Koran Jakarta | Informasi Berita Terkini Hari Ini
Koran Jakarta | December 2 2020
iklan koran jakarta
koran jakarta berita terkini hari ini 1 koran jakarta berita terkini hari ini 2

Aparat Harus Bantu Ciptakan Iklim Investasi yang Kondusif

Rabu 2/12/2020 | 00:04
A   A   A   Pengaturan Font
» Investor yang ada harus dijaga, jangan malah diperas dengan pajak-pajak siluman. » Presiden percepat reformasi birokrasi dan struktural sebagai syarat agar...
Tampilkan Semua
FOLLOW US
KURS
SAHAM
LAPORAN KEUANGAN
laporan keuangan koran jakarta
Nasional

Kapolri Pastikan Dirinya Sehat usai Diisukan Tertular Covid-19

Rabu 2/12/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memastikan pihaknya dalam keadaan sehat walafiat di tengah isu dirinya tertular COVID-19.

"Hahaha... saya sehat sehat saja," kata Jenderal Idham melalui keterangannya di Jakarta, Selasa malam, menanggapi isu Kapolri tertular COVID-19.



Idham menambahkan bahwa malam ini pihaknya sedang berolah raga bulutangkis bersama sejumlah perwira tinggi Polri dan para mantan atlet nasional.

"Saya lagi badminton nih," tutur mantan Kabareskrim Polri ini.

Olah raga tersebut memang rutin dilakukannya di sela-sela kesibukannya memimpin Korps Bhayangkara untuk menjaga kebugaran.



Idham pun memastikan bahwa informasi yang beredar malam ini soal Kapolri yang terpapar COVID-19 adalah isu hoaks semata.

Sementara Kapolri pada Selasa pagi masih beraktivitas memimpin upacara HUT ke 70 Korpolairud secara virtual.

Sebelumnya beredar isu di kalangan wartawan bahwa Kapolri Idham terpapar COVID-19.ant/P-4

Tampilkan Semua

Warga Blokir Akses ke Lokasi Proyek PLTU 3-4 Nagan Raya Aceh

Rabu 2/12/2020 | 04:00
A   A   A   Pengaturan Font
 Sejumlah warga Desa Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, melakukan aksi pemblokiran jalan menuju lokasi proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) 3-4 Nagan Raya. “Informasi yang...
Selengkapnya

UU Pers Digugat Mahasiswa yang Merasa Jadi Korban Pemberitaan

Rabu 2/12/2020 | 04:00
A   A   A   Pengaturan Font
Seorang mahasiswa bernama Charlie Wijaya merasa pernah menjadi korban pemberitaan salah satu media sehingga mengajukan permohonan pengujian Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers ke Mahkamah Konstitusi. Dikutip dari laman...
Selengkapnya

Ratusan Personel Yonif 122/TS Siap Amankan Perbatasan RI-PNG

Rabu 2/12/2020 | 04:00
A   A   A   Pengaturan Font
 Ratusan personel Yonif 122/Tombak Sakti siap mengamankan perbatasan Republik Indonesia (RI) dengan Negara Papua Nuiginea (PNG) di Wilayah Papua TA 2020. Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen TNI Hassanudin menutup Latihan Pratugas...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita nasional lainnya
beriklan di koran jakarta
Mondial

Pemimpin Aksi Demo Didakwa UU Pencemaran Nama Baik

Rabu 2/12/2020 | 08:30
A   A   A   Pengaturan Font

BANGKOK - Pihak kepolisian Thailand pada Senin (30/11) mendakwa 5 pemimpin aksi protes prodemokrasi atas pelanggaran undang-undang pencemaran nama baik kerajaan. UU kontroversial ini baru pertama kalinya diterapkan setelah diberlakukan dua tahun lalu.

Pasal 112 dari UU ini merupakan salah satu pasal paling berat dari undang-undang lese majeste (penghinaan pada penguasa) yang melindungi Raja Maha Vajiralongkorn dari semua kritikan.

Sejak beberapa bulan terakhir, para pemimpin pergerakan aksi prodemokrasi memang telah menyerukan reformasi monarki sebagai salah satu tuntutan mereka dan tuntutan ini menimbulkan reaksi amat keras diantara rakyat Thailand.

Salah satu pemimpin aksi yang didakwa adalah aktivis hak asasi manusia (HAM) bernama Anon Numpa. Anon bersama 3 pemimpin aksi lainnya pada Senin tiba di kantor polisi untuk mengorek keterangan dari mereka.

“Polisi telah mendakwa kami atas pelanggaran pasal 112,” kata Anon pada awak media usai meninggalkan kantor polisi. “Kami semua membantah dakwaan tersebut,” imbuh dia.

Sementara itu pemimpin aksi lainnya yaitu Panupong "Mike" Jadnok menyatakan akan terus melanjutkan perjuangannya dan mengatakan pakwa dakwaan pasal 112 tak akan menyurutkan tujuan dari perjuangan mereka.

“Saya tetap setia pada ideologi kami yaitu tak akan tunduk pada kediktatoran dan tak menerima pasal 112 sebagai bagian dari hukum kita,” ucap Panupong.

Selain Anon dan Panupong, dua pemimpin aksi yang juga dipanggil polisi adalah Parit "Penguin" Chiwarak dan Panusaya "Rung" Sithijirawattanakul.

UU lese majeste telah lama dikritik oleh para aktivis HAM dimana mereka menyatakan bahwa undang-undang ini dipergunakan untuk menghilangkan perbedaan pandangan politik.

 

Tingkatkan Taktik

Semua pemimpin aksi protes itu didakwa atas peranan mereka dalam sebuah aksi unjuk rasa pada September lalu dan jika bersalah mereka bisa dikenai hukuman penjara maksimal selama 15 tahun.

Kelima orang itu memang telah memimpin aksi protes sejak Juli dimana dalam salah satu aksi unjuk rasa sempat diikuti oleh puluhan ribu pendukung yang menyokong tuntutan mereka.

Selain menuntut reformasi monarki, para pengunjuk rasa juga menuntut agar konstitusi yang disusun militer diganti dan Perdana Menteri Prayut Chan-Ocha dilengserkan.

Sejumlah demonstran sebelumnya juga telah didakwa atas pasal penghasutan. Sementara otoritas berwenang di Negeri Gajah Putih itu telah meningkatkan taktik untuk membubarkan aksi protes dalam beberapa pekan lalu dengan mengerahkan truk meriam air dan menembakkan peluru gas air mata. AFP/I-1

 

 

 

Tampilkan Semua

WHO Bertekad Cari Asal Muasal Covid-19

Rabu 2/12/2020 | 08:30
A   A   A   Pengaturan Font
JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) pada Senin (30/11) menegaskan akan mengerahkan segala cara untuk menemukan asal muasal virus Covid-19. Badan itu bersikeras bahwa pengetahuan soal itu sangat penting...
Selengkapnya

Biden Umumkan Tim Ekonomi Kabinet

Rabu 2/12/2020 | 07:35
A   A   A   Pengaturan Font
Setelah mengumumkan tim pertahanan dan tim komunikasi dalam susunan kabinetnya, presiden terpilih AS, Joe Biden, pada awal pekan ini mengumumkan tim ekonomi dimana tim ini akan dipimpin oleh Janet Yellen. WASHINGTON DC - Presiden...
Selengkapnya

Badan Pariwisata Dunia Serukan Keseragaman Aturan Perjalanan

Rabu 2/12/2020 | 07:30
A   A   A   Pengaturan Font
LAS PALMAS - Badan Pariwisata Dunia (World Tourism Organization) pada Senin (30/11) menyerukan adanya standardisasi pengujian kesehatan terhadap pelancong dan pembentukan koridor udara bagi melunakkan perjalanan internasional selama...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita mondial lainnya
beriklan di koran jakarta
Polkam

. Polisi Ungkap Avsec Bandara Soetta Terkait Kerumunan Massa

Kamis 19/11/2020 | 23:46
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Polda Metro Jaya mengungkapkan Aviation Security (Avsec) Bandara Soekarno-Hatta diklarifikasi terkait protokol kesehatan saat kedatangan kembali Rizieq Shihab di Indonesia.

"Kalau yang dari bandara itu kita harus mengetahui apakah pada saat RS datang ke sini sudah melalui protokol kesehatan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan di Gedung Ditreskrimum Polda Metro Jaya, Kamis.

Beberapa keterangan yang akan diklarifikasi dari pihak Aviation Security Bandara Soekarno-Hatta antara lain dokumen protokol kesehatan Rizieq saat memasuki Indonesia.

"Misalnya apakah sudah ada pengecekan swab test atau rapid test atau sudah memiliki surat bahwa memang bebas atau sudah dilakukan pengecekan protokol kesehatan sehingga perlu pendalaman terhadap beliau," katanya.


Pemprov DKI Jakarta melalui surat resmi Satpol PP bernomor 2250/-1.75 yang ditujukan kepada Rizieq Shihab selaku penyelenggara pernikahan dan FPI sebagai panitia penyelenggara acara Maulid Nabi Muhammad SAW mendenda Rp50 juta.

Polda Metro Jaya kini menyelidiki dugaan pelanggaran protokol kesehatan dengan melakukan klarifikasi terhadap Pemda DKI Jakarta, panitia acara dan tamu acara tersebut.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan adalah salah satu pihak yang dipanggil oleh Polda Metro Jaya terkait kegiatan tersebut.

Selain itu, penyidik juga memanggil Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW), satpam atau linmas, lurah dan camat setempat serta Wali Kota ant/P-5

 

Tampilkan Semua

Panglima TNI Beri Ucapan Selamat Atas Pengabdian Korps Marinir

Senin 16/11/2020 | 05:35
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengungkapkan bahwa perjuangan dan pengabdian Korps Marinir telah mewarnai sejarah perjalanan bangsa Indonesia."Saya mengucapkan selamat hari ulang tahun...
Selengkapnya

Tangkap Ikan Secara Ilegal di Pulau Berhala, Kapal Ikan Malaysia Ditangkap Satgas 115

Minggu 15/11/2020 | 17:57
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Tim Satgas 115 berhasil meringkus kapal ikan asing berbendera Malaysia dan dinakhodai oleh warga negara Myanmar, yang tengah menangkap ikan secara ilegal di dekat perairan Pulau Berhala, Sumatera Utara."Waktu kita tangkap, kapal...
Selengkapnya

Trump Klaim Menang Pilpres,Usai Biden Suarakan Keyakinan Akan Menang

Rabu 4/11/2020 | 18:00
A   A   A   Pengaturan Font
Wilmington - Presiden Donald Trump pada Rabu dengan salah mengklaim dirinya telah memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat dengan jutaan suara yang masih belum dihitung, setelah lawannya dari Partai Demokrat Joe Biden menyampaikan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita polkam lainnya
beriklan di koran jakarta
Ekonomi

Inflasi Memanas Jelang Akhir Tahun

Rabu 2/12/2020 | 07:54
A   A   A   Pengaturan Font
Inflasi pada November ini harus diwaspadai karena mulai musim hujan dan pengaruh libur panjang beberapa waktu lalu.

 

JAKARTA – Laju inflasi mu­lai memanas menjelang peng­hujung akhir tahun setelah sempat deflasi dalam tiga bu­lan berturut-turut hingga Sep­tember lalu. Meski demikian, angka inflasi sekarang masih di bawah target pemerintah ta­hun ini.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Indeks Harga Kon­sumsi (IHK) kembali meng­alami inflasi pada November 2020 sebesar 0,28 persen aki­bat adanya kenaikan sejumlah harga pangan. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan catatan pada bulan sebelum­nya sebesar 0,07 persen.

Adapun tingkat inflasi tahun kalender menjadi 1,23 persen (year to date/ ytd) dan (year on year/yoy) sebesar 1,50 persen, meningkat dibandingkan data inflasi tahun kalender Janu­ari–Oktober 2020 sebesar 0,95 persen dan 1,44 persen (yoy). Namun, angka tersebut masih di bawah rentang target pada 2020, yakni kisaran 2–4 persen.

Deputi Bidang Statistik Dis­tribusi dan Jasa BPS, Setianto, di Jakarta, Selasa (1/12), me­ngatakan salah satu penyebab terjadinya kenaikan harga itu adalah pasokan yang tergang­gu karena musim hujan. “In­flasi pada November ini harus diwaspadai, karena mulai mu­sim hujan dan pengaruh libur panjang beberapa waktu lalu. Cuaca ini juga bisa mengham­bat distribusi barang ke konsu­men,” katanya.

Dia mengatakan kenaikan harga pangan tersebut mem­buat kelompok makanan, mi­numan, dan tembakau me­nyumbang inflasi tinggi pada periode ini yaitu sebesar 0,86 persen. “Kenaikan harga itu terlihat dari bahan makanan yang menyumbang andil infla­si, yaitu daging ayam ras, telur ayam ras, cabai merah, dan ba­wang merah,” kata Setianto.

Kelompok pengeluaran lainnya yang juga mengalami inflasi antara lain kelompok kesehatan 0,32 persen, ke­lompok transportasi 0,30 per­sen dan kelompok pakaian dan alas kaki 0,14 persen.

Meski demikian, terdapat kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi sehingga mampu menekan inflasi yaitu kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya 0,23 per­sen serta kelompok perumahan, air, lis­trik, dan bahan ba­kar rumah tangga 0,04 persen.

Setianto me­nambahkan, dari 90 kota IHK, se­banyak 83 kota menga lami inflasi dan hanya tujuh kota yang menyumbang deflasi selama November 2020.

Inflasi tinggi terjadi di Tual sebesar 1,15 persen dan infla­si rendah terjadi di Bima 0,01 persen. Sedangkan deflasi tinggi terjadi di Kendari 0,22 persen dan deflasi rendah di Meulaboh dan Palopo ma­sing-masing 0,01 persen.

Gejolak Pangan

Ekonom Universitas Gadjah Mada (UGM), Bhima Yudhis­tira, mengungkapkan kompo­nen inflasi masih rendah di angka 0,06 persen per Novem­ber atau hanya naik tipis di­bandingkan pada Oktober sebesar 0,04 persen.

Dia menambahkan pendorong utama inflasi disumbang oleh barang bergejolak atau bahan pangan sebesar 1,31 per­sen disusul kom­ponen inflasi sektor kese­hatan 0,32 persen.“ Bisa disim­pulkan faktor berkurangnya pasokan pangan akibat curah hujan dan masuknya musim tanam berpengaruh terhadap stabilitas harga pangan,” jelas Bhima.

Sebelumnya, BPS meng­ingatkan potensi kenaikan harga pangan pada Novem­ber–Desember 2020 sehingga dapat menyebabkan laju infla­si tinggi. Kenaikan harga ba­han makanan ini dapat terjadi mengingat pasokan sejum­lah komoditas pangan sudah mengalami hambatan karena produksi terganggu oleh cuaca buruk.

Kepala BPS, Suhariyanto, menyatakan seperti biasanya pada periode jelang akhir ta­hun, permintaan kebutuhan pangan dari masyarakat akan meningkat karena adanya libur panjang cuti bersama serta pe­rayaan Natal dan Tahun Baru.

“Kalau melihat pergerakan inflasi dari Oktober, harga-harga akan naik karena ada peningkatan curah hujan yang lebih tinggi dari biasanya,” kata Suhariyanto. uyo/Ant/E-10

Tampilkan Semua

Serahkan Bantuan

Rabu 2/12/2020 | 07:52
A   A   A   Pengaturan Font
FIFGROUP Human Capital (HC), General Support (GS) & Corporate Communication Director Esther Sri Harjati (kiri) secara simbolis memberikan bantuan kepada Rosmini (kanan) perwakilan dari Yayasan Rahmatan Lil-Alamin, Jakarta, Senin...
Selengkapnya

Pemerintah Sosialisasikan ke Asosiasi Bisnis Global

Rabu 2/12/2020 | 07:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Pemerintah melakukan sosialisasi dan menyerap aspirasi dari aso­siasi bisnis dan organisasi in­ternasional untuk peraturan pelaksanaan UU Cipta Kerja. Kegiatan itu dilakukan setelah pemerintah menggelar acara...
Selengkapnya

Pemerintah Sosialisasikan ke Asosiasi Bisnis Global

Rabu 2/12/2020 | 07:50
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Pemerintah melakukan sosialisasi dan menyerap aspirasi dari aso­siasi bisnis dan organisasi in­ternasional untuk peraturan pelaksanaan UU Cipta Kerja. Kegiatan itu dilakukan setelah pemerintah menggelar acara...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita ekonomi lainnya
beriklan di koran jakarta
Daerah

KAI Daop 9 Operasikan 8 KA Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Senin 30/11/2020 | 20:10
A   A   A   Pengaturan Font

JEMBER-  PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi (Daop) 9 Jember, Jawa Timur, mengoperasikan sebanyak delapan kereta api (KA) selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

"Kami mengoperasikan 8 KA dengan 18 perjalanan pada Desember 2020 untuk mengantisipasi lonjakan selama libur Natal dan Tahun Baru," kata Vice President KAI Daop 9 Jember Agus Barkah Nugraha dalam rilis yang diterima Antara di Kabupaten Jember, Jatim, Senin (30/11).

Kereta yang dioperasikan yakni KA Logawa rute Jember-Purwokerto (PP), KA Ranggajati rute Jember-Cirebon (PP), KA Mutiara Timur rute Ketapang Banyuwangi-Surabaya Pasar Turi, KA Wijaya Kusuma rute Ketapang-Cilacap (PP), dan KA Sritanjung rute Ketapang Banyuwangi-Lempuyangan (PP),

Selanjutnya, KA Tawangalun rute Ketapang Banyuwangi-Malang Kota Lama (PP), KA Probowangi rute Ketapang Banyuwangi-Surabaya Gubeng (PP), dan KA Pandanwangi rute Jember-Ketapang Banyuwangi (PP).

"Dari delapan kereta yang beroperasi, ada tiga KA yang beroperasi pada hari-hari tertentu yakni KA Logawa, KA Ranggajati, dan KA Mutiara Timur, sedangkan lima KA lainnya beroperasi setiap hari," katanya.

Agus mengatakan pengoperasian KA tersebut akan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah seperti mewajibkan para penumpang menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan di tempat yang disediakan ataupun menggunakan penyanitasi tangan.

Ia menjelaskan penumpang KA jarak jauh diwajibkan menunjukkan dokumen kesehatan berupa tes cepat atau surat bebas gejala influenza, serta menggunakan face shield selama berada di atas KA hingga tiba di tujuan.

"KAI secara konsisten menerapkan protokol kesehatan yang ketat bertujuan untuk menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh penumpangnya sehat sampai di tujuan," ujarnya.

KAI Daop 9 Jember telah membuka layanan pemesanan tiket KA dan bagi para calon penumpang dapat melakukan pemesanan secara daring yang bisa dipesan H-30 keberangkatan untuk KA jarak jauh dan H-14 untuk KA lokal melalui aplikasi KAI Access ataupun website resmi kai.id, serta mitra eksternal yang telah bekerja sama dengan KAI.bud/E-9

Tampilkan Semua

Dampak Erupsi Gunung Ili Lewotolok, Wings Batalkan Penerbangan Kupang Lewoleba

Senin 30/11/2020 | 20:02
A   A   A   Pengaturan Font
KUPANG- Maskapai Penerbangan Wings Air terpaksa membatalkan rute penerbangan dari Kupang-Lewoleba, dampak dari erupsi gunung api Ili Lewotolok yang kembali erupsi dengan ketinggian 4.000 meter pada Minggu (29/11).Pelaksana Teknis PT....
Selengkapnya

BRI Manado Dukung Pengembangan KEK Pariwisata Likupang

Senin 30/11/2020 | 19:59
A   A   A   Pengaturan Font
MANADO- BRI Kantor Wilayah Manado siap mendukung pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara (Sulut) antara lain dengan memberikan bantuan pembiayaan kepada UMKM."Kami sudah meninjau...
Selengkapnya

Aceh Siap Terima Kunjungan Wisatawan

Senin 30/11/2020 | 19:55
A   A   A   Pengaturan Font
BANDA ACEH- Kalangan pelaku pariwisata di Provinsi Aceh siap menerima kunjungan wisatawan setelah sekian lama terhenti akibat pandemi Covid-19."Kini, para pelaku pariwisata di Aceh sudah siap menerima kunjungan wisatawan. Tentunya...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita daerah lainnya
beriklan di koran jakarta
Otomotif

Hyundai dan Kia Bakal Ekspor 100 Ribu Lebih Kendaraan Listrik

Sabtu 28/11/2020 | 08:50
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Hyundai Motor Co bersama dengan afiliasinya Kia Motors Corp mengatakan bahwa mereka akan mengekspor lebih dari 100.000 kendaraan listrik tahun ini karena meningkatnya permintaan untuk mobil ramah lingkungan.

Hyundai dan Kia mengirimkan sekitar 98.505 EV gabungan dari periode Januari hingga Oktober, melonjak sekitar 71 persen dari 57.517 unit selama periode yang sama tahun lalu.

"Aturan emisi yang lebih ketat di Eropa mendorong permintaan untuk semua model listrik dan emisi rendah," kata juru bicara Hyundai yang dikutip dari Kantor Berita Yonhap, Jumat (27/11).

Dalam hal ini, Hyundai Kona Electric menyumbang sebanyak 42 persen, atau 41.384 unit, dari keseluruhan pengiriman EV di kedua pembuat mobil itu dalam 10 bulan pertama.

Pada periode Juli-September, Hyundai dan Kia menduduki peringkat kelima dengan pangsa pasar gabungan 7 persen di pasar EV global, menyusul Tesla Motors Inc., Volkswagen AG, Renault SA, Nissan Motor Corp. dan SAIC Motor Corp.

Hyundai Motor Group memiliki tujuan untuk menjual sebanyak 1 juta EV pada tahun 2025 untuk mencapai pangsa pasar lebih dari 10 persen di pasar EV global.

Grup otomotif terbesar kelima di dunia terus mendorong untuk memproduksi secara massal model EV berdasarkan platform EV-nya sendiri yang disebut platform modular global listrik (E-GMP) pada tahun depan.

Hyundai dan Kia berencana untuk meluncurkan 44 kendaraan ramah lingkungan, termasuk 23 kendaraan listrik di bawah tiga merek terpisah Hyundai, merek independen Hyundai Genesis dan Kia pada tahun 2025.Ant/E-9

Tampilkan Semua

Porsche Taycan Masuk Guinness Records Kendaraan Listrik

Sabtu 28/11/2020 | 08:47
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Porsche Taycan telah memasuki Guinness World Records untuk drift terpanjang dengan kendaraan listrik, yang dilakukan di Porsche Experience Center (PEC) Hockenheimring.Instruktur Porsche Dennis Retera melakukan 210 putaran pada...
Selengkapnya

Sepeda Motor Listrik Makin Diminati di Indonesia

Sabtu 28/11/2020 | 08:46
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA-Peneliti Senior Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Riyanto mengatakan bahwa sepeda motor dengan tenaga listrik memiliki kecenderungan untuk masuk lebih cepat di...
Selengkapnya

Pick Up Peugeot Landtrek Diluncurkan di Meksiko

Sabtu 28/11/2020 | 08:45
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA- Produsen otomotif asal Prancis, Peugeot resmi meluncurkan kendaraan truk pikap terbaru mereka yang dijuluki dengan Landtrek yang ditujukan untuk pasar negara berkembang dan baru-baru ini merayakan peluncuran di Los Cabos,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita otomotif lainnya
beriklan di koran jakarta
Telko

itel Resmi Vision1 Series di Indonesia

Rabu 25/11/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Sebagai sebagai salah satu merek ponsel di bawah TRANSSION Holdings yang bergabung dengan Infinix dan TECNO, kini itel juga resmi meluncurkan produk ponsel terbesar mereka di pasar Indonesia. 
 
Hal ini menjadi bentuk semangat yang agresif bagi itel, untuk menyediakan perangkat genggam yang dibanggakan khususnya di Indonesia dengan meluncurkan smartphone seri andalannya yaitu Vision1 Plus dan Vision1.
 
"Dengan meluncurkan merek di pasar negara berkembang global lebih dari 10 tahun yang lalu, itel telah bekerja tanpa lelah untuk menjadi nama yang dipercaya di dunia pasar seluler. dedikasi dan tekad itel untuk mendemokratisasi akses ke teknologi telah menciptakan seluruh portofolio perangkat genggam yang disayangi dan dapat diandalkan. Dan sekarang, itel bersemangat untuk mengembangkan bisnisnya dan secara resmi masuk ke Indonesia dengan meluncurkan Smartphone seri andalannya yaitu Vision1 Plus 3GB dan Vision1," ujar Kyle Zhang selaku Head of Sales Manager untuk Indonesia.
 
Tentu smartphone yang dihadirkan itel akan menjadi pembeda dari kompetitor lainnya. Vision1 Plus menghadirkan desain dengan fungsionalitas canggih di 3GB RAM dan 32GB ROM, dengan menawarkan Waterdrop Display HD + IPS 6,5" dan baterai dengan kapasitas besar 5000mAh yang dibandrol dengan harga Rp1.199.000; sementara itu untuk spesifikasi Vision1 adalah 6,088" HD + Waterdrop Display dan baterai kapasitas 4000 mAh, dibandrol dengan harga Rp999.000. 
 
Kelebihan dari Vision1 Plus diantaranya memiliki tampilan layar penuh 6,5 '' HD + tampilan layar penuh yang elegan dengan ratio 20:9. Layar yang menawarkan sudut pandang yang menakjubkan, juga didukung kecerahan yang spektakuler 500cd / m2. Spektrum warna yang luas juga membuat menonton video dengan smartphone ini menjadi pengalaman yang menakjubkan, bahkan di bawah sinar matahari sekalipun. 
 
Pengisian Baterai
itel juga sangat memperhatikan daya tahan baterai untuk membuat nyaman bagi para penggunanya,di mana Vision1 Plus dilengkapi daya baterai sampai dengan 5000mAh sehingga usia baterai menjadi lebih lama. Baterai juga didukung dengan AI Power Master yang ditingkatkan untuk mendukung para penggunanya baik dalam pekerjaan sehari hari ataupun untuk kebutuhan hiburan. Dengan teknologi   pengisian cepat 5V2A, ponsel dapat bertahan hingga 3 hari tanpa kehabisan daya.
 
Kamera Ganda
Tidak ketinggalan, itel juga mempersembahkan kamera dengan resolusi terbaiknya dengan kamera ganda belakang sebesar 13MP dan kamera depan 8MP, serta teknologi AI Face Beauty mutakhir yang mengesankan dan membuat pengikut pengguna senang dengan berfoto selfie secara profesional di sosial media seperti Facebook, Instagram atau TikTok. Semuanya bisa diekspresikan hanya dengan satu genggaman smartphone Vision1 Plus.
 
Performa Lebih
Lebih banyak ruang semakin memudahkan para pengguna untuk melakukan apapun dalam smartphone, Vision1 Plus membantu hal tersebut dengan menghadirkan RAM 3GB agar memastikan pengoperasian yang lancar, sekaligus menurunkan konsumsi daya dan menghasilkan panas yang berlebihan. Vision1 Plus juga memiliki 32GB sebagai ruang penyimpanan untuk memenuhi semua kebutuhan pengguna seperti simpan gambar dan video, serta aplikasi dalam jumlah yang hampir tak terbatas. 
 
Lebih Cepat
Vision1 Plus juga mendukung teknologi data 4G secepat kilat, yang memungkinkan transmisi data lebih cepat dengan konsumsi lebih rendah, dan koneksi yang lebih andal. Akses cepat ke Internet selalu dijamin dengan Vision1 Plus, dengan itu di mana pun pengguna berada, mereka dapat melakukan obrolan video dengan keluarga dan teman, menjelajahi internet dengan kecepatan tinggi, atau streaming film kapan pun tanpa hambatan. 
 
Desain Ramping
Berkat struktur unibodynya yang ringkas, Vision1 Plus disegel dengan sempurna untuk menahan debu, air, dan benturan, hal ini juga mendukung smartphone Vision1 terlihat sangat elegan dan bergaya.
 
Tak hanya itu, Vision1 Plus juga dilengkapi dengan desain Double S Line yang belum pernah ada sebelumnya, dan teknologi penyemprotan kaca buram matte (AG) yang superior. Vision 1 Plus tidak hanya memiliki bentuk yang elegan, tetapi juga sentuhan seperti sutra yang menjadikannya ponsel yang menonjol di grup.
 
Untuk diketahui, itel Vision1 Plus dan Vision1 sebelumnya telah diluncurkan pada 18 November 2020 lalu, dan bisa didapatkan di toko resmi itel di Lazada Indonesia. mza
Tampilkan Semua

Infinix Jadi Smartphone Terlaris di Lazada

Jumat 13/11/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Merek smartphone premium berbasis online Infinix Mobility Indonesia, berhasil menjadi brand smartphone terlaris di penjualan online 11.11 baru‐baru ini di Lazada di Indonesia. Tonggak ini menambah rekor kemenangan Infinix di...
Selengkapnya

Infinix Note 8 Gandeng Mobile Legends

Senin 9/11/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Infinix Mobility Indonesia resmi meluncurkan produk terbaru INFINIX NOTE 8 yang dibekali dengan chipset Helio G80 Hyper Engine Game Technology khusus bagi para pecinta mobile game di Indonesia dengan menggandeng Mobile Legends...
Selengkapnya

Tagline #JANGANDILAWAN, Bukti Komitmen WIKO di Indonesia

Minggu 8/11/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Menyambut event “Festival Belanja Lazada 11.11 Diskon Terbesar Satu Hari” yang akan digelar pada tanggal 11 November 2020 mendatang, WIKO sebagai pemain smartphone pasar global kembali mengusung beberapa varian...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita telko lainnya
Properti

Topping Off Hotel Episode Serpong

Jumat 28/8/2020 | 00:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Hotel Episode merupakan hotel berbintang empat yang terletak di Gading Serpong yang dikenal sebagai kota satelit yang ramai, terletak di lokasi yang strategis karena dekat dengan pusat pameran terbesar di Indonesia yakni ICE BSD dan berjarak 40 menit dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 
 
Hotel ini mulai dibangun dari 9 Desember 2017 dan akan beroperasi pada semester pertama di tahun 2021. Nantinya, Hotel Episode Gading Serpong akan dikelola oleh hospitality management yaitu JHL Collections yang merupakan salah satu unit bisnis dari JHLGroup.
 
Hotel dengan interior yang unik ini menghadirkan konsep kebudayaan Banten ditengah bangunan seluas 55.000 m2. Provinsi Banten yang kental dengan kebudayaan lokalnya yakni Baduy dan Peranakan serta topologi yang bervariasi menjadi inspirasi utama yang dituangkan dalam konsep perhotelan dan desain Hotel Episode Gading Serpong.
 
Dengan hal itu maka para tamu akan disuguhkan pengalaman yang unik. Episode akan membawa para wisatawan mengenal lebih jauh tentang Banten dengan beragam aktivitas terkait kebudayaan Banten di dalam area hotel hingga paket wisata kebudayaan di daerah Banten. 
 
Terdapat 320 kamar yang memiliki 2 konsep utama yakni Baduy dan Peranakan dengan beberapa tipe, diantaranya adalah Deluxe Room, Family Room,dan Junior Suite untuk masing-masingkonsep.
 
Bangunan 28 lantai ini memiliki fasilitas yang lengkap, terdapat Ballroom dan Exhibition Hall dengan kapasitas 1000 pax yang dapat digunakan untuk acara pernikahan, ulang tahun, gathering, dan pameran. Selain itu, terdapat Mini Ballroom, 8 meeting rooms, swimming pool, gym, spa, gift shop, dan organic shop.
 
Episode juga mempunyai restoran dengan pengalaman bersanta pall day dining dan hotel ini akan mengenalkan makanan khas lokal banten di menu breakfast maupun a la carte.
 
Sesuai dengan makna kata Episode yaitu sepenggal peristiwa dalam kehidupan manusia yang berarti, managemen berharap pengalaman tamu saat menginap, menikmati layanan dan sajian di Hotel Episode Gading Serpong ini menjadi pengalaman yang berarti dalam hidup mereka. mza
 
” Unfolding history and retelling the story” – Hotel Episode Gading Serpong
Tampilkan Semua

Di Tengah Pandemi, Struktur Pencakar Langit St Regis Selesai Dibangun

Senin 17/8/2020 | 18:58
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA – Meski sempat terhambat oleh kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat pandemi Covid-19, PT Permadani Khatulistiwa Nusantara (PKN) anak usaha Rajawali Property Group (RPG) akhirnya berhasil menyelesaikan...
Selengkapnya

Ruang Kerja Nyaman saat “Work From Home”

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Skema work from home (WFH) menjadi pola kerja yang banyak dilakukan di tengah wabah Covid-19. Rumah pun mendadak bertambah fungsi sebagai ruang kerja. Untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut, penghuni dapat memanfaatkan berbagai sudut...
Selengkapnya

Pandemi Covid-19 Bakal Pengaruhi Desain Interior

Senin 20/4/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 dinilai bakal mampu menelurkan ide baru dan memengaruhi adanya perubahan dalam desain interior, baik untuk hunian maupun perkantoran. Selain itu, adanya pola hidup untuk selalu menjaga kebersihan juga akan menjadi...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita properti lainnya
Olahraga

Nikita Mazepin Akan Membalap untuk Haas di F1 2021

Rabu 2/12/2020 | 07:00
A   A   A   Pengaturan Font

Nikita Mazepin, putra bilyuner Russia Dmitry Mazepin, akan membalap untuk tim Haas di Formula 1 musim depan setelah menandatangani kontrak berdurasi multi tahun, demikian tim asal Amerika Serikat itu pada Selasa.

Pebalap berusia 21 tahun itu saat ini berada di peringkat tiga klasemen Formula 2 dan kemungkinan akan menjadi tandem Mick Schumacher, yang memimpin klasemen F2, putra dari pebalap legendaris Michael Schumacher.

"Menjadi seorang pebalap Formula 1 adalah impian yang pada akhirnya menjadi nyata," kata Mazepin dalam pernyataan resmi seperti dikutip Reuters jelang Grand Prix Sakhir di Bahrain.



Sang ayah, Dmitry, memiliki perusahaan pembuat pupuk Uralchem di Rusia dan mencoba membeli tim Force India setelah tim tersebut dinyatakan bangkrut pada 2018 sebelum kalah dari Lawrence Stroll yang mengakuisisi tim berbasis di Silverstone yang kini menjelma menjadi Racing Point itu.

Dmitry melalui bisnis Uralkali yang ia miliki, saat ini sedang mengambil tindakan hukum di London terhadap mantan administrator gabungan dari Force India setelah mereka menerima tawaran Stroll.

Putra dari Stroll, Lance, saat ini membalap untuk Racing Point yang tahun depan akan berganti nama menjadi Aston Martin.

Nikita Mazepin telah memenangi dua balapan Formula 2 tahun ini dengan tambahan empat finis podium. Kejuaraan F2 akan berakhir di Bahrain akhir pekan ini.



"Nikita telah menegaskan kredensialnya di Formula 2 tahun ini," kata bos tim Haas Guenther Steiner.

"Dia telah berkembang menjadi pebalap yang matang setelah naik dari peringkat junior, terlihat khususnya baru-baru ini di seri GP3, di mana ia finis runner-up pada 2018, dan tentunya di Formula 2 dalam dua tahun terakhir."

Haas pada Oktober telah mengumumkan bahwa pebalap Prancis Romain Grosjean, yang lolos dari kecelakaan maut di Bahrain pada Minggu, dan pebalap Denmark Kevin Magnussen akan meninggalkan tim itu pada akhir musim.

Grosjean mengatakan pada saat pengumuman tersebut Steiner bilang kepadanya, "untuk alasan finansial, saya butuh kalian berdua keluar".

Stenier mengatakan capaian terbesar tim tahun ini adalah mampu menyintas.

Tim yang ditenagai mesin Ferrari itu berada di peringkat sembilan klasemen dengan raihan hanya tiga poin dari 15 balapan yang telah digelar di musim yang terdampak COVID-19 ini.ant/P-4

Tampilkan Semua

Pemain Batal Ikuti Australian Open jika Tak Boleh Latihan

Rabu 2/12/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Para pemain akan mundur dari turnamen Grand Slam Australian Open 2021 jika mereka tidak dibolehkan berlatih selama menjalani wajib karantina dua pekan, kata Daniel Vallverdu, yang pernah melatih beberapa nama besar ATP Tour, kepada...
Selengkapnya

Lewis Hamilton Positif Terjangkit Covid-19

Rabu 2/12/2020 | 05:00
A   A   A   Pengaturan Font
Juara Formula Satu Lewis Hamilton positif COVID-19 dan akan absen dalam Grand Prix Sakhir mendatang, umum badan penyelenggara olah raga ini (FIA) seperti dikutip Reuters, Selasa. Hamilton yang sudah menjadi juara dunia ketujuh...
Selengkapnya

Ezpeleta Jelaskan Posisi Mandalika di Kalender Provisional MotoGP 2021

Rabu 2/12/2020 | 04:00
A   A   A   Pengaturan Font
Jakarta- CEO Dorna, pemegang hak komersial MotoGP, Carmelo Ezpeleta menjelaskan posisi Sirkuit Mandalika yang saat ini masih menjadi sirkuit cadangan di kalender provisional MotoGP 2021. Setelah absen di Indonesia selama 23 tahun,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita olahraga lainnya
Perspektif

Teror di Sigi

Selasa 1/12/2020 | 12:23
A   A   A   Pengaturan Font

Satu keluarga, yang terdiri dari empat orang, di antaranya mertua, anak, dan menantu, dibunuh dalam aksi teror di Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), Jumat (27/11) sekitar pukul 10.30 Wita. Mereka dibunuh oleh orang tidak dikenal.

Dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dipimpin Kapolres Sigi, AKBP Yoga Priyahutamam dan tim inavis Polda Sulteng, pelaku sebanyak delapan orang. Tiga di antaranya membawa senjata api berupa laras panjang, dan senpi genggam. Selain membunuh korban, pelaku teror ini mengambil barang-barang milik korban keluarga Yasa dan membakar enam rumah warga.

Warga di sekitar lokasi transmigrasi tersebut ketakutan, lalu lari ke hutan untuk bersembunyi. Hingga kini, 150 kepala keluarga (KK) di desa tersebut diungsikan untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Diduga, pelaku pembunuhan sadis dan tidak berperikemanusian itu kelompok teroris jaringan Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali Kalora, yang telah lama menjadi Daftar Pencarian Orang (DPO). Ali beserta anggotanya melancarkan aksi teror beramai-ramai secara acak. Aksi tersebut dilakukan untuk menakut-nakuti masyarakat.

Untuk mencari pelaku, TNI kembali menugaskan dan menggelar operasi Tinombala. Operasi Tinombala ini telah tiga kali diperpanjang tahun ini dengan target menyelesaikan kelompok teroris MIT di Sulawesi Tengah.

Masa tugas satgas ini seharusnya berakhir pada 30 September lalu, tapi diperpanjang hingga 31 Desember karena masih ada 13 orang kelompok teroris pimpinan Ali Kalora yang berkeliaran.

Ali Kalora adalah petinggi yang tersisa dari kelompok militan yang berbasis di Poso, Sulawesi Tengah itu, semenjak Santoso alias Abu Wardah tewas dalam penyergapan aparat keamanan pada 2016 lalu.

Dia juga ditunjuk sebagai pemimpin kelompok itu menyusul diringkusnya pentolan kelompok Muhajidin Indonesia Timur (MIT), Basri alias Bagong, di tahun yang sama.

Mantan deklarator Perdamaian Malino, Pendeta Rinaldy Damanik, dalam keterangan tertulisnya pada Sabtu (28/11) mengatakan jika benar pelaku adalah kelompok MIT, ia menyimpulkan Satuan Tugas (Satgas) Tinombala belum berdaya untuk mengatasi kelompok tersebut.
Kita sepakat aparat keamanan mengusut tuntas pelaku pembunuhan sadis itu. Kita juga berharap aparat keamanan, baik Polri maupun TNI, dapat memberangus gerakan teror ini.

Pembunuhan terhadap satu keluarga di Sigi itu adalah kejahatan yang melukai keadaban dan melampaui batas kemanusiaan. Tindakan kekerasan tersebut bertujuan untuk menciptakan provokasi dan teror di tengah masyarakat. Mereka ingin merusak persatuan dan kerukunan di antara anak bangsa Indonesia ini. Karena itu, negara harus hadir memberikan jaminan rasa aman di masyarakat.

Sangat disayangkan, aktivitas terorisme masih membayangi masyarakat. Peristiwa ini harus menjadi alarm untuk kita semua, bukan saja untuk masyarakat Sulteng, tapi bagi Indonesia sebagai sebuah negara bangsa, bahwa masih ada jejaring teroris aktif yang bisa secara serampangan melakukan pembakaran, pembunuhan, dan menebar ketakutan kepada masyarakat.

Meski jumlahnya kecil, tapi mereka terbilang efektif dalam bertindak dan terus berusaha menebarkan ketakutan di tengah masyarakat dengan melakukan aksi-aksi teror. Jika didiamkan, sel-sel ini akan tumbuh dan berkembang menjadi kanker ganas di Sulawesi, yang berpeluang untuk terus menebar efek domino ke seluruh Indonesia.

Aparat keamanan selama ini telah berupaya keras dalam menumpas kelompok teroris yang ada di Indonesia. Namun, masih perlu usaha keras lagi untuk menumpas kelompok teror tersebut hingga akar untuk memastikan tidak ada gerakan teror serupa di Tanah Air.

Terorisme adalah musuh bersama bagi seluruh umat manusia. Terorisme bertentangan dengan prinsip kemanusiaan dan ajaran agama. Tindakan mereka merusak keadaban. Karena itu, butuhkan dukungan semua pihak untuk memberangus kelompok ini. Harus dilakukan perlawanan secara bersama-sama tanpa rasa takut. Tidak ada tempat untuk terorisme di negeri ini. ν

Tampilkan Semua

Timur Tengah setelah Terbunuhnya Mohsen

Senin 30/11/2020 | 11:56
A   A   A   Pengaturan Font
Situasi politik internasional memanas, khususnya di Timur Tengah, setelah dibunuhnya ilmuwan nuklir terkemuka Iran, Mohsen Fakhrizadeh. Selain Mohsen, beberapa ilmuwan nuklir Iran lainnya juga telah tewas dibunuh dalam satu dekade...
Selengkapnya

Pejabat Korupsi di Tengah Pandemi

Sabtu 28/11/2020 | 07:10
A   A   A   Pengaturan Font
Dua operasi penangkapan dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap pejabat negara dalam rentang waktu yang berdekatan di minggu ini. Mereka ditangkap KPK saat rakyat di negeri ini sedang dilanda pandemi Covid-19 yang belum...
Selengkapnya

Pentingnya Transisi Pemerintahan di AS

Jumat 27/11/2020 | 13:00
A   A   A   Pengaturan Font
Di pemilihan presiden 2020 ini, Donald Trump masih berat untuk mengakui Joe Biden sebagai presiden terpilih. Proses transisi pemerintahan di Amerika Serikat (AS) untuk seorang presiden terpilih sangat penting dan strategis sekali...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita perspektif lainnya
Rona

Solois K-pop BoA Beberkan Kunci Sukses Berkarir Selama 20 Tahun

Selasa 1/12/2020 | 18:18
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA- Solois K-pop Kwon Bo-ah atau dikenal sebagai BoA mengatakan, bertanggung jawab atas lagu dan penampilannya menjadi kunci kariernya tetap membara selama 20 tahun terakhir.

Perempuan berusia 34 tahun yang memulai debutnya sejak umur usia 14 tahun itu mendapatkan julukan Bintang Asia karena popularitasnya dan kiprahnya menciptakan "hallyu," atau popularitas global budaya pop Korea.

Laman Yonhap mencatat, BoA memulai debutnya pada tahun 2000 melalui "ID: Peace B" dan menduduki puncak tangga lagu Oricon Jepang melalui album "Listen to My Heart" pada tahun 2002.

"Aku sangat rajin dan bersemangat. Tanggung jawab dan cinta musik. Apa yang tidak hilang (selama periode 20 tahun) adalah bertanggung jawab atas nama saya dan berdiri di atas panggung," kata dia dalam konferensi pers daring bertepatan dengan perilisan album studio ke-10 "BETTER", Selasa (1/12).

Setelah 20 tahun berkiprah di industri musik, BoA ingin mencoba lebih santai dan karenanya dia tidak terlalu memaknai album barunya.

"Aku benar-benar memikirkan album ulang tahun ke-20 terbaik dan menyimpulkan itu harus tentang musik yang ingin aku lakukan sekarang. Jika aku mulai memasukkan terlalu banyak makna ke dalamnya, aku merasa album itu tidak akan pernah keluar, " kata dia.

Terkait album, BoA mengatakan lagu-lagu di dalamnya lebih merupakan eksperimen ringan dan menyenangkan dari trek dari genre yang berbeda.

Berbeda dengan album studio kedelapan yang dia produksi sepenuhnya, kali ini dia membuat tiga lagu yakni "Cloud", "All That Jazz" dan "Little Bird", termasuk menulis lirik "L.O.V.E".

Sebagai penyanyi yang masuk ke tangga musik luar negeri pada usia yang begitu muda, BoA mengatakan dia terpesona dengan sejauh mana K-pop telah berkembang.

"Aktivitas para penyanyi saat ini berada di area yang bahkan tidak dapat aku pahami. Mereka luar biasa, dan aku sangat terkesan. ... Aku merasa bersyukur bisa disebut sebagai pelopor. K-pop telah menjadi sebuah musik itu tidak hanya di negara kita (Korea Selatan) tapi menuju ke seluruh penjuru dunia," tutur dia.

Terkait karir, BoA mengaku ingin terus melakukan apa yang telah dia lakukan setidaknya selama 10 tahun lagi.

"Aku tidak memiliki tujuan konkret untuk masa depan, tapi aku masih akan berusaha untuk merayakan ulang tahun ke-30," demikian ungkap dia.Ant/E-9

Tampilkan Semua

BTS Torehkan Sejarah Baru Lewat Lagu Berbahasa Korea Pertama di No.1 Billboard Top 100

Selasa 1/12/2020 | 18:09
A   A   A   Pengaturan Font
SEOUL - Boyband asal Korea Selatan (Korsel), BTS kembali menorehkan sejarah karena menduduki puncak tangga lagu single utama Billboard dengan lagu non-Inggris. “Single terbaru BTS "Life Goes On" memulai debutnya di posisi teratas...
Selengkapnya

Happy Salma Pentaskan "Anugerah Terindah"

Selasa 1/12/2020 | 14:24
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Mola TV berkolaborasi dengan Titimangsa Foundation menampilkan “Anugerah Terindah.” Ini sebuah pentas teater musikal alih wahana dari lagu-lagu ciptaan Eross Candra yang dipopulerkan oleh Sheila on 7. "Berbagai...
Selengkapnya

Menciptakan Dampak Positif dari Indonesia untuk Dunia

Selasa 1/12/2020 | 13:49
A   A   A   Pengaturan Font
Wajah dan nama Merry Riana tidak asing lagi. Seorang Merry Riana kerap kali muncul sebagai  entrepreneur, influencer, dan educator. Dia juga aktif di media sosial, terutama Instagram dan Youtube. Banyak kata-kata inspiratif dan...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita rona lainnya
beriklan di koran jakarta
Megapolitan

Eggi Sudjana Akan Diperiksa Penyidik Sebagai Tersangka Makar

Selasa 1/12/2020 | 23:00
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA  Polda Metro Jaya mengagendakan pemeriksaan terhadap Eggi Sudjana sebagai tersangka kasus dugaan makar pada Kamis (3/12).

Saat dikonfirmasi, Eggi Sudjana membenarkan adanya surat panggilan dari Polda Metro Jaya kepada dirinya.

"Iya benar, saya menerima surat panggilan itu pukul 01.30 WIB, Selasa, 1 Desember 2020," kata Eggi saat dikonfirmasi, Selasa (1/12).

Surat pemanggilan terhadap Eggi yang bernomor S.Pgl/1802/XII/2020/Ditreskrimum tersebut beredar lewat aplikasi pesan singkat. Surat tersebut ditanda tangani oleh Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat.

Meski demikian, Eggi belum memastikan apakah dirinya akan memenuhi panggilan tersebut atau tidak.

Eggi mengatakan, pemanggilan tersebut terkait kasus lama yang dibuka kembali. "Ini kasus sudah lama dibuka kembali. Posisi saya dalam kasus yang dituduhkan itu pada 17 April 2019," ujar Eggi.

Eggi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan makar pada Selasa, 7 Mei 2019 dan ditahan di Direktorat Tahanan dan Barang Bukti Polda Metro Jaya sejak 14 Mei 2019.

Dia diduga melakukan tindak kejahatan terhadap keamanan negara atau makar dan atau menyiarkan suatu berita atau mengeluarkan pemberitahuan yang dapat menimbulkan keonaran di kalangan masyarakat.

Eggi juga dianggap menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berlebihan atau yang tidak lengkap.

Eggi disangka melanggar Pasal 107 KUHP dan atau 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan atau Pasal 15 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Pada kesempatan terpisah, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan belum mengetahui soal surat tersebut. ant/p-5

 

Tampilkan Semua

APBD Tahun 2021 Pemkab Bogor Rp7,6 Triiun

Selasa 1/12/2020 | 23:00
A   A   A   Pengaturan Font
BOGOR -  DPRD bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Jawa Barat, menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2021 senilai 7,6 triliun rupiah. “Kami belum tahu tahun depan situasinya seperti apa,...
Selengkapnya

Belasan Rumah Tinggal di Tambora Ludes Terbakar

Selasa 1/12/2020 | 23:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA  - Sebanyak 12 rumah tinggal di kawasan Jalan Angke Indah RT 06/003, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, terbakar pada Selasa (1/12) sore. Kepala Seksi Operasi Sudin Gulkarmat Jakarta Barat Eko Sumarno...
Selengkapnya

Kasus Covid-19 di Jakarta Bertambah 1.058 Orang Per Senin

Selasa 1/12/2020 | 22:00
A   A   A   Pengaturan Font
JAKARTA - Kasus positif terpapar Covid-19 di DKI Jakarta pada Selasa bertambah sebanyak 1.058 sehingga jumlah sejak awal pandemi menjadi 137.919 kasus. Berdasarkan data dari Pemprov DKI Jakarta di laman corona.jakarta.go.id...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita megapolitan lainnya
The Alun-Alun

Alat Pembersih Makanan Bebas Bakteri

Rabu 2/12/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font

Tidak bermaksud menyuarakan kewaspadaan, tetapi pandemi global ini tentunya telah menimbulkan pertanyaan tentang keamanan pribadi dan bagaimana kita dapat mencegah diri kita dari kontak dengan kuman dan infeksi potensial.

Pembersih makanan 'Elepsy' yang konseptual adalah peralatan dapur untuk dunia pasca-pandemi yang akan memberi konsumen cara mencuci produk mereka secara efektif saat pembelian untuk memastikan bahwa produk tersebut bebas dari bakteri dan kuman sebelum dikonsumsi.

Melansir Laman Trendhunter.com, ELEPSY adalah pembersih sayur dan buah, menjawab kekhawatiran orang-orang tentang kebersihan makanan tersebut ketika dibeli pulang atau dikirim dari toko bahkan setelah mencucinya di bawah air. Dalam penelitiannya, tim desain menemukan bahwa beberapa orang bahkan menggunakan sabun atau bahan kimia untuk mendisinfeksi makanan tersebut, tindakan yang berpotensi berbahaya serta mengonsumsi air dalam jumlah yang tidak perlu.

Elepsy membantu mengatasi kekhawatiran orang-orang yang khawatir makanan mereka berpotensi terkontaminasi. Sementara produk segar seperti daging dan telur dimasak sebelum dikonsumsi, memastikan bahwa mikroorganisme seperti bakteri dan virus langsung mati dalam panas tinggi, Elepsy memastikan bahwa buah dan sayuran aman dikonsumsi dengan membersihkannya secara menyeluruh sebelumnya.

Dirancang untuk menjadi stasiun sanitasi yang aman untuk buah dan sayuran, Elepsy menggunakan proses dua tahap untuk memastikan makanan bersih dengan rapi sebelum mengkonsumsinya. Produk dapat dipisahkan secara luas menjadi tiga bagian Teko yang memungkinkan mengukur air yang dibutuhkan untuk membersihkan buah, sayuran.

Alat ini menggunakan proses dua tahap yang akan membersihkan produk menggunakan teko untuk air, unit sanitasi, dan baki luar untuk penyimpanan setelah dibersihkan. Sistem ini memfokuskan pada estetika sadar desain yang dapat dengan mudah ditinggalkan di antara penggunaan tanpa terlihat keluar dari tempatnya atau menghabiskan terlalu banyak ruang.

Desainnya secara intuitif memandu pengguna melalui proses sementara estetika keseluruhan membantu menyampaikan pesan kebersihan, minimalis, dan kesederhanaan.

Pembersih makanan Elepsy konseptual adalah karya desain Sinan Altun, Yilin Lyu dan Yuchen Lan dari Umeå Institute of Design, dan dibuat bekerja sama dengan merek peralatan Electrolux untuk memikirkan solusi rumah pasca-Covid-19.

Didesain sebagai peralatan dapur-rumah tangga, Elepsy bertujuan untuk memecahkan masalah ini dengan memberikan kesempatan kepada orang-orang untuk mendisinfeksi, membersihkan, dan mengeringkan buah dan sayuran. Selain itu, hasil bumi dapat disajikan langsung dari piring lepas-pasang yang menarik. Desain fungsional tersebut dilengkapi dengan estetika kontemporer sehingga dapat dinikmati sebagai objek tersendiri, serta membuat orang merasa lebih aman dalam kehidupan sehari-hari.

Langkah pertama melibatkan mengangkat teko transparan dari alas dan mengisinya dengan air. Setelah teko diisi, masukkan makanan ke dalam bak sanitasi Elepsy dan tuangkan air dari teko ke dalam. Satu kenop, tombol di badan produk memungkinkan memutar untuk memilih siklus dan menekan untuk konfirmasi.

Setelah dikonfirmasi, Elepsy memulai proses pembersihan dua tahap dengan terlebih dahulu membersihkan kotoran dari makanan menggunakan getaran ultrasonik yang dilewatkan melalui air, dan kemudian membersihkannya dengan elektrolisis air untuk langsung membunuh kuman apa pun dengan cara yang tidak beracun tanpa menggunakan bahan kimia apa pun.

Segera setelah siklus selesai, suara bel yang memuaskan memberi tahu buah dan sayuran sudah bersih, dan dapat mengeluarkannya dan mengaturnya di baki eksternal agar cepat kering sebelum dikonsumsi langsung, gunakan untuk persiapan, hiasi, atau buat sendiri salad yang enak dan sehat. arn

Tampilkan Semua

Stasiun Pembersih Tangan dan Smartphone

Rabu 2/12/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Dibuat sebagai upaya kolaboratif antara Electrolux dan siswa di Umeå Institute of Design untuk memikirkan solusi rumah pasca-Covid-19, Muhō adalah stasiun sanitasi lorong terbaik, yang berfungsi untuk mendisinfeksi tangan dan...
Selengkapnya

Kulkas Presenta Memiliki dengan Desain Modular

Rabu 2/12/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebagian besar lemari es saat ini seperti rak buku dalam yang dilengkapi dengan AC. Mereka menyimpan banyak dan menjaga makanan kita tetap segar, tetapi saat mereka mengisi, makanan yang lebih tua hanya menumpuk dan membusuk, jadi...
Selengkapnya

Wisata Kemah Sukamantri

Selasa 1/12/2020 | 01:00
A   A   A   Pengaturan Font
Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan saat berlibur adalah berkemah. Kegiatan ini membutuhkan waktu dua atau tiga hari, namun capeknya semua terbayar dengan pemandangan yang indah. Berkemah merupakan kegiatan yang disukai banyak...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita the alun-alun lainnya
Kupas

Perlu Revitalisasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan

Selasa 1/12/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Guru memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Hal ini juga sejalan dengan visi misi Presiden Joko Widodo. Guru kompeten dapat menghasilkan pelajar-pelajar berkualitas para penerus bangsa di masa mendatang.

 

Untuk itu, perlu pembenah­an dalam rekrutmen guru dan desain pengembangan kompetensi guru ke depan. Ma­salah terkait guru mulai dari hulu seperti menyiapkan calon guru di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Kesejahtera­an para guru, terutama honorer, juga harus jadi fokus perhatian. Pengembangan dan peningkatan kompetensi guru adalah keharusan yang mesti dipenuhi oleh nega­ra, baik tingkat pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Untuk mengupas terkait kompe­tensi guru, Koran Jakarta mewa­wancarai Koordinator Nasional Perhimpunan untuk Pendidikan dan Guru (P2G), Satriwan Salim. Berikut petikan wawancaranya.

Bagaimana penilaian P2G ter­kait kompetensi guru saat ini?

Kami memandang perlunya pembenahan dalam rekrutmen guru dan disain pengembangan kompetensi guru ke depan. Dalam konteks rekrutmen guru, perso­alannya sebenarnya sudah muncul di level hulu, yakni ketika maha­siswa calon guru masuk kampus LPTK. Harus ada pembenahan se­leksi masuk LPTK bagi calon guru, termasuk revitalisasi pengelolaan LPTK secara nasional.

Bagaimanapun juga LPTK masih menjadi “pabrik” calon guru. Ren­dahnya kompetensi guru Indonesia hingga sekarang, tak lepas dari buruknya pengelo­laan guru mulai dari hulunya yakni LPTK tersebut.

Untuk proses rek­rutmennya sendiri seperti apa?

Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebuda­yaan (Kemendikbud), harusnya juga me­laksanakan perintah Pasal 22–23 UU No 14 Tahun 2005 ten­tang Guru dan Dosen.

Pada Pasal 22 Ayat 1 dituliskan bahwa pemerintah dan/atau peme­rintah daerah dapat menetapkan pola ikatan dinas bagi calon guru untuk memenuhi kepentingan pembangunan pendidikan nasional atau kepenting­an pembangunan dae­rah Pasal 22 Ayat 1.

Lalu dalam Pasal 23 Ayat 1, pemerin­tah mengembangkan sistem pendidikan guru ikatan dinas berasrama di lemba­ga pendidikan tenaga kependidikan untuk menjamin efisiensi dan mutu pendidikan. Pola rekrutmen seperti ini belum terwujud hingga sekarang.

Apa manfaat yang didapat dari pelaksanaan pola rekrutmen se­perti ini?

Rekrutmen guru pola ikatan di­nas ini memberikan setidaknya dua manfaat sekaligus. Pertama, guru yang direkrut adalah benar-benar guru pilihan dan memiliki kompe­tensi sejak mulai kuliah di LPTK yang berstatus PNS. Lalu, rekrut­men guru pola ikatan dinas sejak di LPTK ini dapat memenuhi keku­rangan guru secara nasional.

Bagaimana keterlibatan peme­rintah daerah dalam peningkatan kompetensi guru ini?

Masih banyak daerah provinsi dan kota/kabupaten yang anggaran pendidikannya dalam APBD masih jauh di bawah 20 persen. Pada­hal anggran pendidikan adalah menjadi kewajiban daerah juga. Kami menemukan ada pemda yang anggaran pendidikannya di bawah 5 persen APBD. Kalau begitu, tak bisa berharap banyak akan terjadi peningkatan kualitas guru kalau.

Pemda jangan lepas tanggung jawab. Politik anggaran pendidik­an khususnya untuk peningkatan kompetensi guru adalah kebutuhan mendesak. Jika tidak, guru-guru kita masih berkutat di urusan kom­petensi yang menyedihkan.

Pemerintah tengah menyiap­kan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi para guru honorer. Bagai­mana respons P2G terkait ini?

P2G mengapresiasi pemerintah pusat, Kemdikbud, dan Kemenpan RB plus Komisi X membuat kebi­jakan membuka lowongan seleksi guru honorer menjadi Guru P3K sebanyak satu juta lowongan tahun depan. n muhamad marup/P-4

Tampilkan Semua

BSU Berdampak Positif pada Pertumbuhan Ekonomi

Sabtu 28/11/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada sektor kesehatan. Sektor-sektor lain seperti ketenagakerjaan juga terdampak.   Merespons hal tersebut, pemerintah Indonesia mengeluarkan ber­bagai macam kebijak­an penanganan dan...
Selengkapnya

Seleksi Itu untuk Buktikan Kompetensi Mereka

Jumat 27/11/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Pemerintah berencana mengadakan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi para guru honorer.   Seleksi dilaksanakan pada tahun 2021. Formasinya terbilang massal dengan jumlah yang dibutuhkan, sebanyak satu juta...
Selengkapnya

Pengambilan Keputusan Sering Terhambat karena Panjangnya Rantai Komando

Rabu 25/11/2020 | 06:30
A   A   A   Pengaturan Font
Penyederhanaan birokrasi terus dikebut pemerintah. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) diberi mandat untuk jadi lokomotif.   Diharapkan dengan tun­tasnya penyederhanaan birokrasi,...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita kupas lainnya
beriklan di koran jakarta
Edisi Weekend

Bansos Ringankan Beban dan Gerakkan Perekonomian Rakyat

Sabtu 28/11/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font

Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi cukup tinggi. Namun,sekitar 24,79 juta penduduknya masih hidup di bawah garis kemiskinan. Diperlukan kepekaan dan strategi negara mengentaskan kemiskinan agar hidup rakyat lebih sejahtera dan mandiri.

Di sisi lain, dampak Covid-19 memengaruhi semua lini kehidupan, termasuk mas­yarakat miskin dan rentan, baik aspek kesehatan, sosial, maupun ekonomi. Aktivitas perekonomian dan pendapatan masyarakat jatuh sehingga angka kemiskinan men­jadi 9,78 persen.

Pemerintah berupaya mena­ngani dampak pandemi Covid-19 melalui Jaring Pengaman Sosial dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Adapun alokasi anggarannya sebe­sar 695,2 triliun rupiah pada tahun 2020 dan 408,8 triliun rupiah pada tahun 2021.

Pemerintah melalui Kemen­terian Sosial terus menggulirkan bantuan sosial (bansos) sebagai salah satu jaring pengamangan sosial. Bansos diberikan kepada masyarakat yang terdampak ke seluruh pelosok negeri. Bansos penanganan dampak Covid-19 diharapkan dapat meringankan beban masyarakat dalam meme­nuhi kebutuhan dasar, menjaga daya beli, dan menggerakkan roda ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Untuk mendalami seputar bantuan sosial, wartawan Koran Jakarta, Muhamad Ma’rup, mewa­wancarai Menteri Sosial (Mensos), Juliari P Batubara. Berikut petikan wawancaranya.

Bisa dijelaskan upaya peme­rintah dalam menangani pan­demi Covid-19 ini?

Sampai sebelum ketemu vaksin, penanganan akan ada terus. Per­masalahan virus ini hanya bisa dikalahkan dengan vaksin. Sebe­lum vaksin ketemu, yang bisa kita lakukan adalah menghindari.

Saat ini aktivitas dibuka kembali, tingkat keterpaparan akan me­ningkat. protokol kesehatan harus dilaksanakan. New normal ini mengatur aktivitas harian kita de­ngan aturan-aturan dan protokol-protokol baru.

Ini pilihan sulit antara kese­hatan dan ekonomi. Ini harus berjalan berbarengan. Kalau fokus kesehatan, masyarakat juga akan kelaparan. Kalau fokus ekonomi, orang terpapar semua. Jadi pilih­annya, termasuk di beberapa nega­ra, aktivitas dibuka dengan aturan main baru atau new normal.

Pemerintah berupaya mena­ngani dampak pandemi Covid-19 melalui Jaring Pengaman Sosial dan Pemulihan Ekonomi Nasional dengan mengalokasikan ang­garan sebesar 695,2 triliun rupiah pada tahun 2020 dan 408,8 triliun rupiah pada tahun 2021. Ang­garan tersebut digunakan untuk penanganan kesehatan, perluasan bantuan sosial untuk perlindung­an masyarakat miskin, rentan, dan terdampak. Kemudian, dukungan UMKM serta berbagai kegiatan strategis sektoral kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Bagaimana keterlibatan Kemensos dalam penanganan Covid-19?

Pemerintah melalui Kemensos terus menggulirkan bantuan sosial yang termasuk dalam program ja­ring pengaman sosial kepada mas­yarakat yang terdampak ke seluruh pelosok negeri. Bantuan sosial yang termasuk ke dalam program jaring pengaman sosial di antaranya ban­tuan sosial reguler untuk KPM PKH dan BPNT. Bansos sembako untuk wilayah Jabodetabek. Bansos tunai untuk wilayah luar Jabodetabek dan bansos utuk KPM PKH.

Bansos penanganan dampak Covid-19 diharapkan dapat meri­ngankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar, men­jaga daya beli, dan menggerakkan roda ekonomi di tengah pandemi Covid-19.

Selama penyaluran bansos sejauh ini, bagaimana koordinasi dengan pemerintah daerah mau­pun kementerian lain?

Kami ingin menyampaikan, pertama, sebelum meluncurkan bansos sifatnya nasional, kami sudah melakukan sosialisasi mela­lui webinar beberapa kali dengan pemkot dan pemprov. Kami tindak lanjuti dengan surat-surat menge­nai mekanismenya.

Kami ingin tegaskan bahwa data penerima bansos itu kami mem­berikan keleluasaan untuk seluruh pemda tidak harus mengambil semua data yang ada di data ter­padu kami atau yang biasa disebut Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Jadi, pemerintah dae­rah (pemda) silakan memberikan nama-nama penerima bansos yang tidak ada dalam DTKS tersebut.

Untuk Bansos tunai di luar Jabo­detabek, Kemensos akan melaku­kan koordinasi untuk bansos yang diambil dari dana desa. Ini harus kami atur dengan baik agar tidak terjadi penumpukan. Misalnya, sudah ada keluarga yang menerima dana dari Kemensos 600 ribu ru­piah, lalu terima dari dana desa 600 ribu. Ini harus kita hindari supaya tidak terjadi kekacauan di bawah.

Untuk bansos dari pemda, ba­gaimana menghindari tumpang tindih dengan pemerintah pusat?

Sekali lagi, kami memberikan keleluasaan kepada daerah me­nyangkut program bansos yang diambil dari anggaran daerah baik provinsi maupun kabupaten atau kota. Mereka punya kebijakan masing-masing. Tidak perlu takut dan khawatir, apabila satu keluarga sudah menerima bansos sembako atau tunai, jangan diberi lagi.

Yang kami atur hanya seluruh bansos dari APBN. Tentunya kami atur agar tidak menumpuk. Kami bisa mempertanggungjawabkan akuntabilitasnya. Jadi, daerah yang mau menggunakan bansos dari APBD, silakan. Tidak perlu khawatir untuk mengecek data dengan pusat.

Ada yang kecewa

Kami membutuhkan kerja sama dan koordinasi yang baik. Kami ter­buka untuk masukan dan kritikan. Apa pun yang kami putuskan tidak bisa memuaskan semua pihak. Tapi yakinlah, pemerintah pusat bekerja sekuat tenaga melindungi segenap rakyatnya.

Apa yang akan dilakukan Kemensos ke depan agar bantuan pemerintah dapat tepat sasaran?

Kami melakukan beberapa terobosan pada tahun 2021 untuk melakukan perbaikan data peneri­ma bantuan pemerintah. Pertama, mengevaluasi terhadap data 15 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Ini untuk penerima man­faat program Kemensos, yaitu Pro­gram Sembako yang dulu bernama Bantuan Pangan Nontunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH), dan Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi mereka yang terdampak pe­nyebaran Covid-19. Saya minta pada para direktur jenderal Kemen­sos agar dilihat lagi data penerima BPNT. Jangan sampai yang sudah terlalu lama dari zaman raskin, rastra, masih terima terus.

Langkah lain?

Selain itu, Kemensos juga akan mengusulkan kepada Kementeri­an Keuangan agar daerah-daerah yang tidak melakukan pembaruan data kemiskinan mendapat pengu­rangan dana dari pusat. Langkah ini bukanlah ancaman, tetapi sebaliknya untuk memberi motivasi kepada daerah. Lalu, tahun depan akan ada pemutakhiran DTKS. Akan banyak stok keluarga yang kita bantu. Jadi enggak ada alasan itu-itu saja yang kita bantu.

Bagaimana upaya Kemensos membarui data tersebut?

Kemensos serius dan terus ber­upaya memperkuat akurasi data penyaluran bansos. Meski begitu, saya minta koordinator pendam­ping PKH berani ikut “membersih­kan” penerima bansos dalam DTKS yang sudah terlalu lama menerima bantuan.

Kami kerap mendapat kritik­an sekaligus masukan bahwa ada yang 8–10 tahun terus menerima PKH. Koordinator pendamping PKH adalah petugas lapangan yang berperan penting memastikan kualitas DTKS. Saya meminta peran nyata mereka. Data penerima PKH tidak sepenuhnya bergantung pada Kemensos. Data penerima ban­tuan, lanjut dia, diproses dari desa/kelurahan termasuk dicek oleh pendamping PKH. Setelah itu, baru naik secara berjenjang, kemudian baru disahkan oleh Kemensos.

Seberapa besar peran PKH da­lam pemutakhiran DTKS?

Pendamping PKH sejalan de­ngan proses berjenjang dalam pe­mutakhiran data tadi. Oleh karena itu, saya menantang mereka untuk berani mengganti nama-nama penerima PKH yang sudah terlalu lama menerima bantuan.

Saya menduga antara pendam­ping dan penerima manfaat PKH sudah terjalin hubungan erat. Se­hingga sulit mengganti nama-nama yang sudah lama menerima ban­tuan tersebut. Apakah pendamping berani mengganti nama-nama itu? Harus berani karena itu kan tugas mulia dan memperjuangkan mere­ka yang harusnya berhak mendapat bantuan. Itu tugas mulia.

Tahun 2021, apakah masih ada penyaluran bansos untuk pan­demi Covid-19?

Bantuan sosial untuk tahun 2021 sudah disiapkan Kemensos dengan batas pengeluaran (pagu) alokasi anggaran 87 triliun rupiah bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Alokasi ang­garan tersebut PKH, BPNT, dan BST. Jumlah ini sewaktu-waktu bisa saja berubah.

Selain penanganan Covid-19, apalagi upaya Kemensos untuk tahun kedua periode kedua masa pemerintahan Presiden Joko Widodo?

Kemensos terus bergerak mem­bangun optimisme negeri untuk kemandirian sosial ekonomi pen­duduk miskin dan rentan. Upaya yang dilakukan yaitu meningkat­kan sumber daya manusia dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Meningkatkan kualitas data terpadu kesejahteraan sosial, dan tata kelola pemerintahan yang transparan dan akuntabel dengan melibatkan publik.

Dalam kurun waktu satu tahun banyak yang telah dicapai Ke­mensos. Seperti telah mencapai peningkatan kualitas sumber daya, peningkatan kualitas data terpadu kesejahteraan sosial sebagai sum­ber data utama dalam penyeleng­garaan kesejateraan sosial agar dapat dilakukan secara terpadu, te­pat sasaran, dan berkelanjutan. Pe­nguatan perlindungan dan jaminan sosial. Penguatan pemberdayaan soisal hingga ke wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar.

Langkah Kemensos untuk mendorong berbagai pihak bersama-sama meningkatkan ke­sejahteraan sosisal masyarakat?

Tentu, Kemensos tidak bisa bekerja sendirian. Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian. Tidak hanya pada pandemi Covid-19, tapi sekalipun dalam kondisi normal. Banyak keterbatasan pemerin­tah. Kami sangat berharap baik perusahaan-perusahaan BUMN swasta nasional, perusahaan swasta multinasional, serta pilar-pilar so­sial ikut bersama-sama bergotong royong. Kita bergandeng tangan untuk memperbaiki kehidupan masyarakat.

Ke depannya, peran pemerintah harus diperkecil dibanding peran swasta. Kesejahteraan sosial, walau negara kita kesejahteraan, ke de­pannya kalau semakin maju, peran pemerintah harus semakin kecil. Bukan sebaliknya. Kalau peran pe­merintahnya semakin besar, berarti negara tidak maju-maju.

Konkretnya?

Oleh karena itu, seluruh dunia usaha, saya selalu memotivasi bahwa ke depannya produk-pro­duk baik barang jadi atau bentuk jasa yang akan divaluasi lebih tinggi oleh konsumen adalah produk-pro­duk yang memiliki kepekaan sosial tinggi.

Saya sendiri lebih senang mem­bayar produk lebih mahal kalau saya tahu perusahaan itu memi­liki kepedulian sosial yang tinggi bagi lingkungannya. Tidak ragu saya membayar lebih mahal untuk membeli suatu produk apakah barang jadi atau service. Uang saya akan digunakan untuk meningkat­kan kesejahteraan sosial.

Apa yang mesti dilakukan dunia usaha agar bisa terlibat me­ningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat?

Ke depan, gabungan antara bisnis dan social envelopment ha­rus semakin digalakkan. Sebab ini value dan budaya bangsa Indonesia yaitu gotong royong. Tentu ber­usaha mengejar keuntungan juga. Tanpa untung, tidak ada CSR juga. Semakin banyak untung, kita sema­kin banyak CSR.

Tapi, kalau saya lihatnya ter­balik. Bukan mengejar keuntungan baru CSR. Semakin kita giat melak­sanakan kegiatan sosial, tambah profitable. Sebab, simple saja, yang mendoakan banyak. Kita tidak bo­leh mengecilkan arti dari doa. Doa itu intangable, tapi value-nya kita tidak tahu. Tidak bisa dinilai miliar, ratus miliar, atau triliun.

Jadi kita harus melihatnya terbalik. Meski pandemi, semua perusahaan mengencangkan ikat pinggang. Tapi, kita tidak akan begini terus. Kita akan normal kem­bali dan harus optimistis. Kelak, jangan mencari keuntungan, baru CSR, tapi dibalik. Semakin banyak kiat berbuat oleh usaha kita, akan semakin profitable dan bisnisnya lebih sustainable. n G-1

 

Tampilkan Semua

Perkuat Kerja Sama Ekonomi dan Stabilitas Kawasan Indo-Pasifik

Sabtu 21/11/2020 | 05:40
A   A   A   Pengaturan Font
Hubungan bilateral Indonesia dan Amerika Serikat dinilai sangat strategis, baik dalam hal untuk kemajuan ekonomi maupun penjagaan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik.   Setelah resmi mengemban amanah sebagai Dubes RI untuk AS, Lutfi...
Selengkapnya

Unair Terus Bergerak untuk Berkontribusi bagi Bangsa

Sabtu 14/11/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Sebagai lembaga pendidikan Universitas Airlangga (Unair) terlibat dengan banyak aktivitas, di antaranya pembuatan vaksin Covid-19. Unair juga terus berinovasi untuk meningkatkan ranking dunia, Asia, dan dalam negeri. Sejak muncul di...
Selengkapnya

Wujudkan Desa tanpa Kemiskinan

Sabtu 7/11/2020 | 06:00
A   A   A   Pengaturan Font
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) berupaya mewujudkan desa tanpa kemiskinan, desa tanpa kelaparan, dan desa dengan pendidikan yang berkualitas.   Kemendes PDTT juga tengah fokus dalam...
Selengkapnya

Klik disini untuk melihat berita edisi weekend lainnya
beriklan di koran jakarta