Koran Jakarta | September 16 2019
No Comments
Implementasi Pancasila

Perkuat Persatuan lewat Karya Seni

Perkuat Persatuan lewat Karya Seni

Foto : ISTIMEWA
Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Hadi Prabowo
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Melalui kegiatan festival gapura cinta negeri dihaharapkan akan tumbuh rasa bangga terhadap budaya Indonesia sekaligus menumbuhkan semangat gotong royong. Melalui foto-foto gapura yang dikirim masyarakat akan muncul inovasi dan kreativitas sekaligus mempererat rasa persatuan di antara warga bangsa.

“Kami berharap lewat festival ini, bisa menumbuhkan kembali nilai gotong royong antarwarga sekaligus mempererat tali persaudaraan. Tujuan besar dari festival ini menjaga persatuan dan kesatuan NKRI melalui karya seni,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Hadi Prabowo, saat mengukuhkan para kurator festival ini, di Jakarta, Rabu (7/8).

Sebanyak 80 kurator festival gapura cinta negeri dikukuhkan Hadi yang juga ketua festival. Untuk para pemenang, panitia menyediakan piala, piagam, dan hadiah uang dengan total hadiah 1 miliar rupiah. Peserta bisa mengirimkan foto gapura yang diikutkan dalam festival ke situs www.gapuracintanegeri.com.

Latar belakang para kurator ini berasal dari berbagai universitas di Tanah Air. Mereka, tambah Hadi, akan mengkurasi foto gapura yang dikirimkan peserta dari tanggal 7–31 Agustus 2019. Ada 10 piala dan piagam untuk 10 pemenang gapura kategori umum dengan hadiah uang 50 juta rupiah per pemenang.

Ada satu Piala Presiden Bergilir dan piagam untuk gapura terbaik kategori masyarakat umum dan hadiah uang senilai 250 juta rupiah per pemenang. Menurut Hadi, ada tiga piala dan piagam untuk tiga pemenang gapura kategori lembaga, instansi, perusahaan atau organisasi dan hadiah uang senilai 50 juta rupiah per pemenang. Satu piala dan piagam untuk gapura favorit dengan hadiah uang 100 juta rupiah.

Jalankan Tugas

Hadi berpesan agar para kurator bisa menjalankan tugas sebaik mungkin. Mereka akan bertugas mengkurasi atau menolak foto-foto atau unggahan yang terkait dengan festival ini. Selanjutnya para kurator akan menyeleksi foto-foto tersebut menjadi 60 nominator, untuk dilaporkan kepada koordinator bidang penilaian dan penjurian. Nominator ini akan dinilai dewan juri.

Menurut Hadi, ada dua kategori dari 60 foto yang nanti diterapkan sebagai nominator. Dua kategori ini yakni kategori umum dan khusus. Para kurator akan memilih 50 nominator kategori umum dan 10 nominator kategori khusus. Untuk kategori umum pesertanya berasal dari RW se-Indonesia, sedangkan kategori khusus peserta berasal dari perguruan tinggi, dunia usaha, dan lembaga, baik instansi maupun komunitas. ags/N-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment