Koran Jakarta | September 19 2019
No Comments

Sistem Aki Hibrida Lebih Ramah Lingkungan

Sistem Aki Hibrida Lebih Ramah Lingkungan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Untuk menurunkan tingkat polusi CO2 di perkotaan akibat urbanisasi serta jumlah kendaraan yang meningkat, Bosch mengeluarkan teknologi ramah lingkungan terbaru berupa sistem aki hibrida, booster untuk sistem pengereman regeneratif, dan motor listrik canggih terbaru.

Pada aki Bosch 48-Volt menggunakan sel-sel lithiumion yang sangat kompak, untuk mengurangi CO2. Aki ini distandardisasi untuk memudahkan integrasi dengan model-model kendaraan baru dari mobil kompak, mobil mini, sampai mobil mikro, termasuk mobil hibrida

Aki Bosch 48-Volt juga bisa digunakan pada mobil hibrida yang lebih hemat energi fosil. Seiring dengan pasar masal mobil hibrida yang semakin berkembang, Bosch berharap produk akinya juga akan meraih kesuksesan di sektor tersebut.

“Kami memperkirakan sekitar 15 juta kendaraan yang menggunakan aki hibrida 48-Volt akan mulai beroperasi pada 2025,” kata Presiden Bosch di Asia Tenggara, Martin Hayes.

Selain aki hibrida, Bosch mengenalkan iBooster dengan ESP hev. Komponen ini menghasilkan debu rem 95 persen lebih sedikit sehingga membantu mengurangi masalah emisi partikel kampas di berbagai kota. “Kebanyakan polusi partikulat dari lalu lintas disebabkan oleh jalan, ban dan keausan rem, alih-alih disebabkan oleh pembakaran bahan bakar,” kata Hayes.

iBooster merupakan teknologi penguat rem elektromekanis tanpa gesekan, cocok untuk kendaraan hibrida maupun listrik. Penguat rem bebas vakum ini memperpendek jarak pengereman dan membuat kendaraan menjadi lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar dan emisi CO2.

Kombinasi antara iBooster dengan ESPhev, yaitu sistem pengereman regeneratif berbasis vakum bisa mengurangi debu rem hingga 95 persen. Sistem pengereman regeneratif juga memungkinkan pemulihan energi pengereman dibandingkan dengan rem gesekan.

“Bagi Bosch, mewujudkan udara bersih di perkotaan bukanlah hal yang mustahil. Teknisi kami telah mengembangkan berbagai lompatan inovatif dalam mengembangkan teknologi yang akan membantu memastikan perkotaan kita menjadi tempat yang lebih layak dan berkelanjutan untuk ditinggali,” tutup Hayes. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment