Koran Jakarta | December 17 2017
No Comments

Tips Mendapat Pengakuan di Kantor

Tips Mendapat Pengakuan di Kantor

Foto : KORAN JAKARTA
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan :

Bu Rossa, selama tiga tahun bekerja sudah berkali-kali saya berprestasi tapi sampai saat ini belum ada pengakuan yang saya dapatkan. Bila begini terus saya jadi tidak semangat bekerja. Mohon advisnya Bu. Andhika, Jakarta

Jawaban :

Karyawan manapun pasti ingin mendapat pengakuan di tempat kerjanya. Pengakuan disini dalam arti dihargai hasil kerjanya sekaligus diterima di lingkungan kerjanya. Tapi bagaimana jika pengakuan tersebut tak kunjung anda peroleh? Jika anda dihadapkan pada situasi demikian jangan lantas beranggapan bahwa anda tidak layak diakui.

Jangan bersikap pasrah menerima dan menghadapi situasi yang kurang menguntungkan ini. Anda harus berusaha untuk mendapatkan pengakuan itu. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa anda ambil untuk mendapat pengakuan di kantor:

Sampaikan gagasan cemerlang

Pikirkan celah untuk membuka jalan menuju sebuah pengakuan. Rasanya anda sudah mulai perlu memikirkan ide-ide hebat yang selama ini terpendam di otak anda. Datangi bos dan ungkapkan gagasan cemerlang anda. Ajaklah bos berdiskusi tentang rencana-rencana anda. Dan mintalah masukan serta sarannya. Buatlah supaya bos sadar bahwa anda cukup potensial untuk diakui.

Buat arsip penghargaan pribadi

Catat dan simpanlah setiap penghargaan yang anda peroleh, baik berupa kertas maupun lisan seperti pujian. Baik dari rekan-rekan, konsumen, klien ataupun manajer. Sehingga jika suatu saat bos mencela hasil kerja anda tanpa alasan yang jelas, keluarkan semua arsip penghargaan anda dan bacakan kisah kemenangan pribadi anda. Bukan untuk menyombongkan diri, tetapi bos perlu tahu kalau anda sudah mengerjakan tugas secara maksimal.

Berikan bantuan Anda

Jika rekan atau bos anda mengalami kesulitan, dan anda yakin bisa menyelesaikannya, tawarkan bantuan anda segera. Sadarkan mereka bahwa anda bukan cuma bisa menyelesaikan tugas-tugas pribadi tetapi juga bisa membantu jika dibutuhkan.

Lakukan sosialisasi

Prestasi kerja yang oke tanpa didukung oleh sosialisasi yang baik tidak banyak membantu untuk mendapatkan pengakuan. Kecerdasan anda dengan sendirinya akan diakui jika anda bisa menjalin komunikasi yang baik dengan rekan kerja dari semua lapisan. Keluwesan anda dalam bergaul mempermudah anda menembus birokrasi yang cukup rumit di kantor.

Hadir dalam acara-acara kantor

Kehadiran Anda dalam acara kantor berpengaruh terhadap pengakuan anda. Jika selama ini anda dikenal sebagai orang yang malas hadir dalam acara yang diselenggarakan kantor, sulit rasanya lingkungan kerja yang cukup luas akan mengenal anda. Maka hadirlah dalam acara-acara yang diselenggarakan perusahaan anda. Misalnya office gathering, company outing, company anniversary, dll. Dengan hadir dalam acara ini, paling tidak mereka akan tahu bahwa anda adalah bagian dari mereka.

Ingat, pengakuan akan keberadaan diri anda di lingkungan kerja merupakan proses untuk meraih kesempatan dan karir yang lebih tinggi. Nah jika anda belum mendapatkannya, berusahalah dari sekarang. Semoga sukses!

               

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment