Koran Jakarta | December 19 2018
No Comments

Rashida Tlaib Jadi Perempuan Muslim Pertama di Kongres AS

Rashida Tlaib Jadi Perempuan Muslim Pertama di Kongres AS

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

NEW YORK – Seorang perempuan yang juga anak dari keluarga imigran asal Palestina, Rashida Tlaib, membuat kejutan pada Rabu (8/8) setelah ia berhasil jadi perempuan Muslim pertama yang akan duduk di Kongres Amerika Serikat (AS). Keberhasilan yang diraih Rashida, 42 tahun, terjadi setelah ia memenangkan pemilihan pendahuluan di wilayah Detroit, mewakili Partai Demokrat.

“Terima kasih banyak karena telah membuat momen tak dibayangkan ini terwujud. Saya tak bisa berkata-kata,” kata Rashida lewat media sosial Twitter. “Saya sudah tak sabar lagi untuk melayani Anda di Kongres,” imbuh dia.

Dalam pemilihan pendahuluan, Rashida mengalahkan lima kandidat lain dari Partai Demokrat. Tak ada calon dari Partai Republik yang ikut serta dalam pemilihan pendahuluan di Detroit. Kondisi ini akan membuat Rashida otomatis bisa langsung menduduki kursi Kongres usai digelar pemilu untuk memilih anggota legislatif AS pada November mendatang.

Selang 12 tahun sebelumnya, AS juga memiliki anggota Kongres pria Muslim pertama yaitu Keith Ellison yang mewakili Minnesota. Sementara anggota legislatif asal Indiana, Andre Carson, yang terpilih sejak 2008, saat ini menjadi satu-satunya muslim di Kongres AS. 

 

AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment