Senat AS Setujui Stimulus USD2 Triliun untuk Dampak Korona | Koran Jakarta
Koran Jakarta | April 9 2020
No Comments
Antisipasi Krisis

Senat AS Setujui Stimulus USD2 Triliun untuk Dampak Korona

Senat AS Setujui Stimulus USD2 Triliun untuk Dampak Korona

Foto : MANDEL NGAN/AFP
BERI KETERANGAN I Presiden AS Donald Trump (kiri) mendampingi Wakil Presiden AS Mike Pence memberi keterangan perkembangan Covid-19 di Gedung Putih, Washington DC, Selasa (24/3).
A   A   A   Pengaturan Font

WASHINGTON DC – Para pemim­pin di Gedung Putih dan Senat Amerika Serikat (AS) pada Selasa (24/3) meng­umumkan persetujuan atas Rancangan Undang-Undang (RUU) Paket Dana Penyelamatan darurat sebesar dua tri­liun dollar AS (USD). Undang-undang baru tersebut ditujukan untuk mem­bantu kegiatan bisnis, pekerja, dan sistem perawatan kesehatan yang ter­dampak oleh pandemi Covid-19.

Tanggap pandemi sangat dibutuh­kan untuk penyelamatan ekonomi terbesar dalam sejarah dan menam­bal ekonomi yang bergejolak menu­ju resesi selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan dan potensi jumlah korban yang mengerikan aki­bat wabah itu.

Direktur Urusan Legislatif Gedung Putih, Eric Ueland, mengumumkan kesepakatan itu di lorong Capitol Hill tak lama setelah tengah malam, mengakhiri masa negosiasi di tengah tekanan yang semakin meningkat. Na­mun, undang-undang itu masih perlu disempurnakan dalam bahasa legis­latif yang lebih terperinci. “Saudara-saudara, kita sudah selesai. Kami me­miliki kesepakatan,” kata Ueland.

Paket penyelamatan tersebut akan memberikan pembayaran langsung kepada sebagian besar warga AS, me­nambah tunjangan pengangguran, dan menyediakan program bagi usaha kecil senilai 367 miliar dollar AS agar mereka tetap dapat menggaji para kar­yawan yang terpaksa tinggal di rumah.

Salah satu masalah terakhir ter­kait dana 500 miliar dollar AS untuk pinjaman yang dijamin dan disubsidi untuk industri yang lebih besar, ter­masuk perdebatan berapa yang akan diberikan untuk maskapai-maskapai penerbangan. Sementara itu, rumah sakit juga akan mendapatkan ban­tuan yang signifikan.

“Setelah berhari-hari melakukan diskusi yang intens, Senat telah men­capai kesepakatan bipartisan menge­nai paket bantuan bersejarah untuk pandemi ini,” kata Pemimpin Mayo­ritas Senat, Mitch McConnell, yang menjadi negosiator utama.

Menurutnya, paket bantuan ter­sebut akan mempercepat sumber daya baru ke garis depan pertarung­an perawatan kesehatan AS. “Itu akan menyuntikkan triliunan dollar uang ke dalam ekonomi secepat mungkin untuk membantu pekerja, keluarga, usaha kecil, dan industri Amerika agar berhasil melewati gangguan ini dan muncul di sisi lain yang siap melambung,” ujarnya.

Sementara itu, ketika krisis kese­hatan publik semakin dalam, Presiden Donald Trump menginginkan war­ga kembali bekerja dalam beberapa minggu mendatang dan menawarkan harapan berdasarkan ilmu pengetahu­an bahwa negara akan kembali normal dalam waktu kurang dari satu bulan. “Kita harus kembali bekerja, lebih ce­pat dari yang diperkirakan orang,” kata Trump di Gedung Putih.

Trump juga berharap kembali er­aktivitas menjelang Paskah pada 12 April mendatang. “Keputusan kami didasarkan pada fakta dan data yang kuat,” ujarnya. n AFP/SB/AR-2

Klik untuk print artikel
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment