Koran Jakarta | June 18 2018
No Comments

Pembangunan Infrastruktur Desa Turunkan Kemiskinan di Desa

Pembangunan Infrastruktur Desa Turunkan Kemiskinan di Desa

Foto : ISTIMEWA
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Men­des PDTT), Eko Putro Sandjojo.
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA - Pembangunan infrastruktur desa dengan menggunakan Dana Desa yang dikucurkan sejak tiga tahun silam terbukti mampu menurunkan tingkat kemiskinan dan kesenjangan pendapatan masyarakat di perdesaan.

“Pembangunan infrastruktur perdesaan melalui Dana Desa terbukti menurunkan tingkat kemiskinan di desa se­besar 4,5 persen, sedangkan tingkat kesenjangan atau gini ratio di desa saat ini hanya 0,32 persen,” kata Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Men­des PDTT), Eko Putro Sandjojo, di Jakarta, Senin (12/3).

Eko mencatat angka penurunan kemiskinan di desa ter­sebut lebih tinggi dibandingkan di kota saat ini sebesar 4 persen, sedangkan tingkat kesenjangan (gini ratio) di kota saat ini sebesar 0,407. “Hal ini sesuai dengan tujuan utama dari program dana desa, yakni untuk mengurangi tingkat kemiskinan,” katanya.

Berbagai infrastruktur yang dibangun dari Dana Desa di­nilai telah mampu meningkatkan kualitas hidup masyara­kat sekaligus meningkatkan aktivitas ekonomi di desa.

Teknisnya, selama tiga tahun terakhir, dengan Dana Desa dapat dibangun lebih dari 121.000 kilometer jalan desa.

“Dengan Dana Desa juga dapat dibangun 1.960 kilometer jembatan, tambatan perahu, embung, sarana olahraga, iri­gasi, badan usaha milik desa (BUMDes). Desa juga mampu membangun lebih dari 291 ribu unit penahan tanah long­sor,” kata Eko. cit/E-3

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment