Koran Jakarta | June 20 2018
No Comments

Tak Ada Alokasi THR untuk Guru Honorer

Tak Ada Alokasi THR untuk Guru Honorer

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi X DPR, Abdul Fikri Faqih, meminta pe­merintah memperhatikan nasib 736 ribu guru honorer di seluruh Indo­nesia, mengingat tak ada alokasi THR bagi mereka pada Lebaran tahun ini. “Di saat peraturan peme­rintah tentang THR keluar, ingatlah tidak ada THR bagi ratusan ribu guru honorer di luar sana,” kata Fikri, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Sebelumnya, Presiden telah menandatangani Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2018 tentang pemberian THR tahun 2018 ke­pada pegawai negeri sipil, TNI-Polri, pen­siunan, dan penerima tunjangan yang besarannya lebih tinggi dari tahun sebelumnya.

Namun, Fikri berpendapat 736 ribu tenaga guru honorer berdasarkan data Kemendikbud bukanlah yang termasuk skema penerima tersebut. “Selayaknya sudah menjadi perhatian pemerintah mengenai nasib guru honorer, ada yang sudah mengabdi puluhan tahun membantu program pencerdasan bangsa, tapi THR pun nggak ada,” kata Fikri.

Ia menerangkan, meski sebagian guru honorer sudah di­sertifikasi dan mendapat upah lebih baik, yaitu sebesar 1,5 juta rupiah, namun masih banyak guru honorer yang mendapat gaji hanya 200–300 ribu rupiah per bulan. “Namun, semuanya bernasib sama, tidak ada THR,” kata Fikri. Ant/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment