Koran Jakarta | February 20 2018
No Comments

Tiongkok Dakwa Eks Anggota Politbiro atas Kasus Suap

Tiongkok Dakwa Eks Anggota Politbiro atas Kasus Suap

Foto : AFP/WANG ZHAO
Tersandung Kasus Suap l Mantan Ketua Partai Komunis Tiongkok Kota Chongqing, Sun Zhengcai (tengah), saat menghadiri pembukaan Kongres Nasional Rakyat di Balairung Rakyat, Beijing, pada 6 Maret 2017 lalu. Kejaksaan Agung Tiongkok pada Selasa (13/2), resmi mendakwa Sun atas kasus suap
A   A   A   Pengaturan Font

BEIJING – Kejaksaan Agung Tiongkok pada Selasa (13/2) resmi menjatuhkan dakwaan pada mantan anggota Politbiro Partai Komunis Tiongkok (PKT) yang sempat digadang-gadang sebagai sosok pemimpin masa depan bernama Sun Zhengcai, atas dugaan kasus penyuapan.

“Sun Zhengcai harus diciduk karena bertanggung jawab atas pelanggaran kriminal yaitu kolusi dan menerima suap uang dengan jumlah cukup besar,” demikian pernyataan Kejaksaan Agung Tiongkok dalam laman resminya.

Juli lalu Sun, 54 tahun, secara mendadak diberhentikan dari jabatan ketua PKT Kota Chongqing karena dugaan “pelanggaran disiplin serius” (korupsi). Pada September, Sun secara resmi dikeluarkan dari PKT.

Sun adalah politisi paling senior yang menjadi korban kampanye antikorupsi Presiden Xi Jinping. Posisinya digantikan oleh orang dekat Presiden Xi sekaligus bintang politik yang sedang tenar, Chen Miner.

Pejabat senior PKT, Liu Shiyu, pada Oktober lalu mengatakan Sun memiliki kedekatan dengan Bo Xilai dan mantan petinggi keamanan nasional Zhou Yongkang yang berkonspirasi untuk menggulingkan kepemimpinan partai dan negara yang kabarnya didukung oleh sejumlah petinggi militer Tiongkok. SB/AFP/SCMP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment