Koran Jakarta | April 22 2018
No Comments
Habbatus Sauda

Rempah Hitam yang Sarat Manfaat

Rempah Hitam yang Sarat Manfaat

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Kalonji atau biji Nigella, atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama Habbatus Sauda adalah sejenis rempah yang sering kali digunakan untuk menambahkan aroma pada suatu hidangan.

Di India, Habbatus Sauda yang kering dan dibakar digunakan untuk menam­bahkan rasa pada kari, dar, tumis sayur-sayuran, dan bahkan pada makanan yang pedas seperti samosa, papdis, dan kachoriamong.

Namun siapa sangka, dari rasa dan aroma yang dikeluarkan dari biji kecil berwarna hitam ini ternyata mengan­dung segudang manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Habbatus Sauda mengandung ba­nyak vitamin, asam amino, serat, pro­tein, zat besi, sodium, potassium, hing­ga kalsium. Tanaman yang termasuk kategori biji-bijian ini dapat menjaga jantung agar tetap sehat, mengatasi permasalahan pada pernafasan, dan diketahui pula mengandung zat anti karsigonen. Di mana zat karsinogen disebut sebagai salah satu zat pemicu kanker. Dengan ukurannya yang kecil, ternyata Habbatus Sauda memiliki manfaat yang sangat melimpah. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Memerangi jerawat

Seorang filosof seperti Hippocrates dan Pliny the Elder mempelajari tentang habbatus sauda dan percaya bahwa biji-bijian ini dapat mengatasi permasalahan pada kulit. Mulai dari reaksi alergi hingga pada kulit gigitan ular. Minyak dari habbatus sauda juga disebut dapat melawan bakteri yang membuat jerawat membandel di wajah.

Meskipun mengandung asam lemak yang dapat menye­babkan jerawat, tetapi habbatus sauda juga memiliki kandungan anti bakteri yang akan menyeimbangkan efek negatif dari minyak yang berada di wajah.

Habbatus sauda mengandung lebih dari 100 senyawa yang memiliki dam­pak positif terhadapt kulit, baik lang­sung maupun tidak. Seperti thymoqui­none yang memiliki fungsi sebagai anti peradangan. Sehingga ketika jerawat sedang meradang, dapat mengaplikasi­kan minyak dari bebijian ini dan dapat mengurangi rasa perih akibat pera­dangan tersebut.

Dalam penelitian yang diterbitkan pada 2007 menunjukkan bahwa minyak habbatus sauda efektif memerangi bak­teri setara dengan fungsi antibiotik.

Air perasan jeruk nipis dan minyak habbatus sauda jika dikombinasikan dapat mengatasi banyak permasalah­an di wajah, khususnya wajah ber­jerawat. Aplikasikan setengah sendok teh minyak habbatus sauda dan satu cangkir air perasan jeruk lemon di wajah dua kali sehari. Dalam hitungan hari, noda hitam dan jerawat di wajah akan memudar dan menghilang. Selain itu, minyak habbatus sauda juga dapat digunakan pada kulit kaki yang pecah-pecah akibat terlalu lama menggunakan sepatu bertumit tinggi.

  1. Menyeimbangkan kadar gula dalam darah

Ini merupakan salah satu manfaat habbatus sauda yang paling terkenal, yaitu menyeimbangkan kadar gula di dalam darah khususnya untuk pen­derita diabetes. Ekstrak dari Habbatus sauda membantu menghalangi penye­rapan glukosa di usus dan meningkat­kan toleransi glukosa.

Penelitian di Bangladesh mengung­kapkan bahwa ekstrak dari Habbatus sauda juga dapat mengurangi kerusak­an sel beta pada pankreas yang memi­liki fungsi untuk memproduksi insulin dalam tubuh. Sehingga dapat menu­runkan risiko terkena diabetes tipe satu.

Pada penelitian yang dilakukan April 2011 juga mengungkapkan thymoqui­none yang ada pada Habbatus sauda dapat mencegah perkembangan dari diabetes tipe satu dan meningkatkan sensitivitas insulin di ginjal. Akibatnya dapat mencegah tubuh untuk terserang diabetes tipe dua.

Tak hanya itu saja, habbatus sauda juga memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi pankreas dari dam­pak radikal bebas. Campurkan setengah sendok teh minyak hab­batus sauda pada teh hi­tam setiap pag­inya dan akan terlihat efeknya dalam beberapa minggu.

  1. Menurunkan berat badan

Menurut penelitian yang di­lakukan oleh Phuong Mai Le, penulis dari Journal of Ethnopharmacology, habbatus sauda memiliki sedikit efek anoreksi, yang artinya dapat menahan keinginan seseorang unutk makan.

Salah satu kandungan utama dari habbatus sauda adalah thymoquinone yang memiliki anti oksidan menurut Bharat B. Aggarwal dan Ajaikumar B. Kunnumakkara, penulis buku dari Molecular Targets dan Thera­peutic Uses of Spices sehingga dapat menurunkan gula darah dan mengurangi berat badan sese­orang.

“Jadi ada teori mengenai menyeim­bangkan gula darah, maka dapat mem­bantu Anda untuk mengurangi berat badan dan meningkatkan kesehatan Anda,” tulis MayoClinic.

Menjaga gula darah di tubuh agar tetap seimbang disebut pula sebagai sa­lah satu langkah untuk mengontrol pola makan dengan mengurangi konsumsi karbohidrat. Caranya adalah dengan mencampur air hangat, madu, lemon dan sejumput habbatus sauda dan kon­sumsi secara rutin.

Sejumlah praktisi kesehatan me­ngonsumsi ini dapat membantu me­ngurangi beberapa kilo meskipun tidak dalam waktu yang singkat. gma/R-1

Produk Perawatan Kulit

Tidak ingin ketinggalan manfaat dari Habbatus sauda yang melimpah, Safi sebuah brand skincare asal Malaysia menapakkan kakinya di Indonesia beberapa waktu silam. Safi merupakan salah satu skin­care yang mengusung konsep halal dan alami dengan penggunaan Habbatus sauda yang ada dalam produknya.

Seperti yang sudah diketahui, halal saat ini sudah menjadi gaya hidup masyarakat khususnya muslim di Indonesia. Maka dari itu, Safi pun tidak ingin ketinggalan untuk menyuarakan manfaat dari tanaman yang dikenal juga dengan nama Nigella Saliva.

“Berdasarkan dua tahun penelitian pada konsumen Indonesia, maka kami melakukan beberapa penyesuaian untuk produk ini di Indonesia. Kami berharap Safi bisa menjadi pilihan produk perawatan kulit halal yang disukai,” tutur Kumar Chander, Wipro Unza Regional Managing Director, beberapa waktu lalu.

Rangkaian produk Safi dibuat di Safi Re­search Institute dengan mengkombinasikan kekuatan dari Habbatus sauda yang merupa­kan salah satu bahan alami yang terkenal da­lam Islam dengan teknologi modern Oxywhite untuk menghasilkan kulit yang cerah alami.

“Safi percaya bahwa seorang wanita harus dapat menemukan kecantikan diri yang sebe­narnya dalam perawatan kulit terbaik modern dengan mempertahankan nilai-nilai tradi­sional,” ujar Mahsuri Sulaiman, Safi Global Brand Custodian. gma/R-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment