Koran Jakarta | August 22 2018
No Comments

Nilai Seni dalam Sebuah Karpet

Nilai Seni dalam Sebuah Karpet

Foto : istimewa
A   A   A   Pengaturan Font

Karpet tak ubahnya barang seni. Bentuknya tidak selalu simetris mengikuti bentuk ruang. Karpet dapat dibentuk menyerupai obyek benda beserta lekuklekukannya. Dengan sentuhan seni, bentuk karpet menjadi lebih berkembang.

Sejumlah karpet dihamparkandi sudut ruang di Art Jakarta 2018, pekan lalu. Jika tidak membaca ulasannya, mungkin tidak ada yang mengira bahwa gambar-gambar berbentuk permainan rumahrumahan, alter ego, motif arabesque, geometris dan lain adalah karpet.

Tak pelak, karpet pun menjadi ajang selfie pengunjung yang memenuhi Ballroom Pasific Place, Jakarta, Minggu (5/8). Karpet yang digunakan sebagai lembaran penutup lantai lebih dikenal dengan bentuk-bentuk simetris.

Motifnya khas, seperti dedaunan, bingkai yang memenuhi bagian pinggirnya ataupun warna-warna polos. Dalam ajang seni tersebut, karpet karya para seniman ditawarkan dalam bentuk, motif dan warna yang tidak umum.

“Jadi salah satu ketetarikan, kita ingin pengembangan karpet tidak menjadi melambat,” ujar Ros, CEO dan pendiri MOHOI, sebuah home decor kepada Koran Jakarta. Karena selama ini, karpet selalu tergantung barang yang berada di toko maupun majalah. Bentuk-bentuk karpet yang dirasa tidak terlalu umum menjadi dobrakan terhadap pakem-pakem karpet yang berada di pasaran.

Dalam mengerjakan proyek tersebut, MOHOI tidak sendirian, mereka digandeng Art Jakarta 2018 yang telah memilih seniman untuk mendesain karpet. Ros mengaku bahwa dia tidak dapat memasukkan seluruh desain seniman ke dalam karpet.

”Kita juga memiliki kelemahan, teknik tidak dapat menjangkau hal-hal yang detail,” ujar dia. Kalaupun memungkinkan, karpet harus dibuat dalam ukuran yang lebih besar. Sedangkan ukuran yang ditampilkan dalam pameran berkisar 2 x 2 meter. Sebanyak kurang lebih 10 karpet yang dibuat secara hand made dikerjakan selama 28 hari oleh 18 orang, mulai pukul 08.00 sampai 02.00 WIB.

Karpet menggunakan bahan premium berjenis akrilik wool yang diimpor dari Taiwan, sebuah bahan berkualitas paling baik di Indonesia.

Karpet berstandar hotel tersebut telah dilengkapi dengan sertifikasi antibakteri. Ros mengatakan tak selamanya karpet menjadi alas berbagai furnitur dalam sebuah ruang.

Karpet dapat berdiri sendiri menghampar di atas lantai. Terlebih karpet yang dibuat oleh para seniman biasanya mengandung pesan-pesan tertentu yang ingin disampaikan. Karpet disoroti sinar lampu yang memberikan kesan mewah. Untuk menambah dekorasi rumah, karpet dapat digunakan di living room, ruang baca, perpustakaan kecil maupun musholla. din/E-6

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment