Koran Jakarta | August 18 2018
No Comments

Polandia Atasi Lithuania

Polandia Atasi Lithuania

Foto : AFP/JANEK SKARZYNSKI
A   A   A   Pengaturan Font

Kemenangan di uji coba terakhir membuat Polandia optimistis menatap persaingan di Russia 2018.

WARSAWA – Dua gol dari kapten Robert Lewandowski diikuti oleh gol dari Dawid Kownacki dan Jakub Blaszczykowski memastikan kemenangan Polandia 4-0 atas Lithuania. Laga yang berlangsung di Warsawa Rabu (13/6) dini hari WIB itu menjadi pertandingan pra-Piala Dunia terakhir bagi Polandia.

Polandia memimpin setelah laga berlangsung 19 menit ketika striker Bayern Munich Lewandowski, yang mempersiapkan penampilan pertamanya di Piala Dunia, mencetak gol dengan serangan tepat.

Pemain berusia 29 tahun itu menggandakan jumlah golnya setelah laga berlangsung setengah jam lewat tendangan bebas, menyusul pelanggaran terhadap rekan setimnya Arkadiusz Milik. Gol Lewandowski memantul dari mistar dan melambung keluar dari gawang tetapi wasit diberitahu oleh teknologi garis gawang bahwa bola telah melewati batas.

Pelatih Polandia Adam Nawalka memberi pemain andalannya waktu istirahat usai babak pertama. Tapi tim terus mencetak gol dalam ketidakhadirannya. Pemain Sampdoria Kownacki mencetak gol setelah bekerjasama dengan Bartosz Bereszynski pada menit ke-71. Blaszczykowski menjaringkan bola sepuluh menit kemudian.

Lewandoski mengaku sangat optimistis timnya bisa melangkah jauh di Piala Dunia ini. Menurutnya, saat ini dia dalam kondisi terbaiknya, berbeda dengan saat membela Polandia di Piala Eropa Prancis lalu.

“Saya tak bugar di Prancis. Saya yakin akan berlatih lebih baik sekarang dan akan fit serta dinamis pada saat yang tepat,” kata Lewandowski. “Saya telah memulai persiapan untuk Piala Dunia lebih awal,” sambung Lewandowski.

“Tak masalah jika kami mempunya tim lebih baik dibanding dua tahun lalu di Euro. Kami akan bermain melawan rival yang lebih baik, sehingga harus siap dengan masalah dan keluar dari situasi serius,” tegasnya.

Polandia memulai babak penyisihan Grup H Piala Dunia di Moskow melawan Senegal pada 19 Juni, sebelum menghadapi Kolombia dan Jepang.

Sementara itu bek Monaco Kamil Glik akan kehilangan dua pertandingan Polandia karena baru saja pulih dari cedera bahu. Pemain berusia 30 tahun tidak akan tersedia untuk pertandingan melawan Senegal dan Kolombia lima hari kemudian. Namun dia akan bermain untuk menghadapi Jepang dalam pertandingan terakhir Grup H Polandia di Volgograd pada 28 Juni.

“Setelah serangkaian tes, saya memutuskan bahwa Kamil Glik akan pergi ke Piala Dunia di Russia,” ujar dokter tim Polandia Jacek Jaroszewski. “Dia akan tersedia untuk bermain pada laga ketiga, itu empat minggu setelah cedera yang dialaminya,” sambungnya.

Pekan lalu, Federasi Sepak Bola Polandia telah menyatakan tidak ada kesempatan bagi Glik pulih tepat waktu untuk mengambil bagian di Piala Dunia.

Jepang Menang

Dalam pertandingan uji coba lainnya, Jepang mengakhiri pemanasan Piala Dunia mereka dengan kemenangan 4-2 atas Paraguay di Austria, Rabu dini hari WIB.

Tim asuhan Akira Nishino hanya mampu melepaskan tiga tembakan di Stadion Tivoli-Neu di Innsbruck, namun mampu menyelesaikan pertandingan dengan empat gol, berkat sepasang gol Takashi Inui, gol bunuh diri pemain Paraguay Federico Santander, dan gol Shinji Kagawa menjelang laga usai.

Hasil ini memastikan akhir yang indah bagi persiapan Jepang untuk Piala Dunia di Russia, menyusul kekalahan 0-2 dari Swiss dan Ghana.

ben/AFP/S-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment