Koran Jakarta | May 28 2018
No Comments

Pro dan Kontra Bekerja di Perusahaan Startup

Pro dan Kontra Bekerja di Perusahaan Startup
A   A   A   Pengaturan Font

Pertanyaan:

Bu Rossa, saya ingin coba melamar kerja di perusahaan startup. Mohon advisnya Bu.

Dody, Tangerang

Jawaban:

Akan selalu ada pro dan kontra untuk setiap pilihan. Jika saat ini kamu sedang memikirkan untuk bekerja di perusahaan startup, ada baiknya untuk mempertimbangkan hal-hal berikut sebelum mengirimkan resume. Bekerja di perusahaan startup sangat menarik tapi apakah lingkungan dan kulturnya cocok untukmu?

PRO

#1 Terbuka

Perusahaan startup biasanya beroperasi dengan struktur manajemen yang terbuka dan datar, menghilangkan birokrasi dalam perusahaan yang membuat perusahaan menjadi lebih efisien dan pruduktif, hubungan kerja yang lebih baik, kerjasama yang lebih sehat, rasa memiliki perusahaan yang lebih kuat dan persahabatan yang lebih erat antara sesama rekan kerja.

#2 Fleksibel

Perusahaan startup biasanya menawarkan waktu kerja yang fleksibel dan peluang kerja jarak jauh bagi karyawannya sehingga meningkatkan kemandirian dan memungkinkan mereka bekerja dari mana saja. Ini yang menjadi kunci kreatifitas dan inovasi perusahaan.

#3 Dinamis

Prinsip terbuka dan fleksibel membuat perusahaan startup lebih dinamis dan aktif dalam beradaptasi terhadap perubahan. Saat perusahaan konfensional lebih pasif dalam menanggapi perubahan pasar, perusahaan startup lebih aktif untuk membuat perubahan. Mereka tidak mau menunggu sampai tersisihkan.

#4 Kendali Penuh/Mandiri

Hampir semua perusahaan startup memberi wewenang kapada karyawannya untuk mengambil keputusan sendiri. Hal ini menanamkan akuntabilitas karyawan agar mereka belajar dan tumbuh melalui pengalaman. Mereka yang terlibat langsung dalam pengoperasian perusahaan adalah yang paling banyak belajar pada lingkungan ini.

#5 Kreatif

Gabungan dari semua hal di atas menghasilkan lingkungan yang kreatif dan inovatif. Saat seseorang terus didorong dan dibiarkan untuk bergelut dengan banyak kemungkinan, dia tidak takut melakukan perbedaan bahkan dapat menciptakan inovasi baru.

KONTRA

#1 Perubahan yang Cepat

Perubahan biasa terjadi begitu cepat pada perusahaan startup dan perubahan yang terlalu sering bisa menyebabkan kebingungan. Kebingungan bisa terjadi pada karyawan perusahaan dan juga pelanggan. Saat kamu sudah bingung dengan apa yang ingin dikerjakan perusahaan maka biasanya juga akan bingung dengan pekerjaanmu sendiri.

#2 Keuangan yang Tidak Stabil

Hampir semua perusahaan startup berjuang untuk menghasilkan keuntungan pada beberapa tahun awal, artinya keuangannya belum stabil. Menjaga pendanaan itu cukup sulit, tapi saat perusahaan gagal mempertahankan penghasilan pada kurun waktu tertentu, para investor akan kehilangan kepercayaan dan berhenti memberi dana. Kamu pasti tidak mau bekerja pada perusahaan yang tidak bisa membayar karyawannya.

#3 Rasa Memiliki

Karyawan yang berhasil di perusahaan startup adalah mereka yang mempunyai rasa memiliki terhadap pekerjaannya, terlebih yang sangat mereka minati. Pastikan bahwa kamu menerima pekerjaan bukan hanya karena gaji bulanan, karena kebanyakan yang berhasil di perusahaan startup adalah mereka yang mau dan mengutamakan untuk belajar.

#4 Harus Belajar Dengan Cepat

Seringkali cara terbaik untuk belajar adalah dengan cara dipaksa. Orang-orang yang santai tidak akan cocok dengan perusahaan startup. Setelah mereka berhasil di perusahaan startup biasanya memulai bisnisnya sendiri.

#5 Struktur Perusahaan

Struktur manajemen yang terbuka dan datar akan sangat dinikmati oleh mereka yang menyukai otonomi tapi jadi meragukan jika kamu tidak biasa bekerja sendiri atau kurang percaya diri. Skenario mana yang lebih menarik untukmu: diperintah untuk melakukan sesuatu atau bebas untuk mengerjakan sesuatu yang menurutmu itu yang terbaik? Jika kamu pilih yang pertama, kemungkinannya kamu tidak cocok bekerja di perusahaan startup.

Antara PRO dan KONTRA, mana yang kamu pilih lebih banyak? Tidak ada benar atau salah disini. Yang ada hanya menemukan lingkungan kerja yang sesuai dengan nilai dan kepribadianmu.

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment