Koran Jakarta | August 21 2019
No Comments
Obituarium

Sutopo Dedikasikan Hidupnya untuk Kepentingan Orang Banyak

Sutopo Dedikasikan Hidupnya untuk Kepentingan Orang Banyak

Foto : ISTIMEWA
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Dedikasi Sutopo Purwo Nugroho selama bekerja sebagai Kepala Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tidak perlu diragukan lagi. Sutopo adalah sosok pekerja keras dan pantang menyerah walaupun mengidap penyakit kanker paru-paru stadium 4B.

Penyakit kanker paru-paru yang diderita Sutopo sejak vonis dokter 17 Januari 2018, tak mematahkan semangatnya untuk memberikan informasi terkait bencana di Indonesia secara cepat dan tepat kepada masyarakat.

Sutopo meninggal dunia di Guangzhou, Tiongkok, Minggu (7/7), pukul 02.20 waktu setempat atau 01.20 WIB. Ia bertolak ke Guangzhou, untuk berobat selama sebulan sejak 15 Juni lalu.

Sutopo rencananya dimakamkan di Boyolali, Jawa Tengah, Senin (8/7). Presiden Joko Widodo menyampaikan duka cita atas meninggalnya Sutopo. “Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berduka atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Sutopo Purwo Nugroho, di Guangzhou, menjelang dini hari tadi.

Almarhum Pak Sutopo Purwo Nugroho adalah seorang yang hidupnya didedikasikan untuk orang banyak,” tulis Jokowi di akun Instagramnya, Minggu (7/7). Jokowi menyatakan, hingga akhir hayatnya, Sutopo masih mengabarkan dengan cepat kejadian bencana alam gempa bumi, longsor, tsunami, atau kebakaran yang terjadi di pelosok negeri.

Kepala BNPB Letjen Doni Monardo juga memuji dedikasi Sutopo. “(Bapak Sutopo) pekerja keras, tidak pernah mengeluh, selalu ingin belajar, dan semangatnya untuk memberikan informasi kepada publik sangat biasa,” ujar Doni, di kediaman Sutopo, di Perumahan Raffles Hills, Depok, Jawa Barat, Minggu (7/7). Menurutnya, prestasi dan penghargaan yang diraih BNPB selama ini adalah karya dan hasil kerja keras Sutopo.

“Beliau telah membesarkan nama BNPB sejak BNPB dilahirkan pada tahun 2008 lalu. Sejumlah prestasi yang telah diraih oleh BNPB adalah karyanya Bapak Topo, termasuk penghargaan dari PBB di Baku, Azerbaijan. Bagi kami, Bapak Topo adalah pahlawan kemanusiaan,” kata Doni. 

 

ola/fdl/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment