Koran Jakarta | June 20 2018
No Comments

Penderita Katarak Bertambah 250 Ribu Per Tahun

Penderita Katarak Bertambah 250 Ribu Per Tahun

Foto : ISTIMEWA
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, diperkirakan setiap tahun kasus baru buta katarak bertam­bah 0,1 persen dari jumlah penduduk atau kira-kira 250.000 orang per tahun. Dari jumlah itu, sekitar 20 persen pende­rita katarak yang dioperasi di bawah 55 tahun. Penyebab katarak pada usia 40 tahun, biasanya diabetes melitus yang tidak terkontrol, gula darahnya dapat memengaruhi mata.

“Selain diabetes, penyebab lain karena adanya trauma di bola mata bisa memicu katarak usia muda, tetapi jumlah ini masih kecil,” kata Kepala Departemen Mata RSPAD Ga­tot Soebroto, Kolonel Subandono Bambang Indrasto, pada acara operasi katarak gratis untuk 75 penderita yang kurang mampu, di Jakarta, baru-baru ini.

Pelaksanaan operasi katarak gratis dibuka Direktur Pacific Paint, Suryanto Tjokrosantoso, dan Dirut RSPAD, Mayjen TNI Terawan Agus Putranto. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-75 PT Pacific Paint. Operasi yang men­gangkat tema “Mata untuk Warna” dilakukan bekerja sama dengan tim dokter RSPAD Gatot Subroto. fed/N-3

Tags
No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment