Ronaldinho Akhirnya Tahanan Rumah | Koran Jakarta
Koran Jakarta | May 30 2020
2 Comments

Ronaldinho Akhirnya Tahanan Rumah

Ronaldinho Akhirnya Tahanan Rumah

Foto : AFP/NORBERTO DUARTE
A   A   A   Pengaturan Font

Pengadilan Paraguay memerintahkan pembebasan bintang sepak bola asal Brasil Ronaldinho dan saudaranya, Selasa (7/11) waktu setempat. Keduanya kini berstatus tahanan rumah dan berada di sebuah hotel di pusat kota Asuncion. Hakim Gustavo Amarilla mengatakan kepada media bahwa dia telah memerintahkan untuk melanjutkan penahanan untuk Ronaldinho dan saudaranya di sebuah hotel. Mereka ditahan tepat sebulan yang lalu untuk menunggu persidangan atas tuduhan menggunakan paspor palsu memasuki Paraguay.

Pengacara mereka mengirim uang jaminan 1,6 juta dollar AS. Putusan itu membuat keduanya bisa pindah dari sel polisi yang juga menampung mantan ketua federasi sepakbola Paraguay dan mantan ketua majelis rendah parlemen, untuk pindah ke sebuah hotel mewah bergaya Kolonial di pusat kota Asuncion.

Hotel Palmaroga tempat Ronaldinho ditahan memiliki 107 kamar dan terletak di pusat ibu kota Paraguay. Hotel itu menawarkan perpaduan sempurna antara Renaisans awal 1900-an dan kenyamanan modern serta kemewahan.

“Saya mendapat kepastian dari manajer hotel bahwa mereka, dengan biaya sendiri, dapat mengamati tahanan rumah di sana,” ujar Amarilla pada konferensi pers. Pengadilan banding Paraguay bulan lalu menolak permintaan untuk melepaskan kedua orang tersebut. Itu berarti peraih penghargaan pemain terbaik dunia dua kali tersebut merayakan ulang tahunnya yang ke-40 di balik jeruji besi.

Dengan ibukota Paraguay diisolasi karena pandemi virus korona, hakim mengomunikasikan keputusannya lewat telepon seluler kepada Ronaldinho dan saudaranya. Jaksa penuntut, pengacara dan kamera TV juga ikut menyaksikan. Ronaldinho yang terlihat berseri-seri, mengenakan kaus hitam dan ikat kepala yang serasi, memberi tanda jempol untuk menunjukkan bahwa dia memahami ketentuan pembebasannya.

Ronaldinho dan saudaranya, Roberto de Assis Moreira - yang juga manajer bisnisnya - awalnya tidak menemui masalah setelah tiba di Asuncion dari Brasil pada 4 Maret. Namun, tak lama setelah kedatangan mereka, keduanya dibawa ke kantor polisi usai penyelidik menggerebek tempat mereka menginap karena mengetahui paspor mereka palsu.

Ronaldinho, yang mendapat sambutan seperti bintang rock di Asuncion oleh sekitar 2.000 anak-anak dan remaja, mengatakan bahwa paspor diberikan kepadanya oleh sponsor dari sebuah badan amal.

Empat belas orang lainnya telah didakwa dalam kasus ini, yang telah meluas ke penyelidikan kemungkinan pencucian uang. Ronaldinho dianggap sebagai salah satu pemain sepakbola terbesar sepanjang masa. Dia bintang kemenangan Brasil di Piala Dunia 2002. Dia bermain untuk beberapa klub raksasa Eropa, Barcelona, Paris Saint-Germain dan AC Milan.  ben/AFP/S-1

Klik untuk print artikel

View Comments

Minggu 12/4/2020 | 10:22
Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder ! Caranya sangat mudah, hanya bergabung di poker165.co dengan TCoin Atau ikuti babak kualifikasi untuk memenangkan tiketnya 😎 Untuk info lebih lanjut kunjungi roadto1billion.com
Emmaa
Sabtu 11/4/2020 | 02:32
Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder ! Caranya sangat mudah, hanya bergabung di poker165.co dengan TCoin Atau ikuti babak kualifikasi untuk memenangkan tiketnya 😎 Untuk info lebih lanjut kunjungi roadto1billion.com

Submit a Comment