Koran Jakarta | November 23 2017
No Comments
Pendidikan Tinggi

Swasta Diminta Ikut Tingkatkan Akses Pendidikan

Swasta Diminta Ikut Tingkatkan Akses Pendidikan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pemerintah mendorong pihak swasta untuk berpartisipasi dalam meningkatkan akses pendidikan. Hal ini diperlukan mengingat kemampuan pemerintah untuk pemerataan akses kesempatan pendidikan tinggi bagi masyarakat masih rendah. Oleh karena itu, peran lembaga-lembaga swasta sangat dibutuhkan.


Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir, mengatakan hal tersebut seusai acara penyerahan beasiswa dari Tanoto Foundation, di Jakarta, Jumat (20/10).


Dalam kesempatan itu, Menristekdikti mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Tanoto Foundation yang telah turut bahu-membahu dengan pemerintah untuk memajukan pendidikan tinggi Indonesia.


Beasiswa yang diberikan oleh Tanoto Foundation merupakan sebuah investasi untuk masa depan demi mewujudkan generasi yang berdaya saing tinggi.

“Beasiswa ini merupakan bentuk kerja sama yang baik antara pemerintah dan lembaga swasta di bidang pendidikan tinggi demi mencetak generasi muda yang dapat bersaing di kelas dunia. Komitmen seperti ini harus diikuti oleh lembaga-lembaga swasta lainnya,” papar Nasir.


Bantuan Dana


Kemristekdikti sendiri, lanjut Nasir, telah memiliki program bantuan dana pendidikan Bidikmisi dan ADik 3T & Papua untuk meningkatkan jumlah SDM terdidik tingkat perguruan tinggi, juga untuk memutus mata rantai kemiskinan di Indonesia.


“Kemristekdikti mengalokasikan lebih dari 3,5 triliun rupiah untuk beasiswa mahasiswa (Bidikmisi dan Adik 3T dan Papua). Namun itu masih kurang. Untuk menjawab kebutuhan masyarakat, idealnya dibutuhkan sekitar 10 triliun rupiah. Karena itu, partisipasi pihak swasta sangat dibutuhkan,” pungkas Nasir.


Anggota Dewan Pembina Tanoto Foundation, Belinda Tanoto, menambahkan, sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan pemimpin masa depan, pihaknya memberikan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi yang mengalami kendala ekonomi.


Program beasiswa untuk jenjang S1 dan S2 ini bermitra dengan 35 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia. cit/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment