Koran Jakarta | December 19 2018
No Comments
Kredit Kepemilikan Rumah

Taspen Fasilitasi Pembiayaan Perumahan ke ASN

Taspen Fasilitasi Pembiayaan Perumahan ke ASN

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - PT Taspen (Persero) memfasilitasi pembiayaan perumahan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN) baik yang masih aktif maupun yang sudah memasuki masa pensiun. Fasilitasi tersebut dalam bentuk penjaminan bahwa dana peserta Taspen yang mendapat pembiayaan akan disetorkan ke bank yang menyalurkan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR), yakni BTN dan Bank Mantap. “Para peserta Taspen semakin dimudahkan mencari hunian yang lebih layak dengan adanya perjanjian kerja sama ini.

Mereka dapat mencicil hunian hingga di masa mereka pensiun,” kata Direktur Utama Taspen, Iqbal Latanro usai penandatanganan kerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN), Bank Mandiri Taspen (Mantap) dan Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Real estate Indonesia (REI) di Jakarta, Senin (12/2). Selain Iqbal, proses penandatanganan juga dihadiri Direktur Utama BTN Maryono, Direktur Utama Bank Mantap, Josephus K Triprakoso dan Ketua Umum REI Soelaeman S. Iqbal menjelaskan yang bisa ikut program itu adalah peserta masih aktif, peserta yang akan memasuki masa pensiun dan yang pensiun. “Bagi peserta Taspen bisa menyicil hingga mereka telah memasuki masa pensiun, sehingga dapat meringankan beban cicilan peserta setiap bulannya,” kata Iqbal.

Inisiasi Pembangunan Perseroan, jelasnya, mendukung percepatan perkembangan ekonomi melalui peningkatan kesejahteraan peserta salah satunya dalam penyediaan hunian. Inisiasi membangun hunian itu untuk meningkatkan peran BUMN sebagai Agent of Development dan dilatarbelakangi oleh data dari Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan Pegawai Negeri Sipil (BAPERTARUMPNS) pada 2016, di mana terdapat 960.000 orang dari 4,5 juta ASN di Indonesia masih belum memiliki hunian karena banyak faktor.

Salah satunya kendala finansial dan lokasi kurang strategis. Perusahaan pengelola dana pensiun ASN itu bertanggung jawab akan informasi dan data peserta yang membutuhkan hunian atau berminat memiliki hunian yang layak untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga peserta. Sedangkan Bank Mandiri Taspen serta BTN menyediakan fasilitas kredit/ pembiayaan kepada peserta untuk membeli hunian/ perumahan dari pihak pengembang anggota REI. “Diharapkan dengan adanya kerja sama antara Taspen, pihak perbankan dan pengembang, para peserta Taspen menjadi lebih mudah dalam mencari dan mendapatkan hunian yang lebih layak”, tutup Iqbal. Direktur Utama BTN, Maryono mengatakan pihaknya berharap pembiayaan ke ASN bisa memperluas customer base sehingga makin menambah porsi pembiayaan ke segmen perumahan yang selama ini menjadi fokus bisnis bank. bud/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment