Koran Jakarta | June 18 2018
No Comments
Pameran Elektronik

Perangkat Cerdas di Ajang CES 2018

Perangkat Cerdas di Ajang CES 2018

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Consumer Electronics Show yang digelar oleh Consumer Technology Association menjadi ajang pamer teknologi cerdas yang segera meluncur ke pasar Tahun ini. Acara yang berlangsung di Las Vegas AS antara 9-12 Januari 2018, menghadirkan banyak teknologi cerdas, mulai dari kacamata cerdas, televisi 8K, dapur cerdas, keamanan finger print dan sejenisnya.

Perusahaan Vuzix, misalnya, akan memperkenalkan kacamata cerdas AR yang didukung asisten pribadi virtual Amazon, yaitu Alexa. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk bertanya kepada Alexa dan membaca jawaban pada medium di arah pandangan pengguna.

Dengan perintah suara pengguna mendapatkan bermacam informasi seperti harga saham, perolehan skor olahraga, data cuaca dan lainnya. Rencananya kacamata ini akan dipasarkan pada kuartal kedua 2018, dengan penawaran harga sebesar USD 1.000 atau setara 3,3 juta.

Sebagai informasi, selama tahun lalu, Alexa juga telah mendukung sejumlah perangkat non-Amazon termasuk HTC U11, Huawei Mate 9 dan Moto Mod untuk seri Motorola Moto Z. Amazon juga mengumumkan akan segera merilis Alexa Mobile Accessory Kit. Amazon menyebut Alexa sebagai platform terbuka dan telah dipakai HTC U11, Huawei Mate 9, dan Moto Z yang ditujukan untuk membantu pengembang. Dengan platform ini pengembang menghadirkan asisten personal karyanya tersebut ke dalam berbagai perangkat seperti pelacak fitness, smartwatch dan perangkat lainnya.

CES bakal menghadirkan televisi dengan kemampuan 8K alias dua kali lipta lebih lembut dari resolusi 4K, yang bakal mendorong turunnya harga TV 4K. Dengan resolusi yang lebih tinggi konsumen bisa duduk dekat dengan layar yang sangat besar 65 inci atau lebih besar tanpa melihat piksel, sehingga menawarkan pengalaman sinematik di rumah.

“Saya pikir kita mungkin akan melihat di CES pengumuman produk beton pertama sekitar 8K,” kata Paul Gagnon, seorang analis teknologi display dari IHS Markit, seperti dikutip oleh San Diego Union - Tribune Minggu (7/1).

Menurut Techradar, Samsunglah yang akan mengeluarkan Tv V dengan resolusi 8K yaitu Samsung 85-inch Q9S QLED TV. Dengan bentang layar 85 inci, perangkat ini menggunakan algoritmakhusus untuk meningkatkan kualitas konten 4K dan bahkan HD dan kelas atas ke resolusi 7680 x 4320 yang luar biasa.

Sementara LG hanya mengumumkan akan mengenalkan TV dengan kecerdasaran dan prosesor pengolah warna mutahir. Inovasi akan diaplikasikan pada jajaran TV OLED dan Super UHD TV terbarunya, dengan membenamkan tekno-logi ThinQ.

Teknologi ini memungkinkan implementasi ratusan jenis perintah suara baik dengan menggunakan platform milik LG maupun layanan AI pihak ketiga. “Secara berkesinambungan, LG terus meningkatkan pengalaman kenyamanan dan mendukung gaya hidup pengguna TV LG. Ini pula yang kami bawa dalam jajaran TV LG di tahun 2018,” ujar Presiden LG Home Entertainment Company Brian Kwon Kamis 94/1).

Sementara prosesor pengolah warna LG menggunakan prosesor (Alpha) 9 bagi TV OLED untuk meningkatkan kualitas pewarnaan tayangan. Pada LG Super UHD TV dengan Nano Cell, pembaruan diberikan melalui keberadaan Full Array Local Dimming (FALD) pada penca-hayaan latar guna memberikan kedalaman warna hitam.

LG juga akan meluncurkan proyektor 4K pertama yaitu LG HU80K. “Sebuah inovasi yang memberikan gambar resolusi tertinggi namun dalam ukuran kompak yang pernah kami buat,” ujar Kepala divisi bisnis IT LG Chang Ik-hwan, dalam siaran pers, Jumat (5/1).

TV LG dengan ThinQ juga mendukung pengaplikasian konsep rumah pintar. Yakni melalui keterhubungan antar perangkat elektronik seperti AC, penyedot debu dan lainnya yang terkoneksi melalui sambungan WiFi atau Bluetooth. hay/E-6

“Platform” Pintar dari Vendor Korea

Di pameran CES 2018 ini, LG juga mengenalkan dapur pintar dengan menafaatkan kecerdasan buatan. “Pemanfaatan kecerdasan buatan pada berbagai perangkat elektronik akan memangkas berbagai proses di dapur, dari penyiapan makanan hingga pembersihan,” ujar Song Dae-hyun, Presiden Home Appliance & Air Solution Company pada LG Electronics, Senin (8/1).

Dapur pintar hadir dengan kulkas LG InstaView ThinQ, jajaranmicrowave LG EasyClean dan pencuci piring elektrik LG QuadWash. Kulkas LG InstaView ThinQ menjadi titik puncak teknologi pendinginan terkini yang memberi kenyamanan dan efisiensi maksimal. Kecerdasan buatan yang diterapkan LG dalam kulkas ini membuatnya mampu merekomendasikan berbagai resep makanan berdasarkan berbagai bahan makanan yang tersimpan di dalamnya.

“Saat pengguna memilih salah satu resep, kulkas ini secara otomatis akan mengirimkan informasi ini pada oven yang terhubung dengan Alexa yang secara verbal bakal membimbing pengguna langkah demi langkah untuk memasak sesuai resep,” ujar Song.

Lebih menyenangkan lagi, pengguna pun dapat memanfaatkan keterhubungan kulkas dengan berbagai penyedia layanan musik streaming seperti Amazon music dan iHeartRadio untuk menemani sesi memasaknya dengan berbagai lagu favorit.

Tak hanya itu, kulkas LG InstaView ThinQ ini juga menawarkan manajemen penyimpanan berbagai bahan makanan dengan lebih baik melalui keberadaan platform pintar LG webOS dan teknologi perintah suara Alexa. Keberadaan fitur Smart Tag memungkinkan pengguna untuk menambahkan informasi berupa sticker digital untuk pengingat tanggal kadaluarsa bagi masing-masing bahan makanan.

Berbelanja pun dapat dilakukan dengan lebih cerdas. Pasalnya, pengguna dapat memastikan isi kulkas melalui smartphone yang terhubung ke kamera PanoramaView bersudut lebar di dalam kulkas LG InstaView ThinQ.

Sementara oven LG EasyClean pun juga bakal mengirimkan informasi pada pencuci piring elektrik LG QuadWash untuk menetapkan pengaturan siklus pencucian optimal dari berbagai perangkat yang digunakan untuk memasak berdasarkan jenis masakan.

Sebagai contoh, pencuci piring pintar ini akan menetapkan siklus pencucian dengan durasi waktu lebih panjang dan penggunaan air panas untuk bekas masakan berminyak tinggi dibanding masakan kaserol sayuran yang ringan.

Dukungan teknologi QuadWash yang terdiri dari empat lengan semprotan yang dapat bergerak ke berbagai arah memungkinkan pembersihan cepat dan cermat dari semua bentuk dan ukuran. Ditambah lagi, dalam melakukan tugasnya, oven LG EasyClean dan mesin cuci piring LG QuadWash™ ini dapat dimonitor melalui perintah suara dan LG CLOi Hub Bot.

Salah satu inovasi pada ponsel menurut The Verge adalah teknologi keamanan finger print. Jika sebelumnya teknologi ini dilakukan dengan menempelkan jari pada layar belakang maka ke depan cukup menempelkan pada layar depan.

Inovasi oleh Synaptics yaitu perusahaan yang mengembangkan input sentuhan pada laptop dan smartphone, mengumumkan bahwa pihaknya telah memasuki tahap produksi massal untuk fingerprint di layar.

Dengan nama Clear ID, teknologi ini akan disematkan pada Galaxy S atau iPhone. Dengan hanya menyentuh layar depan perangkat mampu mengotentikasi pengguna hanya dengan menyentuh layar, meninggalkan sentuhan jari di belakang, apalagi kemanan pola, dan kata sandi.

Akselerasi 5G

Pada CES 2018 akan dipamerkan dan juga dibahas teknologi 5G. Teknologi ini dipercaya bakal mempercepata teknologi yang selama ini masih menjadi impian seperti mobil otonom, rumah pintar, dan bedah jarak jauh pada bidang kesehatan.

“Dampak 5G adalah terobosan dan akan mempercepat inovasi di semua teknologi yang kami tampilkan di CES, mulai dari rumah dan peralatan cerdas, pesawat tak berawak dan robotika hingga kendaraan penggerak sendiri dan teknologi kota yang cerdas, “kata Presiden dan CEO CTA. Gary Shapiro, seperti dikutip Ces.tech baru-baru ini.

Ia menambahkan CES berada di garis depan untuk menunjukkan bagaimana masa depan konektivitas melampaui industri mobile. Kombinasi berbagai industri dengan industri komunikasi akan menawarkan 5G sebagai katalisator pertumbuhan. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment