Koran Jakarta | September 21 2018
No Comments

Roring Segera Siapkan Timnas Basket Putra

Roring Segera Siapkan Timnas Basket Putra

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pelatih tim nasional bola basket putra Indonesia, Fictor Roring, mengaku sudah mengantongi sekitar 30 nama yang menjadi calon penghuni skuad yang akan diberangkatkan ke Asian Games 2018.

“Kami sudah siapkan 24 sampai 30 nama. Kriteria pemainnya, saya hanya mau yang terbaik di setiap posisi, tidak penting nama besar,” ujar Fictor di Jakarta, kemarin.

Pria yang akrab disapa Ito ini melanjutkan, para calon pemain timnas itu merupakan hasil pantauannya dari Liga Bola Basket Indonesia (IBL) dan Liga Bola Basket ASEAN (ABL). Selain itu, dia pun mengaku mengarahkan pandang ke liga mahasiswa dan pertandingan-pertandingan kelompok umur. “Saya terbuka untuk semuanya. Kalau saya anggap punya kapasitas bagus, pasti saya panggil ke tim nasional,” tutur Fictor.

Dengan adanya 24-30 nama tersebut, Fictor menyatakan siap menurunkan dua tim di turnamen uji coba atau test event Asian Games 2018 yang digelar 10-24 Februari 2018. Namun, jika dalam praktiknya hanya diperbolehkan membawa satu tim ke test event, dia menyebut dirinya cuma menyertakan 14-15 nama.

Sementara terkait wacana pemain naturalisasi untuk Asian Games 2018, pelatih yang membawa timnas bola basket putra Indonesia meraih medali perak di SEA Games 2007 dan 2015 itu mengaku semuanya masih dalam proses. “Hal itu tidak mudah. Akan tetapi, Indonesia, kan, masih punya pemain naturalisasi. Semuanya masuk dalam pantauan kami,” kata Fictor.

Adapun persiapan timnas menuju Asian Games 2018 akan semakin intensif usai IBL 2017-2018. Fictor mengungkapkan bahwa timnya berencana mengadakan pemusatan latihan ke dua negara. “Mau tidak mau kami harus keluar karena kami tidak ada lawan di Indonesia. Rencananya kami akan ke Amerika Serikat dan satu negara lagi di Eropa,” ujar dia. ion/Ant/S-2

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment