Koran Jakarta | August 26 2019
No Comments

San Francisco Larang Teknologi Pemindai Wajah

San Francisco Larang Teknologi Pemindai Wajah

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

SAN FRANCISCO – Kota San Francisco, Amerika Serikat (AS), melarang penggunaan teknologi pemindai wajah (facial recognition) oleh lembaga-lembaga pemerintah dan polisi. Langkah itu ditempuh untuk alasan melindungi privasi di kawasan pusat teknologi di AS.

“Penggunaan perangkat lunak dan kamera untuk mengidentifikasi seseorang secara positif, saat ini siap diterapkan,” kata penasihat kota bernama Aaron Peskin, Selasa (14/5).

Dalam legislasi yang disahkan pada Selasa, menyebut bahwa kecenderungan teknologi pemindaian wajah bisa membahayakan hak-hak dan kebebasan sipil secara substansial, lebih tinggi dari manfaatnya.

Pemindaian wajah juga disebutkan bisa memperburuk ketidakadilan rasial dan mengancam kemampuan kita untuk hidup bebas dari pemantauan pemerintah yang berkelanjutan. Larangan penggunaan teknologi pemindaian wajah tak berlaku di bandara atau fasilitas-fasilitas yang dimiliki pemerintahan federal.

Penerapan teknologi ini dipuji karena bisa membantu polisi dalam menangkap pelaku kriminal berbahaya, namun juga dikritik karena kerap melakukan kesalahan identifikasi. AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment