Koran Jakarta | November 22 2019
No Comments
SAINSTEK

Teknologi Kacamata Berbasis “Smart Digital” Jadi Tren

Teknologi Kacamata Berbasis “Smart Digital” Jadi Tren

Foto : ISTIMEWA
Kacamata modern bisa berfungsi sebagai perekam.
A   A   A   Pengaturan Font

Produk-produk smart digital makin berkembang dan beragam. Setelah lebih dulu populer dengan smartwatch atau jam tangan pintar, kini teknologiplatform pintar siap diproduksi massal untuk produk kacamata. Kacamata pintar seakan menambah jajaran teknologi gadget kian berkembang cepat.

Tak hanya dari sisi fitur, tetapi juga dari aplikasi pendukungnya. Dengan teknologi terkini, fitur kacamata tidak hanya berfungsi sebagai pelindung mata. Kecerdasan produknya bisa merekam sekaligus live-streaming ke format media sosial.

Sejatinya, prototipe teknologi seperti ini sudah bisa dilihat di film-film hollywood. Sekuel film James Bond, misalnya, kerap memamerkan gadget-gadget canggih yang dipakai dalam film agen mata-mata Inggris itu. Hanya saja, kecanggihan perangkatnya masih imajiner, belum nyata. Coba tengok kacamata hitam yang dipakai Bond (sang agen spy) dalam film A View to Kill (1985).

Kala itu, orang masih menganggap kacamata yang notabene cuma buat pelindung panas atau obat ganteng yang membuat percaya diri dipakai oleh James Bond untuk menyimpan pesan rahasia. Atau kamera mini super canggih yang dipakai bond dalam film On Her Majesty’s Secret Service (1969).

Pada masa itu memiliki kamera tersembunyi merupakan kebanggaan tersendiri, bahkan dengan memiliki kamera terkecil di dunia pada jaman itu membuat James Bond semakin bertaring mengintai lawan-lawannya. Perangkat yang semula dianggap sebagai bentuk khalayan tingkat tinggi untuk sebuah alat agen mata-mata, ternyata kini banyak yang menjadi kenyataan.

Ya, kini, dua perangkat yang dulu dianggap khayalan itu, benar-benar ada wujudnya saat ini. Jika dipakai, alat hebat itu berbentuk kacamata canggih yang bisa merekam tanpa ketahuan, memiliki kamera mini yang siap digunakan untuk mengambil rekaman tanpa dicurigai orang lain. Modelnya pun sangat sporty dan lebih stylish, Anda bisa lebih gaya saat menggunakannya.

Perusahaan dan produsen skateboard, Acton, yang berhasil menghadirkan kacamata hiam berteknologi tinggi tersebut. Dinamai ACE Eyewear, kacamata tersebut mampu merekam video dengan kualitas High Definition (HD), menangkap gambar dan juga klip live-streaming ke platform media sosial seperti Facebook dan YouTube.

“Kacamata hitam ini dibekali teknologi canggih dan sangat potensial, namun belum sepenuhnya diluncurkan karena belum dirancang dengan desain yang diinginkan oleh orang-orang,” ungkap Co-Founder yg juga Chief Technology Officer (CTO) ACTON, Peter Treadway.

Melalui kacamata ini, si pemakai bisa merekam video langsung dari sudut pandangnya sendiri dan bebas dari tangan. Namun Ace Eyewear ini, bukanlah hal yang baru.

Snapchat induk Snap pada bulan September 2016 lalu, lebih dulu memperkenalkan produk baru yang disebut Spectacles,--sepasang kacamata murah yang dilengkapi dengan kamera video yang merekam video hanya 10 detik setiap kali “tombol rekam” disadap. Kacamata tersebut dijual dengan harga USD129,99 dan maksimum hanya dapat merekam 30 detik dan diunggak ke media sosial.

Sedangkan kacamata ACE hadir dengan kamera 8 megapiksel dengan lensa sudut lebar 120 derajat, yang membuatnya terlihat lebih mirip kacamata hitam yang sah dan tidak seperti mainan. Dan tidak seperti kacamata Snapchat, ia menangkap video HD 40 menit. Kacamata hitamnya dilengkapi memori 4GB dengan baterai 10 jam, termasuk 1,5 jam rekaman terus menerus.

Memotret dan mengklik gambar sangat mudah di kacamata hitam. Yang perlu Anda lakukan hanyalah klik sebuah tombol di bagian atas frame. Dan jika Anda ingin mengunggah apa yang telah Anda tangkap, yang perlu Anda lakukan hanyalah menghubungkan perangkat ke ponsel cerdas Anda melalui Wi-Fi.

Setelah terhubung, Anda dapat mengunggah ke platform media sosial dan juga melakukan streaming video langsung. Peter mengatakan, kacamata produknya bertenaga dan berteknologi kekinian yang memiliki banyak potensi. “Kacamata ACE mungkin dianggap lebih modis daripada Kacamata Snap, tapi kita harus menyerahkan pada konsumen agar bisa memutuskannya,” akunya.

Menurut rencan ACE Eyewear akan dibanderol dengan harga USD199 dan diluncurkan musim panas ini. Jika preorder sebelumnya, pemesan akan dikenai harga hanya USD99. 

 

yun/E-6

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment