Koran Jakarta | June 18 2019
No Comments

Pemerintah Pulihkan Pariwisata Banten

Pemerintah Pulihkan Pariwisata Banten

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Pemerintah terus berupaya memulihkan sektor pariwisata di Banten pascabencana tsunami Selat Sunda beberapa waktu lalu. Sejumlah strategi pemulihan siap diimplementasikan meliputi pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan kelembagaan, pemasaran di destinasi tak terdampak, serta destinasi terdampak.

“Pasca tsunami Kemenpar akan memulihkan SDM pariwisata antara lain melalui upaya penyelamatan fisik seperti pembentukan Balawista, sertifikasi, dan trauma healing,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam siaran persnya, Selasa (12/2).

Dalam penyelamatan fisik, dirinya mengapresiasi kinerja Balawista yang menjadi salah satu garda terdepan saat mengevakuasi korban-korban pasca-tsunami Selat Sunda. Sementara itu, untuk memperbaiki kelembagaan, pihaknya akan menerapkan program sertifikasi terkait keahlian pariwisata dan untuk itu Arief menjanjikan sertifikasi kepada 2.000 orang.

Dia juga menyadari trauma yang banyak dialami korban-korban gempa dan tsunami, Arief juga meminta agar jajarannya memberikan sesi khusus trauma healing.  mza/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment