Tips Memilih Iklan Lowongan Kerja | Koran Jakarta
Koran Jakarta | April 9 2020
No Comments
Surat untuk bu Rossa

Tips Memilih Iklan Lowongan Kerja

Tips Memilih Iklan Lowongan Kerja

Foto : ist
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, saya fresh graduate dan sedang mencari pekerjaan. Bagaimana cara meniliti iklan lowongan kerja yang begitu banyak agar tidak terjebak dan sesuai dengan potensi saya?

Jawaban:

Belakangan, mencari iklan lowongan kerja relatif lebih mudah. Karena seiring dengan perkembangan teknologi, iklan lowongan kerja bukan cuma bisa dilihat di surat kabar, tetapi juga di internet. Tapi, banyaknya iklan lowongan kerja tersebut bukan berarti Anda bisa mengirimkan lamaran sesukanya. Memang, tidak ada larangan untuk mengirimkan surat lamaran ke perusahaan yang beriklan dalam mencari karyawan. Tetapi ada baiknya, perhatikan dulu iklan lowongan kerja itu dengan seksama.

Karena perilaku mengirimkan lamaran sebanyak-banyaknya tanpa memperhatikan halhal terkait dalam iklan, akan berdampak pada biaya tinggi. Berikut ini tips dalam memilih iklan lowongan kerja. – Syarat lamaran harus jelas dan terukur. Kualifikasi apa yang harus dimiliki untuk melamar di perusahaan tersebut. Misalnya persyaratan umur, pendidikan, jenis kelamin, keahlian, dsb. Hal ini perlu dipertimbangkan. Jika tidak memenuhi salah satu syarat tersebut sebaiknya tidak perlu mengirimkan lamaran.

– Iklan tersebut harus memberi kejelasan bisnis perusahaan. Maksudnya dalam bidang apa perusahaan tersebut bergerak. Informasi ini cukup penting untuk mengukur apakah jenis bisnis perusahaan itu akan cocok nantinya. – Menerangkan informasi perilaku kerja. Misalnya, bersedia bekerja sesuai deadline, bersedia ditugaskan ke luar kota, mampu bekerja sama dalam tim, dsb. Informasi ini penting untuk menjelaskan kepada pelamar akan tanggung jawab pelamar jika diterima bekerja kelak.

– Mencantumkan manfaat yang ditawarkan. Misalnya kisaran gaji dan fasilitas yang akan diberikan. Memang tidak semua iklan mencantumkan hal ini, tetapi iklan lowongan kerja yang mencantumkannya, dapat diindikasikan bahwa perusahaan tersebut telah siap menerima karyawan sebagai suatu aset. Tetapi harus disadari bahwa pencantuman itu menandakan harus bersedia bekerja keras sesuai dengan kompensasi yang akan diterima.

– Pastikan alamat perusahaan jelas sehingga tidak akan kebingungan mengirimkan lamaran. Lebih baik lagi, selain mencantumkan alamat perusahaan atau PO BOX, iklan tersebut juga mencantumkan alamat email. – Batas waktu pengiriman surat lamaran jelas. Agar Anda tidak buang-buang biaya dan energi untuk mengirim surat lamaran kepada perusahaan pemasang iklan, ketahui batas waktu pengiriman lamaran. Jika tanggalnya sudah lewat ya tidak usah kirimkan, daripada lamaran hanya berakhir di tempat sampah.

– Media tempat pemasangan iklan. Jika iklan tersebut dipasang di media terkenal dan memiliki jangkauan luas, maka kemungkinan akan banyak pelamar. Ini menandakan bahwa tingkat kompetisi akan tinggi sehingga peluang untuk diterima pun tidak begitu besar. Tetapi iklan lowongan kerja yang dipasang pada media terkenal dengan ukuran besar juga bisa menandakan perusahaan tersebut cukup bonafid. Begitu juga dengan pemasangan iklan di internet.

Jika iklan tersebut di pasang di situs yang cukup besar dan terkenal, kemungkinan perusahaan yang bersangkutan cukup bonafid. Anda juga mesti siap-siap bersaing dengan pelamar lainnya. Dengan mencermati iklan lowongan kerja, paling tidak akan mengurangi risiko lamaran yang sia-sia. Jadi sebelum Anda memutuskan mengirim lamaran, teliti dulu iklannya. Sukses untuk Anda

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment