Koran Jakarta | December 19 2018
No Comments
VARIA

Sebanyak 129 Penulis Raih Penghargaan dari Kemdikbud

Sebanyak 129 Penulis Raih Penghargaan dari Kemdikbud

Foto : ISTIMEWA
Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Dadang Sunendar.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) memberi penghargaan kepada 129 penulis dengan 140 hasil karyanya. Penghargaan diberikan setelah melalui proses sayembara terbuka yang dimulai sejak Janu­ari 2018.

“Mereka (penulis) telah melewati tahap penjurian. Dari 1.135 karya yang terkumpul hingga terpilih 140 karya yang kaya akan nuansa lokal dan keanekaragaman tema seper­ti arsitektur, kuliner, tokoh, lanskap perubahan perdesaan dan perkotaan, bahasa, dan cerita tentang anak Indonesia,” kata Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbud, Dadang Sunendar, saat acara pembukaan temu penulis, di Jakarta, Rabu (17/10).

Dia mengatakan, hingga akhir tahun 2018 total buku yang disediakan Badan Bahasa untuk mendukung Ge­rakan Literasi Nasional (GLN), khususnya untuk literasi baca-tulis sebanyak 502 buku. “Rencananya, pada tahun 2019 nanti, buku-buku tersebut akan dicetak dalam jum­lah yang sesuai dengan anggaran yang tersedia, dibuat buku digital, dan alih wahana sejumlah buku terpilih,” kata Dadang.

Oleh sebab itu, kerja sama literasi dengan berbagai pihak, baik di dalam unit utama Kemendikbud, maupun mitra lain di luar Kemendikbud, kata Dadang, perlu dilakukan agar da­pat meningkatkan kualitas baca tulis masyarakat. eko/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment