Koran Jakarta | October 20 2018
No Comments

Panduan untuk Perempuan yang Sedang Jatuh Cinta

Panduan untuk Perempuan yang Sedang Jatuh Cinta
A   A   A   Pengaturan Font

Judul : Life Is Too Short To…

Penulis : Bunga Mega

Terbit : Februari 2017

Tebal : 132 Halaman

Penerbit : Elex Media Komputindo

ISBN : 978-602-02-9962-4

 

Setiap orang termasuk perempuan, jatuh cinta itu biasa. Namun, tidak sedikit perempuan jika sudah jatuh cinta, perasaannya akan jauh lebih dominan dari logika. Alhasil, terkadang harus jatuh ke dalam sebuah percintaan yang tidak sehat dan tetap mempertahankannya dengan alasan masih cinta. Buku ini dapat memotivasi perempuan menjadi pribadi yang cerdas, menerima diri apa adanya karena setiap manusia diciptakan istimewa.

Seperti yang disampaikan dalam buku ini bahwa rumput tetangga selalu tampak lebih hijau dibanding milik sendiri. Kelemahan akan selalu tampak ketika membandingkan diri dengan orang lain. Hal itu hanya membuat diri semakin merasa buruk dan tidak mencintai diri sendiri (halaman 10).

Untuk menjadikan diri lebih baik, tentunya harus meng-upgrade mulai dari berkarakter baik, menghargai kepentingan, dan perasaan orang lain. Kemudian, belajar mendengarkan orang lain, berkolaborasi, dan membangun komunikasi yang tulus apa adanya (halaman 11). Buku berisi kumpulan kisah mengenai wanita saat menjalani percintaan. Pelajaran yang dapat dipetik dari setiap kisah, jangan menghabiskan energi dan waktu dengan seseorang yang tidak menghargai dan memperlakukan dengan baik.

Hidup terlalu singkat untuk dihabiskan dengan sia-sia. Selain itu, buku menyadarkan, hubungan bukan melulu urusan hati. Ada juga orang-orang sekeliling yang harus diperhatikan seperti keluarga (halaman 70).

Sebuah hubungan tidak selalu berjalan mulus. Terkadang kenyataan memberi tahu bahwa hubungan memang harus berakhir dengan berbagai macam alasan. Namun, buku ini menggambarkan, berakhirnya sebuah hubungan harus dijadikan pelajaran agar hidup menjadi lebih baik. Menjadikan perempuan sadar seperti apa ingin diperlakukan (halaman 87). Perpisahan bisa jadi pintu yang membuka kesempatan baru. Jadi buka pintu, hati dan jangan terlalu bersedih. Mungkin ada seseorang yang tengah menunggu di ujung jalan dan biarkan dia masuk (halaman 89).

Buku juga menyajikan pertanyaanpertanyaan seperti tes kokologi, kuiskuis yang berkaitan seputar hubungan percintaan, dan jawaban-jawabannya. Misalnya, pertanyaan mengenai seberapa kenal dengan pasangan. Apakah terlibat dalam hubungan yang tidak sehat.

Di beberapa halaman terakhir terdapat semacam catatan harian untuk 30 hari yang bisa diisi setiap perempuan agar hidup lebih baik lagi. Atau perempuan yang ingin menghapus luka dan melupakan yang menyedihkan. Bagian ini juga terdapat kutipankutipan yang bermanfaat. Selain itu, ada tujuh rekomendasi lagu yang mungkin membantu seseorang untuk move on. Selain itu, pembaca juga bisa menuliskan makna hidup yang singkat ini dalam lembaran-lembaran yang tersedia (halaman 116). 

Diresensi Mira Widyawati, S1 Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment