Koran Jakarta | August 20 2018
No Comments

Tampak Lega dengan Dekorasi Menarik

Tampak Lega dengan Dekorasi Menarik

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Tren desain rumah yang akhir-akhir ini berkembang adalah tren desain ruang keluarga dan ruang tamu berukuran kecil. Banyak pemilik rumah berpikir bahwa hal tersebut akan menghemat ruang yang ada sehingga mereka dapat memaksimalkan desain interior yang di inginkan. Ruang tamu biasanya membutuhkan desain khusus yang tidak hanya indah saja namun juga kenyamanan yang harus tetap diutamakan.

Membuat ruang tamu berukuran kecil nampak lebih besar dan menarik bisa Anda lakukan dengan tipuan visual dengan beberapa trik memaksimalkan warna. Ingin tahu bagaimana cara mendekor ruang tamu berukuran kecil agar lebih menarik bagi tamu Anda, berikut ini ada tips dari Arcitectaria. Pertama, Pencahayaan berlapis. Pencahayaan sangat dibutuhkan hampir diseluruh ruangan.

Pastikan bahwa pencahayaan pada ruang tamu cukup untuk membuatnya nampak lebih lega. Ketika siang hari, bukalah jendela untuk memperlancar sirkulasi udara dan agar cahaya natural masuk kedalam ruangan.

Anda juga harus memasang lampu hias yang akan menjadi salah satu dekorasi menarik. Jika perlu tambahkan lampu dinding untuk menambah suasana lebih intens dan dramatis. Dengan pencahayaan berlapis tentu ruang tamu nampak memiliki dimensi yang berbeda.

Kedua, pilihlah furnitur ringan dengan bentuk simple. Ruang tamu berukuran kecil membutuhkan furnitur yang tampilannya tidak terlalu berat. Untuk itu, pilihlah furnitur ruang tamu dengan warna yang cerah. Warna gelap seperti warna coklat tua pada meja akan membuat tampilan kamar tamu yang kecil terlihat kurang segar.

Pemilihan firnitur dengan karakteristik ringan akan memperingan tampilan visual apalagi jika furnitur yang Anda pilih memiliki sudut kaki yang akan membuat lantai nampak lebih terbuka. Lengkapilah ruang tamu kecil dirumah Anda dengan meja kopi yang terbuat dari kaca atau logam yang akan mengalihkan pandangan mata ke arah furniture tersebut sehingga ruangan akan nampak lebih terasa luas. Furnitur bergaya ottoman biasanya menjadi favorit ruang tamu berukuran kecil karena bentuknya yang terlihat unik dan elegan apalagi jika dipadukan dengan gaya klasik.

Ketiga, pasanglah cermin pada ruang tamu untuk memberikan ilusi ruangan yang lebih luas. Penempatan cermin yang tepat mampu membuat ruangan kecil nampak lebih luas.

Cermin ditempatkan pada ruang tertentu untuk memantulkan cahaya sehingga ruangan akan lebih cerah dan terbuka. Cermin harus diletakkan di sudut yang pas pada ruang tamu untuk membantu pemantulan cahaya yang lebih maksimal. Jika warna dinding ruang tamu memiliki tone yang lebih cerah, tentu saja manfaat penempatan cermin pada ruang tamu lebih maksimal karena pemantulan cahaya lebih menyebar dengan bantuan warna cerah dinding ruang tamu.

Keempat, maksimalkan dekorasi vertikal pada ruang tamu. Kadang para pemilik rumah lupa bahwa ruang tamu memiliki sumbu vertikal yang mampu dimaksimalkan untuk membuat ruangan nampak lebih luas. Dengan menambahkan dekorasi vertikal, mata akan fokus melihat ke arah atas.

Dekorasi vertikal yang bisa Anda terapkan pada ruang tamu adalah menggantungkan tirai dekat dengan langitlangit sehingga ruangan tidak saja nampak luas tapi juga nampak lebih tinggi. Untuk kesan yang lebih dramatis, Anda dapat menambahkan lampu pada lantai untuk memberikan penerangan secara vertikal.

Kelima, sesuaikan ukuran furnitur dengan ukuran ruang tamu. Jika ruang tamu berukuran kecil, tentunya furnitur harus disesuaikan dengan ukuran. Pilihlah kursi tamu yang tidak memiliki penopang siku. Jika Anda lebih suka dengan sofa, pilihlah bentuk sofa sudut yang dapat diletakkan pada pojokan ruangan yang akan menyisakan tempat di tengah. yun/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment