Koran Jakarta | April 21 2019
No Comments
Smarthome

Perangkat Keamanan untuk Kenyamanan

Perangkat Keamanan untuk Kenyamanan

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Hidup di era digital membuat segalanya lebih mudah, tak terkecuali pada kemajuan teknologi smarthome (rumah pintar) yang diketahui belakangan juga makin menunjukkan kecanggihannya.

Memiliki hunian nyaman, indah dan aman merupa­kan harapan semua orang. Banyak upaya yang dilaku­kan seseorang untuk memaksimalkan huniannya tersebut, mulai dari dekorasi hingga memasangkan perangkat ke­amanan rumahan, seperti penggunaan CCTV, detektor alarm sampai sensor gas serta sistem pengamanan berba­sis finger print (pindai jari), semua dilakukan demi menunjang impian rumah idaman tersebut.

Menariknya, hunian indah dan nya­man baik dari segi konsep atau lokasi tidak lagi menjadi perhatian utama. Se­karang masyarakat memiliki kesadaran penuh untuk menyematkan rumahnya dengan teknologi pintar, khususnya pada sisi keamanan.

Andora Michi, COO Newport, se­buah perusahaan berbasis Internet of Things(IoT) dan juga produsen pro­duk smarthome ini menjelaskan bahwa masyarakat Indonesia sudah sangat modern, dan selalu membutuhkan kepraktisan dalam hidup.

“Kami melihat memang kecend­erungannya seperti itu. Bahkan kami melalui produk smart technology seper­ti Newport One Smart Lock yang kami miliki selalu mendapat respon positif dari konsumen. Kami berharap untuk bisa terus menemani aktivitas kesehari­an dari masyarakat modern yang sibuk ini,” jelas Andora disela peluncuran Newport One Smart Lock, di Jakarta belum lama ini.

Newport One Smart Lock merupa­kan perangkat pengganti kunci pintu konvensional, yang dapat bekerja dan memantau secara daring melalui apli­kasi bebas unduh di ponsel pintar.

Keunggulan dari teknologi kunci digital ini dapat menunjang keamanan lebih tinggi jika dibanding kunci tradi­sional, karena akses buka tutup pintu dilakukan dengan cara mendekat ke pintu lalu tap ke smartphone.

Yang menarik dalam fitur yang dimi­liki Newport One Smart Lock adanya berbagi akses kunci pada orang-orang terdekat atau tepercaya, seperti keluarga atau kerabat. “Tapi sebelumnya si pene­rima kunci harus teregistrasi dahulu, dan aksesnya juga melalui aplikasi Newport One Smart Lock. Kemudian, ada juga fitur berbagi akses kunci yang sifatnya sementara, jadi Anda bisa mengatur izin keluar masuk orang ke rumah berdasar­kan kepentingannya,” jelas Andora.

Selain itu akses membuka pintu juga bisa melalui pin persis seperti kunci password yang ada smartphone. “Un­tuk metode ini disarankan agar tidak memberi pin akses pintu rumah Anda kepada orang lain,” lanjutnya.

Kunci pintar digital ini ditenagai baterai AA sebanyak 4 buah. Alasan penggunaan baterai tradisional, karena kemudahan mencari baterai sejenis di pasaran. “Kami juga menyediakan kunci fisik dalam setiap pembelian,” tandasnya. ima/R-1

Proyektor Varian Baru

Sementara itu, LG Electronics Indone­sia kembali memperkenalkan varian terbaru dari jajaran CineBeam yakni seri PH30JG dan seri PF50KG. Kedua proyek­tor portable ini memiliki segmen pasar yang sama yakni profesional muda.

“Sekarang zamannya proyektor portable. Kedua produk ini cocok digunakan profesio­nal muda dari kalangan milenial karena bisa membantu mempermudah pekerjaan mereka. Misalnya, ketika ingin presentasi di depan klien, tak perlu bertemu di kantor. Bisa presentasi di kafe karena proyektor ini bobotnya sangat ringan dan mu­dah dibawa,” jelas Ferdiansyah, Projector Product Marketing LG Electronics Indonesia, di Jakarta, belum lama ini.

Tak hanya menunjang ak­tivitas bekerja, seri PH30JG ataupun seri PF50KG bisa juga dimanfaatkan untuk kebutuh­an entertainment. Seri PH30JG dan seri PF50KG mengguna­kan port USB tipe A dan tipe C, plus port HDMI.

Kedua produk ini juga memi­liki fitur Miracast, Screen Share, dan Bluetooth Sound Out untuk mempermudah pengguna memu­tar konten favoritnya secara nirkabel. “Ukuran layar yang bisa diproyeksikan oleh seri PH30JG dan seri PF50KG men­capai 100 inch,” kata Ferdiansyah.

Meski begitu, Ferdiansyah menambahkan seri PH30JG dan seri PF50KG tetap memiliki perbedaan dalam spesifikasinya. Misalnya, seri PH30JG baru bisa memutar konten ber­kualitas HD, sedangkan seri PF50KG mampu menampilkan konten berkualitas Full HD. Hal lain yang membedakan adalah daya tahan baterai, di mana baterai seri PH30JG mampu bertahan hingga empat jam, sedangkan bate­rai seri PF50KG bisa bertahan selama 2,5 jam.

“Seri PH30JG ini memiliki tingkat kecera­han hingga 250 lumen. Sedangkan tingkat kecerahan seri PF50KG mencapai 600 lumen. Saat ini seri PH30JG sudah dipasarkan, se­dangkan seri PF50KG baru mulai dipasar­kan Oktober 2018. Untuk harga sendiri, seri PH30JG berbanderol sekitar 6,5 juta rupiah, sedangkan seri PF50KG dibanderol sekitar 11 juta rupiah,” tuturnya.

Ke depan LG Electronics Indonesia juga se­dang dalam proses menghadirkan CineBeam HU80KG, proyektor yang mampu memutar konten 4K dan mendukung HDR10. Ren­cananya, seri ini akan diperkenalkan pada November 2018 dengan banderol sekitar 60 juta rupiah. ima/R-1

Teknologi Canggih Lainnya

 

Tidak hanya kunci digital, sebe­narnya banyak sekali perangkat teknologi smarthome yang sudah bisa Anda dapatkan di pasaran, berikut beberapa rekomendasinya.

  1. Cloud Camera NC450 TPLink

Cloud Camera NC450 adalah sebuah IP Kamera yang bisa dikendalikan lewat smartphone dan mampu merekam video di resolusi HD 720p dengan sudut pandang 3600.

Kamera keamanan ini juga didu­kung fitur night vision untuk pereka­man video pada kondisi gelap, dan memiliki sensor yang mampu mende­teksi gerakan atau suara tertentu yang notifikasinya akan dikirimkan ke email pengguna.

  1. Dyson Pure Cool Link

Perangkat ini merupakan pem­bersih udara yang telah didukung dengan teknologi filter 360° Glass HEPA yang canggih. Filter ini mam­pu menyaring 99,95 persen alergen halus, bau serta polutan sekecil 0,1 mikron dari udara dan menjaga agar polutan tersebut tetap tersimpan di dalamnya.

Perangkat pintar ini juga bisa dikontrol dari jarak jauh dengan menggunakan smartphone melalui aplikasi.

  1. Logitech Pop Home Switch

Nah, perangkat pintar satu ini merupakan terminal kendali seluruh perangkat pintar di rumah Anda yang sudah memiliki aplikasi pendamping agar bisa dikendalikan dari jarak jauh. Logitech Pop Home Switch dipastikan sudah dapat disinkronkan dan men­dukung sederetan perangkat rumah tangga pintar yang sudah tersedia di pasaran saat ini.

Mulai dari pendingin ruangan, lampu, Smart TV, Sound Bar, hing­ga perangkat audio portabel seperti Sonos.

  1. Lampu pintar Xiaomi

Xiaomi Yeelight LED Smart Bulb adalah lampu LED pintar yang bisa dikendalikan dari jarak jauh melalui smartphone. Anda dapat mengubah tingkat keterangan dan on/off lampu melalui smartphone. Dengan teknologi LED membuat lampu ini sangat hemat energi, hanya mengkonsumsi 8W.  ima/R-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment