Koran Jakarta | September 16 2019
No Comments
Pascapilpres

Parpol Pendukung Jokowi Perkuat Soliditas Anggota Koalisi

Parpol Pendukung Jokowi Perkuat Soliditas Anggota Koalisi

Foto : KORAN JAKARTA/TRISNO JULIANTORO
BERIKAN KETERANGAN - Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh memberikan keterangan usai bertemu Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar, Pelaksana tugas Ketua Umum PPP, Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto di Kantor DPP Nasdem, Jakarta Pusat, Senin (22/7).
A   A   A   Pengaturan Font

JAKARTA – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, dan Pelaksana tugas Ketua Umum Partai Persatuan Pem­bangunan (PPP), Suharso Monoarfa, bertemu dengan Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh, di Kantor DPP Nasdem, Jakarta Pusat, Senin (22/7).

Muhaimin menyambangi Kantor DPP Nasdem sekitar pukul 11.00 WIB dan keluar pada pukul 13.00. Sementara itu, Suharso bertemu Surya sekitar pukul 13.45 WIB, dan selesai pada 14.17 WIB. Mereka membicarakan tentang pentingnya menjaga soliditas di antara anggota koalisi.

Suharso menuturkan, per­temuan itu bertujuan guna menyolidkan antarpartai koalisi Indonesia Kerja (KIK). Ia menyebutkan kesolidan yang ingin dikuatkan itu tidak dise­babkan ada partai yang hen­dak membelot atau keluar dari koalisi. Suharso mengakui pertemuan itu juga menying­gung tentang kursi pimpinan MPR periode 2019–2024.

“Ada sedikit-sedikit (pem­bahasan pimpinan MPR). Pokoknya kita bicara koalisi ke depan, penajaman kita bagaimana membangun pemerintahan efektif ke depan,” ujar Suharso.

Ia menyebutkan, partai mana pun boleh mengajukan nama calon ketua MPR. Bagi Suharso, pengajuan calon tersebut hanya sebatas ide. “Sebagai ide ya boleh saja. Namun itu belum dibahas ya, belum ada kesepakatan,” ungkapnya.

Muhaimin juga menegas­kan, pentingnya menjaga soli­ditas di antara anggota koalisi. “Pokoknya tadi (pertemuan dengan Surya Paloh) hanya menjaga kebersamaan, solidi­tas partai-partai koalisi,” ujar Muhaimin.

Muhaimin mengatakan, saat ini koalisi partai politik pendukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin membutuhkan kesolidan satu sama lain. Na­mun, ketika ditanya apakah pernyataannya itu artinya ada gesekan di dalam koalisi Jokowi, Muhaimin menampiknya.

“Pokoknya solid dulu, eng­gak ada gesekan. Pokoknya mempersolid barisan dulu, solidkan barisan dulu,” ujar pria yang akrab disapa Cak Imin.

Ketika ditanya tentang perebutan kursi pimpinan MPR RI. Cak Imin mengatakan hal itu tidak dibahas dalam pertemuannya dengan Surya Paloh. Demikian pula perihal berapa kursi menteri yang di­dapatkan PKB. “Belum diba­has, belum dibahas. Hanya (membahas) soliditas. Kita belum bahas menteri. Itu hak prerogatif Presiden. Belum ada kesepakatan. Kami (Muhaimin dan Surya Paloh) hanya mengatakan solid,” ujar Cak Imin.

Selain itu, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Har­tarto, juga bertemu dengan Surya Paloh. tri/P-4

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment