Sensus Penduduk 2020 Agar Ungkap Data Riil Kemiskinan | Koran Jakarta
Koran Jakarta | April 9 2020
No Comments
VARIA

Sensus Penduduk 2020 Agar Ungkap Data Riil Kemiskinan

Sensus Penduduk 2020 Agar Ungkap Data Riil Kemiskinan

Foto : ISTIMEWA
Gubernur Nusa Tenggara Timur, Viktor Bungtilu Laiskodat (Kanan).
A   A   A   Pengaturan Font

KUPANG - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mengharapkan Sensus Penduduk (SP) 2020 yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkap data riil tentang kemiskinan di daerah setempat yang masih berada di urutan ketiga termiskin secara nasional.

“Sensus penduduk ini harus bisa mengungkap data riil terkait kemiskinan. Misalnya, apakah ada keterkaitan penduduk miskin dengan jumlah anak,” katanya dalam pertemuan Kepala BPS Provinsi NTT Darwis Sitorus beserta jajarannya di Kantor Gubernur NTT di Kupang, Senin (24/2).

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat juga dipandu petugas BPS melakukan SP 2020 dengan sistem dalam jaringan (daring). Ia dalam kesempatan itu juga mengajak BPS NTT untuk bersama-sama memerangi kemiskinan di daerah itu dengan tidak hanya mendapat pengakuan dari aspek statistik semata.

“Upaya penurunan angka kemiskinan tidak boleh hanya terarah pada statistik semata tetapi juga secara struktural,” katanya. Untuk itu, dia meminta kepala BPS NTT bersama Staf Khusus Gubernur NTT Prof Dr. Daniel Komeo, serta kepala Bappelitbangda NTT untuk menghitung bersama terkait dengan angka kemiskinan di NTT serta mengatur strategi yang tepat untuk menurunkannya.

Lebih lanjut, mantan Ketua Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) DPR RI itu, mengapresiasi pelaksanaan SP 2020 secara daring yang berlangsung selama 15 Februari- 31 Maret karena banyak informasi yang bisa diperoleh dari kegiatan itu. Ant/AR-3

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment