. With in-depth keyword research and on-page optimization it is doable. We will reverse engineer competitor's link building strategies and get the links from similar sources.

Our method works and thats why we are happy to offer money back guarantee. Yes, for whatever reason if your site is not ranking on Google then we will refund your 100% payment. No questions asked.

If you like my proposal then please let me know a good time and phone number to reach out to you and we will present detailed plan of action.

Looking forward to working with you.

Sam Devi
Business Development Manager
Business Promoted

Submit a Comment