Koran Jakarta | August 19 2018
No Comments
Teknologi Layar

Sensasi “Streaming” Sekelas Bioskop

Sensasi “Streaming” Sekelas Bioskop

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Cara tepat menikmati konten film adalah dengan layar lebar. Dengan proyektor kualitas 4K sensasi streaming film ala bioskop dapat dinikmati dari rumah.

Di dunia maya semakin banyaknya konten-konten film streaming dengan resolusi 4K atau dengan resolusi Ultra HD  3840 x 2160 piksel yang memiliki jumlah piksel sebanyak 8.3 juta pixel.

Konten dengan resolusi 4K cukup sayang jika dinikmati dengan gawai semacam ponsel, tablet, atau bahkan televisi sekalipun. Kualitas film  4K Netflix atau Youtube misalnya paling cocok dengan layar lebar dengan standar cinematic untuk menampilkan unsure-unsur sinematografi secara mudah.

Dalam sinematografi, terdapat unsur cerita, seting, musik, visual, efek, pergerakan kamera, warna, dan lainnya. “Sutradara biasanya membuat dengan mempertimbangkan bermacam aspek sinematografi,” ujar Lucky Kuswandi seorang sutradara di Jakarta, Rabu (7/2).

Untuk menikmati unsur sinematografi dalam konten film, Benq menawarkan proyektor untuk sinema rumahan denga harga terjangkau yaitu Benq CineHome W1700, disamping seri profesional yaitu Benq CinePro W11000H.

Dengan W1700 untuk segmen rumah tangga, pengguna bisa menikmati streaming film dari dongle HDMI seperti Google Chromecast atau Amazon Fire TV Stick untuk melakukan stream film, olahraga, dan bahkan video games ke layar besar.

Country General Manager BenQ Indonesia Eko Handoko, mengatakan W1700 menggunakan teknologi DLP (Digital Light Processing)berstandar internasional Rec.709 sekelas panggung IMAX . Teknologi ini mampu menampilkan konten resolusi 4K Ultra HD yang memiliki jumlah piksel sebanyak 8,3 juta titik. “Dengan Benq  W1700  Benq W1100H penikmati film  bisa menikmati film dari rumah,” ujar Eko.

Di rumah gambar dari proyektor  Benq  W1700 dibesarkan hingga 200 inci. Untuk warna yang lebih sempurna proyektor ini mendukung teknologi CinematicColor dan juga format HDR 10. CinematicColor, menjamin kualitas gambar seperti yang diinginkan pembuat film, karena sudah memenuhi standar industri digital sinema dari sisi akurasi warna sinematik.

Khusus untuk CinePro W11000H bahkan telah tersertifikasi THX yang menawarkan performa gambar yang sangat tinggi secara menyeluruh guna menjamin pengalaman menonton seperti di sinema komersial berbasis digital. Sistem optik 4K yang optimal untuk ketepatan gambar yang mutakhir dan akurasi warna yang dapat mempengaruhi proyektor LCD.

“W1700 mamanfaatkan teknologi DLP single-DMD 0.47” yang revolusioner untuk menghasilkan dimensi ramping proyektor rumahan dengan profil yang sesuai bagi gaya hidup masa kini,” tambah Eko.

 Kemurnian kualitas video 4K W1700 telah diperkuat oleh dukungan High Dynamic Range (HDR10), menawarkan tingkat kecerahan dan kontras yang lebih besar dengan optimisasi gambar auto yang menampilkan setiap detil kehidupan dalam gambar video untuk sebuah kesenangan yang di sajikan oleh bioskop.

“W1700 mendukung penuh HDCP 2.2 terbaru yang membuat para pengguna menikmati semua pilihan konten 4K yang terus berkembang,” ujar Business Development Manager, BenQ Indonesia. Erlina Listyowati.

Untuk menciptakan warna sinematik W1700 menggunakan teknologi BenQ CinematicColor dengan roda warna RGBRGB.  Teknologi ini telah memenuhi standar industri film tertinggi dari akurasi warna dengan  96 persen cakupan warna gamut Rec. 709 dan ketepatan performa Delta E<3, W1700.

Proyektor W1700 dilengkapi dengan CinemaMaster Video+ dan CinemaMaster Audio+ 2, yang dapat mengubah ruang sederhana menjadi auditorium sinema kelas dunia dengan peningkatan gerakan adaptive pixel, algoritma warna canggih, penyampaian nada dasar yang indah dan juga pemrosesan audio yang dramatis untuk bass resonan dan nada tinggi yang menjulang.   

W1700 yang dibanderol sebesar 25 juta rupiah ini secara keseluruhan dilengkapi dengan koreksi keystone otomatis dan zoom bertenaga sebesar 1.2X yang dapat menampung setiap ruang, penataan W1700 mudah dilakukan dalam sekejap untuk menonton film 4K sepanjang malam. hay/E-6 

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment