Koran Jakarta | September 20 2018
No Comments

Nasihat Terbaik Upaya Meraih Kesuksesan

Nasihat Terbaik Upaya Meraih Kesuksesan
A   A   A   Pengaturan Font

Judul : Road to Success

Penulis : Napoleon Hill

Penerjemah : Sandra Imelda

Terbit : Juli 2018

Tebal : 244 halaman

ISBN : 978-602-03-5644-0

 

Terlahir dari keluarga sederhana yang tinggal di daerah pegunungan terpencil, Napoleon Hill, memiliki semangat tinggi mewujudkan impian. Hasilnya, dituangkan dalam buku ini berisi rambu-rambu kesuksesan lewat 15 jalan. Untuk meraih kesuksesan, tidak boleh menyepelekan hal-hal kecil.

Pertama, pembaca harus memiliki keinginan sebagai tujuan utama hidup. Keinginan kuat menjadi pelopor seluruh keberhasilan. Hasrat kuat menjadi kekuatan misterius yang sedang tidur dalam otak manusia. Keinginan membara menjadi tungku menghasilkan tindakan (hal 18). Keinginan kuat mendorong semangat tinggi untuk bertindak guna mewujudkan.

Kedua, percaya diri yang berperan penting membuka jaringan. Pembaca harus berani mencoba dan jangan takut gagal. Shakespeare pernah berkata, “Keraguan adalah sang pengkhianat. Sering kali kita kehilangan kebaikan yang mungkin kita menangkan ketika takut untuk mencoba,” (hal 28–29).

Ketiga, inisiatif melakukan sesuatu tanpa campur tangan orang lain. Pembaca tidak menunggu saran atau perintah seseorang. Jangan juga meniru perbuatan orang lain dalam melalukan sesuatu atau membuka bisnis. Semua harus berani mengambil langkah lebih dulu untuk membuka kesempatan diri sendiri demi kesuksesan.

Keempat, harus berimajinasi agar memperoleh banyak gagasan untuk mengembangkan bisnis yang sedang tengah dirintis. Contoh tindakan Christopher Columbus yang berimajinasi, sehingga berhasil menemukan lokasi baru, yang kini bernama Amerika. Kelima, mau bertindak. Tanpanya, siapa pun tidak akan memperoleh kemajuan, bahkan mungkin rugi.

Thomas Edison yang berhasil menciptakan lampu pijar harus menghabiskan seluruh hidup untuk mencari filamen terbaik. Itulah hasil tindakan yang mengantarkannya pada kesuksesan. Keberhasilan tidak mungkin datang, tanpa usaha. Malahan mungkin saja, sepanjang hidup orang akan terus bertemu rintangan. Namun, perlu diingat, selalu ada pelajaran dari setiap rintangan, sehingga semakin kuat dan tambah berani melangkah.

Selain lima hal yang sudah dipaparkan, saja masih banyak rambu lain yang perlu dicermati dan pahami seperti kemampuan mengontrol diri. Ini akan melatih pebisnis untuk bertindak setelah berpikir pantang, bukan karena keegoisan semata. Ada pula antusiasme, kepribadian yang aktraktif, pikiran akurat, konsentrasi, kegigihan, belajar dari kegagalan, dan toleransi.

Buku ini bisa jadi referensi mereka yang ingin mengenal jalan kesuksesan, sehingga tidak tersesat. Buku juga mendorong setiap orang menjadi pribadi yang lebih baik. Buku juga mengingatkan pembaca, untuk menghargai diri sendiri. Jangan mudah menyerah dalam menghadapi berbagai rintangan dalam upaya mengejar kesuksesan.

“Kita tidak mungkin sukses dalam usaha apa pun, kecil atau besar, penting atau tidak, jika hanya berpikir tentang kesuksesan dan hanya hanya duduk, diam, serta menunggu. Harus ada kesabaran serta upaya keras,” (hal 124). Tegasnya, setiap upaya harus dicoba. Tanpa dijalankan, semua tinggal mimpi. Jangan takut gagal, seperti kata Billy Lim, “Dare to fail”.

 


DiresensiRatnani Latifah, Alumna Universitas Islam Nahdlatul Ulama, Jepara

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment