Koran Jakarta | August 18 2018
No Comments

Pengaruh Golongan Darah bagi Kehidupan

Pengaruh Golongan Darah bagi Kehidupan
A   A   A   Pengaturan Font

Judul : You Are Your Blood Type

Penulis : Toshikata Nomi, Alexander Besher

Penerbit : Noura

Tahun : Oktober 2017

ISBN : 978-602-385-375-5

 

Benarkah kepribadian dan perilaku itu hanya kebetulan, suatu bentuk permainan rolet genetik? Banyak buku membahas analisis kepribadian seseorang berdasarkan golongan darah. Golongan O optimis, A perfeksionis, B kreatif, dan AB solutif. Buku ini juga berisi detail golongan darah dari sisi positif dan negatifnya. Kemudian, pengaruhnya dalam urusan asmara, karier, dan keuangan.

Berbeda dengan astrologi yang meramal kehidupan manusia berdasarkan rasi bintang, kepribadian seseorang merupakan kombinasi fisik dan psikologis ditentukan jumlah biokimia tubuh manusia. Masahiko Nomi diteruskan oleh anaknya Toshikata Nomi, peneliti sekaligus pendiri ABO Society, menerapkan pendekatan Mendel pada kacang polong untuk mengkaji manusia beserta keempat golongan darah. Lebih dari 30 tahun penelitian, Nomi menjadi ahli golongan darah terkemuka dunia. Dia menerbitkan 25 buku dan berita bulanan Circle News (Halaman xxi).

Transfusi pertama dicoba pada awal abad ke-17 oleh seorang dokter Inggris bernama William Harvey. Namun, pasiennya dan pasien-pasien dokter-dokter lain yang mencoba teknik tersebut kebanyakan meninggal atau sakitnya bertambah parah. Pada 1900, ahli fisiologi Austria, Karl Landsteiner, menemukan lebih dari satu golongan darah.

Hal ini mendorong penemuan empat golongan darah utama dan memecahkan alasan beberapa transfusi gagal. Memberikan golongan darah yang salah pada pasien akan menyebabkan menggumpalnya sel darah merah dari satu golongan darah oleh plasma golongan darah lain. Landsteiner menerima hadiah nobel karena menemukan sistem ABO ini (Halaman 3).

Orang-orang melacak garis keturunan dan silsilah untuk mengetahui asal-usul. Mereka percaya, tokoh-tokoh penting, berbakat, dan bahkan jahat akan memengaruhi anak-cucu melalui darah (Halaman 121).

Dalam dunia kerja, orang berdarah O punya motivasi tinggi dan tujuan jelas. Maka, pekerjaan paling tepat bagi mereka adalah posisi dengan banyak kesempatan untuk maju di dalam organisasi. Golongan daerah A punya banyak kecakapan, tetapi berpidato tidak termasuk di dalamnya.

Pekerjaan paling sesuai yang membutuhkan konsentrasi detail seperti petugas arsip, detektif, novelis, editor film, akuntan, dan perpustakaan. Tipe B tidak bisa dipaksa. Tidak cocok menjadi bawahan dari seseorang yang suka memberi banyak instruksi. Mereka terobsesi pada isi pekerjaan, sehingga mengabaikan hal lain. Anggota tim kerja dibuat buruk.

Sementara itu AB, menyukai rencana induk dan tujuan yang jelas. Terkait asmara, golongan darah O mudah jatuh cinta. Mereka sering kehilangan akal dan membuat keputusan bodoh. Namun, mereka sanggup menerima konsekuensi dan menanggungnya dalam diam.

Tipe A tidak mudah jatuh cinta. Tapi, ketika merasakannya, mampu berbuat gila terhadap diri sendiri maupun orang lain. Tipe B sering mudah jatuh dan lepas dari cinta, tanpa ada yang menyadari, kecuali mereka sendiri. Tipe AB mempunyai pendekatan yang aneh dan nyaris gila terhadap cinta. Meskipun tampak rasional, dingin, dan mampu mengendalikan diri, mereka menjalani kehidupan fantasi yang liar.

Dengan sedikit pengetahuan golongan darah, pembaca mungkin akan berhenti menyalahkan orang lain, bahkan diri sendiri. Pembaca bisa menganalisis sebuah situasi antara dua orang dan mencari tahu golongan darah mereka untuk meramalkan berbagai kemungkinan yang akan terjadi.


Diresensi Arinhi Nursecha, Alumna SMAN 1 Cikarang Utara, Bekasi

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment