Koran Jakarta | September 16 2019
No Comments
Infrastruktur Pariwisata

Perluasan Terminal Bandara Labuan Bajo Dipercepat

Perluasan Terminal Bandara Labuan Bajo Dipercepat

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

MANGGARAI BARAT – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana mempercepat perluasan terminal Bandara Komodo di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT). Perluasan itu bertujuan untuk menarik lebih banyak turis yang berkunjung di kawasan wisata Labuan Bajo.

“Terminal akan kita besarkan, runway akan kita perpanjang, maksimal tahun depan sudah rampung semuanya,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan saat mengunjungi Proyek Penataan Kawasan Puncak Waringin, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Rabu (10/7).

Selanjutnya, imbuh Presiden, pengelolaan kawasan tersebut, terutama pihak yang mengelola bandara, akan dilelangkan. Pemerintah ingin pihak yang mengelola bandara itu memiliki jaringan pariwisata internasional, sehingga yang berkunjung ke kawasan wisata itu memang turis mancanegara yang diharapkan akan meningkatkan penerimaan devisa.

“Segmentasi yang mau kita ambil di sini berbeda, dengan Manado beda, segmentasi di sini adalah segmentasi yang premium,” jelas Jokowi. Oleh sebab itu, Kepala Negara menilai penataan kawasan di Labuan Bajo tersebut penting sekali.

“Akan kita buat trotoar di sini (kawasan Puncak Waringin), tahun ini mulai nanti sampai ke ujung sana, sehingga turis dapat berjalan ke sini sambil menikmati pemandangan yang ada di depan sana,” ujar Jokowi.

Selain itu, yang berkaitan dengan kekurangan pasokan air juga akan dikerjakan pemerintah. Bahkan, kawasan milik pemda juga akan dirapikan sebagai pusat handicraft di Labuan Bajo. “Ini total memang penataannya,” tukas Presiden.

Sementara itu, Presiden menambahkan pelabuhan untuk kontainer akan dipindahkan ke tempat lain, sehingga Pelabuhan Labuan Bajo bisa fokus hanya untuk penumpang, pinisi, yacht, dan cruise. Mengenai fasilitas jalan, imbuh Jokowi, juga akan diperlebar.

Menurut dia, Menteri PUPR sudah melihat semua, lokasi mana yang bisa dilebarkan. Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi wisata favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Labuan Bajo merupakan pintu gerbang menuju Pulau Komodo dan Pulau Rinca. 

 

fdl/WP

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment