Pelaku “Fintech” Berekspansi ke Lampung | Koran Jakarta
Koran Jakarta | September 23 2017
No Comments
Industri Keuangan

Pelaku “Fintech” Berekspansi ke Lampung

Pelaku “Fintech” Berekspansi ke Lampung

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Bandar Lampung– Pelopor layanan pinjaman online mikro di Indonesia, UangTeman, memperkuat penetrasi bisnisnya di Sumatera. Mulai bulan ini, UangTeman resmi menjadi layanan keuangan berbasis teknologi atau financial technology (fintech) yang pertama di Lampung.

“Target kita di Lampung lima persen dari 100 miliar rupiah tahun ini,” ujar Director of Marketing and Communications UangTeman, Donna Arifin, di Kota Bandar Lampung, Jumat (19/5).

Deputy of CEO UangTeman, Rio Quiserto, mengatakan pembukaan akses layanan di Bandar Lampung karena tingginya permintaan masyarakat setempat akan kebutuhan pinjaman uang jangka pendek. Menurut Rio, selama ini rata-rata tiap bulan ada sekitar 1.000 orang dari Bandar Lampung yang mengunjungi situs mereka berdasarkan Google Analytic. Tak hanya itu, Bandar Lampung selama ini menjadi kota terbesar kedua di Sumatera setelah Palembang.

“Kami juga menangkap momentum di Mei banyak masyarakat yang sedang membutuhkan modal usaha demi persiapan kebutuhan rumah tangga untuk menghadapi bulan Ramadhan, apalagi di UangTeman memberikan pinjaman uang online tanpa jaminan,” ujar Rio.

Rio optimistis pembukaan akses layanan di Lampung akan terus mendongkrak pertumbuhan penyaluran pinjaman UangTeman terhadap masyarakat di Indonesia. Selama triwulan I-2017, katanya, penyaluran pinjaman UangTeman mencapai 20 miliar rupiah, tumbuh 100 persen dibandingkan periode sama tahun lalu (yoy).

Dampak Teknologi

Sementara itu, Chief Technology & Product Officer UangTeman, Darmawan Zaini menjelaskan pertumbuhan signifikan dari penyaluran pinjaman uang kepada masyarakat seiring dengan kecepatan teknologi yang dibangun dan dimiliki oleh UangTeman. Dia menyatakan, pada 2017, diharapkan akses masyarakat untuk mengajukan pinjaman di UangTeman akan didominasi aplikasi mobile, baik di Play Store maupun App Store sebesar 60 persen dan sisanya melalui website sebesar 40 persen.

Saat ini, lanjutnya, setelah aplikasi pinjaman calon nasabah masuk di sistem, proses masuknya uang ke rekening tabungan sekitar dua hari kerja. “Tapi tahun ini, UangTeman siap mencairkan pinjaman uang ke rekening tabungan nasabah hanya dalam waktu 15 menit sejak aplikasi masuk,” kata dia.

UangTeman, imbuh Darmawan, tidak saja memberikan pinjaman tanpa jaminan tetapi juga menjadi perusahaan fintech tercepat menyalurkan pinjaman uang secara online. Bahkan, hingga kini sudah ada 6.000 nasabah UangTeman yang tersebar di hampir seluruh wilayah Indonesia.

“Dengan teknologi yang dibangun oleh UangTeman, saya optimistis, kita dapat terus mempertahankan konsistensi dalam memitigasi terhadap risiko kredit macet (non performing loan/NPL) yang selama dua tahun terakhir masih tetap stabil di level sangat baik, yakni di bawah tiga persen,” katanya. ahm/E-10

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment