Koran Jakarta | May 27 2017
No Comments
Insiden Maut di AS

Penabrakan Kerumunan di Times Square, 1 Orang Tewas

Penabrakan Kerumunan di Times Square, 1 Orang Tewas

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

NEW YORK – Seorang veteran Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) diwartakan telah melakukan penabrakan massa pejalan kaki di lokasi penuh warga di Times Square, Kota New York, pada Kamis (18/5) tengah hari, sehingga menewaskan seorang perempuan berumur 18 tahun serta melukai 22 warga lainnya. Wali Kota New York, Bill de Blasio, menyebut bahwa insiden maut itu bukan sebagai sebuah aksi terorisme.

Para saksi mata menyebut sebuah mobil sedan telah masuk ke pedestrian dan melaju amat kencang sepanjang tiga blok, menabrak banyak orang sebelum mobil itu terhenti saat menabrak tiang yang ada di persimpangan 45th Street dan Broadway, di Midtown Manhattan.

Polisi dengan dibantu pengawal di Resto Planet Hollywood, berhasil meringkus pengendara mobil sedan itu yang kemudian diidentifikasi bernama Richard Rojas, 26 tahun, warga wilayah Bronx, Kota New York. Setelah melakukan aksinya, menurut sejumlah media diberitakan bahwa Rojas berupaya kabur.

“Akibat aksi sadis Rojas, ia didakwa pasal berlapis yaitu pembunuhan pada tingkat kedua, upaya pembunuhan dengan mengunakan kendaraan, serta beberapa pasal percobaan pembunuhan,” kata juru bicara Kepolisian New York.

Berdasarkan jejak rekam kriminalitas, Rojas sebelumnya telah ditahan dua kali karena mengemudi dalam keadaan mabuk pada 2008 dan 2015. Pada bulan ini, menurut keterangan polisi, Rojas juga dituntut karena mengancam orang lain dengan senjata tajam.

Menurut sumber di Departemen Kepolisian New York yang tak ingin jati dirinya dipublikasikan, menyatakan Rojas dalam keadaan mabuk saat melakukan aksi sadisnya walau hasil uji alkohol terhadap Rojas negatif. Media ABC News yang mengutip keterangan seorang polisi menyebut Rojas dalam kondisi mabuk akibat mengkonsumsi ganja sintetik.

Peristiwa Serupa

Peristiwa penabrakan massa di Times Square mengingatkan kita pada aksi serupa dalam beberapa bulan terakhir di Inggris, Prancis, Jerman, Israel, dan Swedia.

Berdasarkan kamera pemantau, sedan yang dikemudikan Rojas menerobos kerumunan massa yang sedang berjalan di pedestrian pada tengah hari. “Orang-orang ditabrak dan dilindas oleh mobil itu,” kata Josh Duboff, seorang warga yang beraktivitas di Times Square yang luput dari maut dalam insiden ini. Berdasarkan keterangan polisi, nama korban tewas bernama Alyssa Elsman, warga Negara Bagian Michigan, yang sedang berlibur bersama keluarganya.

Berdasarkan data yang tercatat di Angkatan Laut, Rojas mulai bergabung dengan Angkatan Bersenjata AS pada September 2011 dan ditempatkan di Illinois dan Florida. Ia ditahan setahun kemudian di pangkalan AL di Jacksonville, Florida, karena telah menyerang seorang pengemudi taksi.

Tercatat pula Rojas pernah mendekam selama dua bulan di penjara militer di Charleston, South Carolina, pada musim panas 2013, namun tak diketahui atas kasus apa. Pada Mei 2014, Rojas meninggalkan AL.

Lokasi Times Square pernah dikosongkan pada Mei 2010 saat sebuah bom mobil gagal meledak. Faisal Shahzad, warga naturalisasi AS yang pernah menjalani pelatihan militer oleh Taliban, kemudian dinyatakan mendalangi aksi ini dan dijatuhi hukuman seumur hidup. Rtr/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment