Koran Jakarta | October 24 2017
No Comments

Taktik Bersaing dan Bertahan di Kantor

Taktik Bersaing dan Bertahan di Kantor
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan :

Bu Rossa, kantor baru saya penuh dengan persaingan dan saya merasa makin ketinggalan dari teman-teman. Bagaimana agar bisa bertahan dan punya saya saing yang tinggi?

 

Derry, Jakarta

Jawaban :

Persaingan di lingkungan kerja memang sangat ketat. Siapa yang tak mampu bersaing ia akan tertinggal. Nah menghadapi lingkungan kerja yang kompetitif anda harus punya strategi agar bisa bertahan sekaligus mencapai tangga karir yang diinginkan. Berikut ini strateginya:

Kumpulkan informasi

Informasi memang menjadi salah satu sumber yang paling efektif dalam memperlancar karir anda. Maka dalam setiap kesempatan carilah berbagai informasi yang dapat menunjang karir anda. Begitu juga jika anda punya informasi, beritahukan orang-orang yang membutuhkannya. Tukar menukar info ini tidak harus melalui pertemuan-pertemuan resmi. Tapi bisa juga di meja makan ataupun saat mengobrol menunggu pulang kantor. Asal tidak menggangu jadwal kerja oke-oke saja kan?

Dekati anak kesayangan bos

Jangan sirik dan memusuhi anak kesayangan bos. Kalau anda memusuhi anak kesayangannya dan bos tahu, karir anda bisa terhambat.

Lebih baik dekati anak kesayangan bos dan conteklah strateginya kenapa bisa disayang bos. Siapa tahu cara ini bermanfaat agar karir anda mulus.

Ikuti pertemuan penting

Semakin sering anda mengikuti rapat dengan para manajer, semakin besar kemungkinan anda untuk dikenal oleh kalangan ‘atas’. Itu berarti semakin besar pula kemungkinan untuk menaikkan nilai kredit dan membuat anda di pandang sebagai orang yang potensial dan berkualitas. Berarti jalan anda untuk naik jabatan pun semakin terbuka lebar.

Ucapkan terima kasih

Ucapan terima kasih kedengarannya memang sepele. Tapi makna yang tertinggal di balik itu semua sangat mendalam. Coba aja anda ucapkan kata sakti ‘terima kasih’ pada siapa saja yang telah memberikan bantuan pada anda. Cara ini akan membuat anda diingat orang. Lagipula mengucapkan terima kasih saat menerima bantuan orang lain merupakan etika dasar dalam pergaulan.

Rajin sosialisasi

Kemampuan anda dalam bersosialisasi akan sangat membantu anda bertahan sekaligus meningkatkan karir. Maka jangan ragu untuk membina hubungan baik dengan rekan-rekan sekerja, bos dan orang-orang di lingkungan anda. Percaya deh, sosialisasi ini akan membuat anda dikenal lingkungan kerja dan berpengaruh pada meningkatnya karir anda.

Sudahkah anda melakukan strategi tersebut? Kalau anda merasa karier anda biasa-biasa aja atau bahkan cenderung mentok, silakan coba strategi itu. Jangan lupa asah dan tingkatkan ketrampilan anda. Semoga sukses…!      

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment