Koran Jakarta | June 27 2019
No Comments

PC Windows Terhubung dengan Solusi IoT

PC Windows Terhubung dengan Solusi IoT

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Microsoft memaksimalkan Intelligent Edge dan Internet of Things (IoT/perangkat digital serba internet), untuk memberikan layanan dan program baru bagi pengguna.

Perusahaan piranti lunak Microsoft berusaha memaksimalkan Intelligent Edge dan IoT (Internet of Things) bersama para mitra. Komputer Windows terbaru akan dapat terhubung ke perangkat IoT ke komputasi awan, memungkinkan konfigurasi dari jarak jauh melalui dasbor Azure.

Pada ajang Computex 2019 di Taiwan beberapa waktu lalu, Microsoft menawarkan pembaruan terbaru untuk PC Windows. Bersama dengan para mitra termasuk Acer, Asus, Dell, HP, Lenovo dan MSI, Windows ingin memanjakan para kreator dan pecinta game, melalui connected devices dan program IoT.

“Kami terus bekerja sama dengan mitra kami untuk memberikan solusi intelijen yang meningkatkan pengalaman kerja dan kehidupan,” kata Modern Workplace Business Group Lead, Microsoft Indonesia Wahjudi Purnama.

Kali ini Microsoft memaksimalkan Intelligent Edge dan Internet of Things (IoT), untuk memberikan layanan dan program baru yang dapat dimanfaatkan oleh produsen perangkat keras untuk menghubungkan perangkat mereka, termasuk dalam solusi IoT.

IoT Plug and Play adalah bahasa pemodelan terbuka baru untuk menghubungkan perangkat IoT ke komputasi awan dengan sempurna, membantu mitra perangkat untuk menggunakan solusi IoT dalam skala besar.

Cara IoT Plug and Play memberikan kemudahan bagi para mitra untuk memodelkan kemampuan dan data yang berasal dari perangkat IoT mereka dan akan memberikan akses terhadap partner-certified devices yang dapat dengan mudah dibuat untuk bekerja dengan solusi IoT, seringkali tanpa pembaharuan kode.

Dengan Microsoft Azure IoT Device Agent V2 untuk Windows 10 IoT memungkinkan operator mengonfigurasi, memantau dan mengelola perangkat mereka dari jarak jauh melalui dasbor Azure. Layanan ini menyediakan paket open-source siap bangun yang menciptakan dan mengelola identitas Hub Azure IoT pada perangkat, mengelola koneksi komputasi awan dan pembaruannya.

Selain itu, layanan ini juga dilengkapi dengan satu perangkat plug-in yang siap dikirim untuk komponen platform yang umum digunakan dan memanfaatkan Modul Azure IoT sehingga aplikasi UWP terpisah tidak diperlukan untuk terhubung ke Azure IoT Hub.

Azure IoT Central adalah solusi global IoT SaaS (Software-as-a-service) yang dikelola sepenuhnya yang membuat pengguna mudah memantau, dan mengelola aset IoT dalam skala besar. Fitur dasbor khusus yang baru memungkinkan mitra membawa pengalaman merek dan pengguna ke solusi IoT mitra, dan memanfaatkan keamanan, keandalan, konektivitas perangkat, dan tata kelola akun pengguna berbasis peran yang disediakan oleh IoT Central.

Mitra Microsoft, seperti Techsun dan Advantech telah menerapkan solusi IoT yang dibangun di atas platform komputasi awan Microsoft yang komprehensif, tepercaya dan mudah digunakan untuk merangkul transformasi model bisnis dan mempercepat memberi nilai bagi pelanggan.

“Di Microsoft, tujuan kami adalah untuk menyederhanakan IoT - dari komputasi awan ke perangkat berbasis mikrokontroler (MCU) terkecil,” ujar Yos Vincenzo, Cloud dan Enterprise Business Group Lead, Microsoft Indonesia.

Microsoft melakukan ini dengan bertemu mitra dan pelanggan kami di mana mereka, dengan layanan komputasi awan cerdas, perangkat lunak, dan perangkat pengembang yang tepat, dapat menghubungkan perangkat, dan mengelola solusi mereka dalam skala tertentu.

Bersama dengan Acer, Microsoft memberikan solusi bagi para kreator ConceptD 9 dari Acer menampilkan layar UHD IPS Pantone 4K tervalidasi. Warna dalam layar tampil seakurat mungkin, hasil dari 100 persen gamut warna Adobe RGB.

Notebook ini menawarkan ketenangan dan kestabilan dengan AeroBlade 3D Fan generasi ke-4 Acer yang memiliki mekanisme pengurangan kegaduhan (noise) dengan cara menjaga suara pada tingkat kurang dari 40 db —setara dengan tingkat suara perpustakaan— sekaligus menjaga komputasi dan kinerja grafis yang tinggi.

Dengan Asus ZenBook Pro Duo (UX581) Windows menawarkan laptop ultraportable yang hadir dengan 4K OLED UHD Asus ScreenPad Plus (3840 x 2160), layar sentuh sekunder dengan kelebaran maksimal (3840 x 1100) yang memperluas dan meningkatkan kemampuan interaktif dari Asus TabletPad versi sebelumnya. Laptop ini menampilkan desain Asus NanoEdge empat sisi tanpa bingkai, dengan bezel ultra-ramping untuk visual yang menakjubkan. hay/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment