Signal-signal Promosi Sudah di Depan Mata Seorang Karyawan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | May 30 2020
No Comments
SURAT UNTUK BU ROSSA

Signal-signal Promosi Sudah di Depan Mata Seorang Karyawan

Signal-signal Promosi Sudah di Depan Mata Seorang Karyawan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, saat mengobrol dengan rekan-rekan senior di kantor. Mereka banyak membahas tentang jenjang karir dan promosi. Terlebih lagi tentang bos kami yang killer dan suka menguji dengan memberikan berbagai tugas yang menantang. Bagaimana cara mengetahui bahwa bos menyukai hasil kerja dan berencana mempromosikan kami?

Jawaban:

Siapa pun pasti bersuka cita jika dipromosikan naik jabatan. Tapi tentu saja untuk mendapat promosi tidaklah mudah. Butuh usaha dan perjuangan keras untuk mendapatkannya. Karena tidak ada seorang atasan pun yang mau begitu saja mempromosikan anak buah. Tapi ada beberapa pertanda yang mengisyaratkan bahwa sebentar lagi bos akan mempromosikan Anda.

Simaktujuh isyarat penting berikut. Bos memuji di belakang Ada tipe bos yang tidak suka berterus terang memuji anak buahnya. Nah kalo teman Anda menyampaikan bahwa diam-diam bos suka memuji di belakang Anda, ada kans untuk naik jabatan.

Biasanya bos yang seperti ini khawatir jika pujian yang dilontarkannya akan menyebabkan anak buahnya besar kepala, sehingga lebih suka memuji di belakang punggung. Bos meminta mengerjakan tugas senior Bila tiba-tiba bos menugaskan mengerjakan hal-hal sulit, yang seharusnya menjadi tugas senior, Anda boleh berbangga. Karena berarti bos mulai menyadari potensi dan yakin bahwa Anda mampu mengerjakannya.

Maka jangan mengeluh atau menyatakan ketidaksanggupan. Terima dan hadapilah tantangan tersebut. Bos mempercayakan tugas di saat kritis Bila tiba-tiba mendapat tugas darurat yang ternyata bisa menyelamatkan perusahaan, itu salah satu isyarat penting bahwa bos sangat yakin dengan kemampuan Anda. Dan jika mampu menyelesaikannya nama Anda langsung masuk dalam daftar karyawan yang akan segera ‘naik pangkat’.

Bos mendorong melakukan pekerjaan lebih berat Tak perlu cemas dengan tugas berat, karena sering kali kita tak mampu melihat kesanggupan diri pribadi. Sedang, bos sadar akan semua kelebihan anak buahnya. Sehingga berani menyerahkan tugas yang tidak bisa dianggap ringan pada salah satu anak buahnya.

Bos membiarkan bekerja sendiri Bila Anda harus bekerja seorang diri, jangan buru-buru mengambil kesimpulan bos mengabaikan. Inilah tanda bahwa bos sangat mempercayai. Tidak hanya soal kepercayaan tetapi juga etika. Bukankah sangat tak nyaman bila saat bekerja bos mondarmandir mengawasi seperti seorang satpam? Bos melibatkan dalam kegiatan di luar Anda bisa bangga bila diberi tugas mewakili perusahaan pada kegiatan di luar. Apalagi mewakili langsung bos yang tak dapat hadir.

Bila mendapat tugas itu, berarti bos sangat menghargai keahlian serta karakter. Ia dengan bangga memperkenalkan Anda sebagai kesatuan dalam tim kerjanya. Bos memperhatikan kesejahteraan Bila pernah menerima email dari bos menanyakan soal kesejahteraan dan dia memperjuangkannya secara diam-diam, itu tandanya bos memperhatikan kesejahteraan Anda.

Dan tentu saja perhatian ini bukan tanpa alasan. Bos merasa Anda layak mendapatkan kesejahteraan yang lebih karena potensi dan keahlian. Tujuh isyarat tersebut dapat menunjukkan sesungguhnya sikap bos. Ingat, sikap cuek, senyum sinis, kritikan atau kejutan pekerjaan bos, tidak harus berarti negatif.

Yang penting Anda harus menyertakan ketulusan dalam menjalankan tugas, kerja keras dan dedikasi. Bila bos memang seorang pimpinan yang hebat, dia pasti mengamati dengan sejumlah rencana masa depan yang lebih gemilang. Nah jika mengalami tujuh isyarat tersebut, siap-siaplah menyambut karir yang lebih oke!

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment