Tren 2019, TV Berfitur Kecerdasan Buatan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | December 11 2019
No Comments

Tren 2019, TV Berfitur Kecerdasan Buatan

Tren 2019, TV Berfitur Kecerdasan Buatan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Kabar gembira datang dari penyedia solusi system on chip (SoC), MediaTek. Vendor ini mengumumkan telah meluncurkan S900, sebuah SoC televisi cerdas terbaru yang mendukung resolusi 8K dan komputasi edge AI (artificial intellegence/kecerdasan buatan) berkecepatan tinggi.

Dengan gabungan teknologi yang canggih S900 dapat mentenagai televisi cerdas generasi berikut untuk menawarkan pengalaman pengguna yang sama sekali baru. Cara ini dimaksudkan untuk membantu produsen TV membuat produk-produk terkemuka dengan daya saing tinggi.

“Dukungan MediaTek pada TV dengan resolusi 8K dan AI tidak hanya akan membuka era baru untuk industri televisi tapi juga akan membantu pelanggan kami menghadirkan produk-produk rumah cerdas dengan lebih cepat dan memupuk sebuah ekosistem AI IoT yang lebih dinamis,” ujar dia.

Chipset C900 menggabungkan CPU berkinerja tinggi, GPU, dan sebuah unit proses AI (APU – AI processor unit) untuk mendukung fiturfitur seperti antarmuka pengguna berbasis suara dan kualitas gambar yang ditingkatkan dengan AI.

Selain itu, SoC televisi cerdas terbaru dari MediaTek ini menggunakan CPU multi-inti yang terdiri dari inti ARM Cortex-A73, dan GPU multi-inti Mali-G52 yang mendukung decoding 8K, HDR10+ dan grafis eksternal yang memungkinkan konsumen melakukan kustomisasi produk.

Untuk I/O, platform S900 mendukung HDMI 2.1A, yang menawarkan bandwidth maksimum 48Gpbs – cukup untuk konten HDR10+ dan juga video 4K yang berjalan di 120Hz atau video 8K di 60Hz.

Sebuah APU khusus yang ditanamkan di S900 menawarkan AI Picture Quality (AI PQ). Sebuah solusi lengkap yang terdiri dari fiturfitur AI seperti pengenalan wajah dan pemandangan, yang bekerja sama dengan solusi visi AI MediaTek untuk menawarkan sebuah pengalaman televisi cerdas yang lebih kaya dan lebih interaktif bagi konsumen.

Menurut Corporate Vice President dan General Manager, Smart Home Business Group, MediaTek, Mike Chang, sebagai salah satu perancang terkemuka untuk chip televisi global dan mitra handal produsen televisi, MediaTek memiliki kemampuan riset dan pengembangan serta pengetahuan teknologi untuk menyatukan berbagai sumber daya guna mendorong pengembangan industri televisi.

“Kit pengembangan software NeuroPilot kami sepenuhnya kompatibel dengan API Android Neural Network, memungkinkan pelanggan kami untuk dengan mudah menciptakan produk-produk rumah cerdas yang terhubung dan bisa beroperasi dengan berbagai perangkat lainnya,” ujar dia.

Dengan menggabungkan AI PQ dan MiraVision-Pro dari MediaTek, S900 mendukung pengenalan pemandangan AI, memampukan televisi untuk secara mendasar meningkatkan kualitas gambar dengan mengoptimalkan saturasi warna, kecerahan, ketajaman, kompensasi gerak dinamis dan noise gambar, bahkan untuk keluaran 8K native.

Platform S900 mengintegrasikan berbagai fitur AI, termasuk pengenalan wajah, pemantauan pemandangan, pengenalan suara dan bantuan suara yang terlokalisasi. Pengembang bisa membuat aplikasi dengan kit pengembangan software NeuroPilot dan memampukan perangkat yang menggunakan S900 untuk menjadi pusat kendali rumah cerdas atas berbagai produk rumah cerdas. hay/E-6

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment