Koran Jakarta | June 18 2018
No Comments
PREDIKSI RUPIAH

Pengaruh Sikap “Hawkish” The Fed

Pengaruh Sikap “Hawkish” The Fed

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS diperkirakan melemah, hari ini (26/2), berbalik arah dari akhir pekan lalu. Kuatnya ekspektasi terhadap agresivitas pengetatan moneter di Amerika Serikat (AS) mendorong penguatan dollar terhadap mata uang lain, termasuk rupiah. Dalam laporan kebijakan moneter setengah tahunan Bank sentral AS, Jumat (23/2) pagi, para pembuat kebijakan The Fed menegaskan kembali posisi mereka dalam menaikkan suku bunga secara bertahap.

“The Fed memperkirakan, dengan penyesuaian bertahap lebih lanjut dalam sikap kebijakan moneter, aktivitas ekonomi akan berkembang pada tingkat moderat dan kondisi pasar tenaga kerja akan tetap kuat,” kata laporan tersebut. Para analis mengatakan pernyataan hawkish The Fed baru-baru ini memicu spekulasi pasar bahwa bank sentral akan menaikkan suku bunga sebanyak tiga kali tahun ini.

Indeks dollar AS naik 0,16 persen menjadi 89,874 pada akhir perdagangan. Sementara itu, kurs rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat sore pekan lalu, menguat 12 poin dari sehari sebelumnya menjadi 13.664 rupiah per dollar AS. 

 

Ant/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment