Robot Pintar sebagai Teman Hidup | Koran Jakarta
Koran Jakarta | January 27 2020
1 Comment
Teknologi Robot

Robot Pintar sebagai Teman Hidup

Robot Pintar sebagai Teman Hidup

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Robot pintar akan menjadi bagian hidup manusia di masa depan. Robot dengan teknologi kecerdasarn buatan (AI) dapat menemani manusia di saat stres, sedih, merasa kesepian, juga membantu dalam pekerjaan sehari-hari.

Pada ajang CES 2020 di Las Vegas, California AS 7-11 Januari 2020, Samsung mengenalkan robot dengan Personal Care, yaitu robot sebagai ‘teman hidup’ melalui Ballie, robot kecil yang mampu memahami, mendukung, dan bereaksi dan turut aktif membantu pengguna di dalam rumah.

Executive Vice President dan Chief Research Scientist Samsung Electronics Sebastian Seung, menjelaskan bahwa kemampuan On-Device AI milik Ballie memungkinkannya untuk menjadi asisten kesehatan dan juga mobile interface yang mencarikan solusi bagi kebutuhan individu yang berubah secara dinamis.

Melalui bantuan Ballie, pengguna dapat melakukan seluruh hal terkait dengan kesehatan, sambil tetap menjaga ketat standar privasi dan perlindungan data.

“Kami percaya bahwa AI adalah masa depan bagi personal care,” ungkap Seung melalui siaran pers pekan lalu. Teknologi AI pada Ballie menjadi pusat pengalaman personal yang nyata.

On-device AI di dalamnya memberikan kontrol akan informasi data pribadi dan melindungi privasi, serta tetap memberikan kekuatan layanan yang terpersonalisasi. Selain Ballie, ada juga MarsCat sebuah robot hewan peliharaan terbaru dari Sony Aibo.

Robot berupa kucing dan anjing ini dapat dikembangkan secara personal karena memang berasal dari sumber terbuka. Dikendalikan oleh Raspberry Pi, robot dapat disetel sesuai dengan isi hati penggunanya.

Ballie dapat merespon sentuhan kepala atau dagu, selain itu pengguna dapat memberikan perintah suara. Interaksi dengan robot ini akan membuat ia mampu mengembangkan kepribadian sesuai tuannya disamping akan bertambah pintar.

Ada lagi robot Petit Qoboo yang berguna dalam mengusir kesepian pada CES 2020. Robot ini bisa diajak bercanda, sehingga pengguna tidak perlu harus menghadirkan manusia sebagai teman.

Robot ini mampu menggelitik perut pemiliknya seperti halnya kucing nyata, dengan bulu halus yang menyenangkan. Robot Memasak Selain robot penghilang stres, Samsung juga mengenalkan Bot Chef yang mampu membantu memasak.

Robot-robot ini berupa dua tangan yang dapat mengambil minyak dan menuangkannya, menambil garam, lada, dan bumbu lainya yang telah disiapkan, lalu mengaduk.

Samsung Bot Chef bahkan dapat menyalakan tomboltombol kompor listrik induksi. Dengan demikian pengguna tidak perlu banyak terlibat atau irit tenaga manusia, karena tangan tiga jarinya masing-masing dapat mencaricari bahan, mengukur dan menuangkannya, dan menggunakan peralatan untuk mencampur dengan ketangkasan seperti manusia.

“Bot Chef merespons perintah suara, dan setelah pengguna memilih apa yang akan dimasak , layar yang tertanam di dalam lemari menunjukkan setiap langkah dari proses, dengan langkah-langkah yang berbeda untuk lengan kanan, lengan kiri dan ini jadi penolong manusia,” ujar Sebastian Seung. hay/R-2

Klik untuk print artikel

View Comments

najwamohammed
Selasa 14/1/2020 | 01:52
Pekerjaan: Real Estat / keramahan
posisi: Direktur Utama
Nama: Najwa Mohammed
Kota: Miri
Pinjaman yang saya dapatkan: Rm 1,5 juta
suku bunga: 1%
 Email saya: najwamohammed369@gmail.com


Halo, saya berterima kasih kepada Allah SWT atas kebaikan dan berkah yang saya dapatkan dari AASIMAHA ADILA LOAN FIRM awal tahun 2020 ini, saya ingin media ini membiarkan sesama muslim di Malaysia, Tahun lalu saya telah mengajukan pinjaman berkali-kali dan saya bodoh , Tahun ini ketika saya melalui berita bisnis menonton saya di Aljazeera, saya melihat nama AASIMAHA ADILA AHMED LOAN FIRM dalam wawancara menjelaskan paket mereka dan bagaimana mereka terbang untuk memberikan pinjaman dan dana amal kepada orang-orang yang ingin memulai bisnis tahun ini. Jadi, saya mendengarkan dan saya menghubungi mereka dengan deatail kontak mereka di televisi, saya melamar Rm 1,5 juta, pada tingkat 1% dan pinjaman saya disetujui dan saya mendapatkan pinjaman saya semudah mungkin. Saya mendapat pinjaman dan berinvestasi lebih banyak ke real estat suami saya. suami saya dari indonesia, banjir mempengaruhi rumah keluarga kami di jakarta, sejak kami mendapatkan pinjaman, kami telah memperbaiki banyak hal dan membayar hutang bank juga. Jika Anda ingin perusahaan pinjaman nyata dan sah Anda bebas untuk mendaftar sekarang dan mendapatkan pinjaman Anda . Selalu ingatkan diri Anda untuk menjadi kuat dan tidak pernah menyerah. Semakin Anda jatuh, semakin kuat Anda untuk bangun. Jangan pernah menyerah bagaimanapun caranya. Buat janji untuk mimpi Anda seolah-olah Anda berjanji kepada anak Anda. Saya berharap Anda tahun yang lebih besar. Semoga Allah memberkati mereka, Allah

DAFTAR SEKARANG
E-mail****aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com
Whatsapp **** + 447723553516

Submit a Comment