Koran Jakarta | July 17 2018
No Comments

Tips Mendapat Pengakuan di Kantor

Tips Mendapat Pengakuan di Kantor
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, saya sering merasa atasan kurang menghargai hasil kerja saya. Beberapa kali saya bekerja melampaui target namun tidak ada pengakuan terhadap prestasi kerja saya. Apa yang harus saya lakukan Bu?

Jawaban:

Karyawan manapun pasti ingin mendapat pengakuan di tempat kerjanya. Pengakuan disini dalam arti dihargai ha­sil kerjanya sekaligus diterima di lingkungan kerjanya. Tapi bagaimana jika pengakuan tersebut tak kunjung anda peroleh? Jika anda dihadap­kan pada situasi demikian jangan lantas beranggap­an bahwa anda tidak layak diakui.

Jangan bersikap pasrah menerima dan menghadapi situasi yang kurang meng­untungkan ini. Anda harus berusaha untuk mendapatkan pengakuan itu. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa anda ambil untuk men­dapat pengakuan di kantor:

  •  Sampaikan gagasan ce­merlang

Pikirkan celah untuk mem­buka jalan menuju sebuah pengakuan. Rasanya anda su­dah mulai perlu memikirkan ide-ide hebat yang selama ini terpendam di otak anda. Datangi bos dan ungkapkan gagasan cemerlang anda. Ajaklah bos berdiskusi ten­tang rencana-rencana anda. Dan mintalah masukan serta sarannya. Buatlah supaya bos sadar bahwa anda cukup potensial untuk diakui.

  • Buat arsip penghargaan pribadi

Catat dan simpanlah se­tiap penghargaan yang anda peroleh, baik berupa kertas maupun lisan seperti pu­jian. Baik dari rekan-rekan, konsumen, klien ataupun manajer. Sehingga jika suatu saat bos mencela hasil kerja anda tanpa alasan yang jelas, keluarkan semua arsip peng­hargaan anda dan bacakan kisah kemenangan pribadi anda. Bukan untuk menyom­bongkan diri sih, tetapi bos perlu tahu kalau anda sudah mengerjakan tugas secara maksimal.

  • Berikan bantuan anda

Jika rekan atau bos anda mengalami kesulitan, dan anda yakin bisa menyelesai­kannya, tawarkan bantuan anda segera. Sadarkan mere­ka bahwa anda bukan cuma bisa menyelesaikan tugas-tugas pribadi tetapi juga bisa membantu jika dibutuhkan.

  • Lakukan sosialisasi

Prestasi kerja yang oke tanpa didukung oleh sosiali­sasi yang baik tidak banyak membantu untuk mendapat­kan pengakuan. Kecerdasan anda dengan sendirinya akan diakui jika anda bisa menja­lin komunikasi yang baik de­ngan rekan kerja dari semua lapisan. Keluwesan anda da­lam bergaul mempermudah anda menembus birokrasi yang cukup rumit di kantor.

  •  Hadir dalam acara-acara kantor

Kehadiran anda dalam acara kantor berpengaruh terhadap pengakuan anda. Jika selama ini anda dikenal sebagai orang yang malas hadir dalam acara yang di­selenggarakan kantor, sulit rasanya lingkungan kerja yang cukup luas akan me­ngenal anda. Maka hadirlah dalam acara-acara yang diselenggarakan perusa­haan anda. Misalnya office gathering, company outing, company anniversary, dll. Dengan hadir dalam acara ini, paling tidak mereka akan tahu bahwa anda adalah ba­gian dari mereka.

Ingat, pengakuan akan keberadaan diri anda di lingkungan kerja merupakan proses untuk meraih kesem­patan dan karir yang lebih tinggi. Nah jika anda belum mendapatkannya, berusa­halah dari sekarang..!

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment