Koran Jakarta | April 22 2018
No Comments

Myanmar Repatriasi Satu Keluarga Pengungsi Rohingya

Myanmar Repatriasi Satu Keluarga Pengungsi Rohingya

Foto : AFP/Myanmar News Agency
Pengungsi Dipulangkan l Pejabat imigrasi Myanmar menyerahkan berkas identifikasi pada satu keluarga pengungsi Rohingya di kamp repatriasi Kota Taungpyoletwei, Maungdaw, Myanmar, Sabtu (14/4). Keluarga pengungsi Rohingya yang terdiri atas 5 orang itu merupakan yang pertama dan satu-satunya dari 700 ribu keluarga pengungsi lain yang saat ini bertahan di perbatasan Bangladesh-Myanmar, yang direpatriasi.
A   A   A   Pengaturan Font

YANGON – Pemerintah Myanmar pada Minggu (15/4) mengumumkan baru berhasil mengembalikan (repatriasi) satu keluarga pengungsi Rohingya dari total 700 ribu keluarga pengungsi yang eksodus ke Bangladesh sejak Agustus lalu

“Satu keluarga yang terdiri dari 5 anggota telah kembali ke kamp pengungsian di Kota Taungpyoletwei, Negara Bagian Rakhine, pada pagi ini,” demikian pernyataan Komite Informasi Myanmar lewat media sosial Facebook.

Repatriasi pengungsi Rohingya dijanjikan akan dimulai pada Januari lalu oleh Myanmar dan Bangladesh, namun mengalami hambatan karena kurangnya persiapan dari kedua belah pihak. Banyak pengungsi Rohingya mengatakan mereka takut untuk kembali ke Myanmar setelah banyak keluarga mereka dibunuh dan diusir oleh tentara dan warga Myanmar yang anti terhadap minoritas Rohingya.

Sementara itu kelompok hak asasi manusia mengecam kabar repatriasi satu keluarga pengungsi Rohingya sebagai hal untuk menarik publisitas dan tak memperdulikan keselamatan para pengungsi yang kembali. 

AFP/I-1

No comments for this article. Be the first to comment to this article.

Submit a Comment